12 Nama Lolos Tes Tertulis dan Psikologi Calon Anggota Bawaslu Lampung

Peserta lolos berhak lanjut tes kesehatan

Bandar Lampung, IDN Times - Tim Seleksi (Timsel) Anggota Bawaslu Lampung merampungkan tes seleksi tertulis dan psikologi para calon peserta pendaftar. Hasilnya, 12 nama dinyatakan lolos dan berhak melanjutkan tahapan seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Lampung periode 2022-2027.

Kedua belas nama tersebut yaitu Iskardo P Panggar, Reka Punata, Hamid Badrul Munir, Yusni Ilham, Sri Fatimah, Apriliwanda, Imam Bukhori, Suheri, Desi Triyana, Juendi Leksa Utama, Bambang Wahyudi, dan Gistiawan.

"Lolos ada 12 orang, tes tertulis dan psikologi ini diikuti 101 peserta dan berlangsung selama tiga hari tepatnya mulai 18-21 Juli 2022 kemarin. Pengumuman tes di 25 Juli 2022," Ketua Timsel Anggota Bawaslu Lampung, Tuntun Sinaga, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Bawaslu Lampung Anggarkan Kebutuhan Pilgub dan Pilkada 2024 Rp543 M!

1. Peserta terpilih lanjut tes kesehatan dan wawancara

12 Nama Lolos Tes Tertulis dan Psikologi Calon Anggota Bawaslu LampungKetua Timsel Bawaslu Lampung, Tuntun Sinaga. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam pelaksanaan tes, Tuntun menjelaskan, pihaknya turut menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Polda Lampung, guna menyaring para peserta pendaftar. Kemudian hasilnya pun sudah langsung diserahkan Timsel kepada Bawaslu RI.

Menurutnya, kedua belas nama-nama peserta ditetapkan lolos tersebut akan dijadwalkan atau diagendakan mengikuti tahapan tes lanjutan yaitu, tes kesehatan mulai 26-27 Juli 2022.

"Nanti mereka tes juga akan langsung dilanjutkan dengan tes wawancara pada 28-29 Juli 2022. Informasi lebih lanjut terkait tempat, waktu, dan persyaratan akan disampaikan melalui website Bawaslu Lampung," kata Tuntun.

2. Masyarakat bisa ikut beri saran penilaian calon anggota

12 Nama Lolos Tes Tertulis dan Psikologi Calon Anggota Bawaslu Lampungilustrasi orang meminta saran (pexels.com/Ron Lach)

Terkait proses tahapan seleksi calon anggota Bawaslu Lampung ini, Tuntun juga menyampaikan, masyarakat dapat ikut ambil bagian dengan memberikan tanggapan tertulis kepada masing-masing calon anggota Bawaslu Lampung kepada Timsel.

"Kami juga memberikan ruang kepada masyarakat seluas-luasnya untuk ikut menilai calon anggota pendaftar. Jangan kahwatir, identitas pelapor akan kami rahasiakan," ucap dia.

3. Pengumuman anggota terpilih 12 September 2022

12 Nama Lolos Tes Tertulis dan Psikologi Calon Anggota Bawaslu LampungLogo Bawaslu (tangerangselatankota.bawaslu.go.id)

Sekretaris Timsel Anggota Bawaslu Lampung, Siti Khoiria mengatakan, tiga dari 12 peserta dinyatakan lolos tersebut merupakan keterwakilan dari kaum perempuan. Menurutnya, rekrutmen tersebut sudah sesuai amanat Undang-Undang dengan keterwakilan perempuan 30 persen.

Menurut rencana, pengumuman nama para anggota Bawaslu Lampung terpilih nanti akan diumumkan pada 12 September 2022 mendatang.

"Seperti disampaikan ketua. Dalam proses rekrutmen ini, kami juga membuka ruang tanggapan dari masyarakat atas penilaian calon anggota. Misalnya, calon harus tidak terikat partai selama lima tahun belakangan dan sebagainya," tandas dia.

Baca Juga: Tim Seleksi Catat 141 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya