Petugas KPPS Wajib Tes Kesehatan, Pemkab Lamsel Beri Keringanan Biaya

Petugas KPPS harus dipastikan sehat

Intinya Sih...

  • Pendaftaran KPPS di Lampung Selatan berlangsung 11-20 Desember 2020 dengan syarat wajib, termasuk surat keterangan berbadan sehat dari rumah sakit atau puskesmas.
  • Bupati Lampung Selatan menegaskan pentingnya kesehatan petugas KPPS dalam menjalankan tugasnya, dan memberikan keringanan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas.
  • Komisioner KPU Lampung Selatan Asma Emilia menyatakan bahwa sebanyak 27 ribu orang akan menjadi petugas KPPS pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Lampung Selatan, IDN Times -Pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden 2024 di Lampung sudah berlangsung sejak 11 sampai 20 Desember 2020.

Salah satu hal wajib dipenuhi pendaftar di antaranya surat keterangan berbadan sehat dikeluarkan rumah sakit, puskesmas atau klinik pemeriksaan gula darah dan kolestrol dan sejumlah persyaratan lainya.

Pemeriksaan kesehatan secara umum ditambah pemeriksaan kadar gula dan kolesterol tersebut untuk mengantisipasi agar tak terjadi hal tak diinginkan saat melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilu mendatang.

Kabar baiknya, KPPS di Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan keringanan dari pemerintah kabupaten setempat.

Baca Juga: Polda Lampung Prediksi Arus Mudik Nataru Dimulai 22 Desember 2023

1. Petugas KPPS harus dipastikan sehat

Petugas KPPS Wajib Tes Kesehatan, Pemkab Lamsel Beri Keringanan BiayaPetugas KPPS dan para saksi menyegel kotak audit pada Pemilihan Wali Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (6/7/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan, akan mendukung kegiatan Pemilu serentak 2024. Menurutnya, kerjaan petugas KPPS termasuk hal yang berat, oleh karena itu petugas KPPS harus dipastikan sehat selama menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

“Kita sudah komunikasikan langsung dengan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, untuk pemeriksaan kesehatan di Puskesmas untuk petugas KPPS diringankan. Pada intinya kami selalu mendukung untuk pelaksanaan pemilu,” ujar Nanang, Sabtu (16/12/2023).

2. KPU Lamsel minta calon kpps dapat keringanan biaya di Puskesmas

Petugas KPPS Wajib Tes Kesehatan, Pemkab Lamsel Beri Keringanan BiayaPexels.com

Menurut Komisioner KPU Lampung Selatan Asma Emilia, dalam pemeriksaan kesehatan para calon petugas KPPS nantinya akan melakukan pemeriksaan, seperti gula darah, kolestrol dan tekanan darah.

“Pemeriksaan termasuk gula darah, kolestrol dan tekanan darah yang akan dicantumkan dalam surat keterangan sehat dari puskesmas. Mungkin ini yang harus didiskusikan, supaya masyarakat yang daftar jadi kpps di puskes mendapat keringanan biaya,” kata Asma.

3. Sebanyak 27 ribu orang akan menjadi petugas KPPS

Petugas KPPS Wajib Tes Kesehatan, Pemkab Lamsel Beri Keringanan BiayaIlustrasi petugas KPPS sedang melakukan penghitungan suara pilkada Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Asma mengatakan, terdapat sebanyak 27 ribu orang yang akan menjadi petugas KPPS dalam kegiatan demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Untuk linmas di setiap TPS nanti akan kembali dikoordinasikan dengan pihak desa, kemudian nanti akan disesuaikan SK dari pihak KPU atau dari Desa. Termasuk juga akan dikoordinasikan mengenai hak pilih warga binaan di Lapas/Rutan,” tuturnya. 

Baca Juga: Nakes Dilarang Cuti Nataru, Pemprov Lampung Antisipasi COVID-19

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya