Metro Kukuhkan Forum Sehat, Rencanakan jadi Kota Sehat 2023

Advokasi kota sehat sangat penting

Metro, IDN Times - Wali Kota Metro, Wahdi, mengukuhkan Forum Kota Sehat (FKS) dikelola dari unsur pemerintah dan juga masyarakat Metro. Menurut Wahdi kegiatan FKS bertujuan untuk memantapkan kolaborasi lintas sektor sekaligus monitoring setiap indikator yang terdapat dalam 9 tatanan kota sehat serta partisipasi Multihelix untuk mendukung pembangunan Kota Metro yang sehat.

"Pengukuhan ini juga sebagai bentuk komitmen antara Forum Kota Sehat dan Tim Pembina Kota Sehat Metro dalam menciptakan masyarakat sehat yang mandiri. Selain itu meningkatkan peran dan fungsi Forum Kota Sehat sebagai mitra dalam membina Forum Komunikasi Tingkat Kecamatan dan Pokja Kelurahan secara sinergis, terarah, dan berkesinambungan," terangnya.

Baca Juga: Cara Unik Dinkes Metro Kampanye Hidup Sehat, Senam Gaya Hip Hop

1. Advokasi kota sehat sangat penting

Metro Kukuhkan Forum Sehat, Rencanakan jadi Kota Sehat 2023Metro Kukuhkan Forum Sehat Rencanakan jadi Kota Sehat 2023 (Kominfo Kota Metro)

Menurut Wahdi, advokasi terhadap kota sehat sangat penting. Sebab, permasalahan kesehatan, dinilai sangat kompleks dan juga merupakan faktor utama terbentuknya Sumberdaya Manusia (SDM) di sebuah Kota.

“Kota sehat itu adalah kota yang menunjukkan aktivitas masyarakat beserta dengan unsur pemerintah untuk hidup sehat, dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan,” ujarnya.

2. Kunci terwujudnya kota sehat

Metro Kukuhkan Forum Sehat, Rencanakan jadi Kota Sehat 2023Dinas Kesehatan Kota Metro mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada siswa/siswi SMK Ma'arif 01 Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

Wahdi menerangkan, untuk mewujudkan Kota Metro berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya tidak cukup hanya sekadar mencapai pembangunan berkelanjutan. Akan tetapi, lanjutnya, bagaimana upaya seluruh jajaran, baik pemerintah maupun masyarakat dalam membangun skema sumberdaya manusia peduli dan turut berkontribusi mewujudkan tatanan lingkungan, sosial, dan kehidupan yang stabil.

Wahdi juga menegaskan, kunci terwujudnya Kota Sehat adalah membuat masyarakat menjadi berdaya. Maksudnya, tidak sekadar Kota Metro mampu meraih piala Swasti Saba, tetapi diperhatikan dengan benar benar-benar mempunyai manfaat andil.

3. Pengurus forum kota sehat sudah dibentuk sejak 2022

Metro Kukuhkan Forum Sehat, Rencanakan jadi Kota Sehat 2023Metro Kukuhkan Forum Sehat Rencanakan jadi Kota Sehat 2023 (Dinkes Metro)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro M Supriadi, mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan  adalah, Peraturan Bersama Menteri Dalam Negri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

"Tujuan dalam pelaksana kegiatan ini untuk melakukan advokasi tentang Kota Sehat kepada lintas sektor," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, Pengurus Kota Sehat Kota Metro yang sudah terbentuk dan di tetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Metro Nomor: 813/KPTS/D-02/2022 tanggal 13 Desember 2022 tentang Pembentukan Forum Kota Sehat Kota Metro Periode 2022 – 2025 dikukuhkan oleh Walikota Metro, dan diharapkan Kota Metro sebagai Kota Sehat 2023.

4. Kota Metro dirancang layak huni dan layak anak

Metro Kukuhkan Forum Sehat, Rencanakan jadi Kota Sehat 2023Dinas Kesehatan Kota Metro mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada siswa/siswi SMK Ma'arif 01 Kota Metro (IDN Times/Istimewa)

Ketua Forum Kota Sehat Periode 2022-2025 dan selaku Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman, menyampaikan harapannya kepada seluruh pengurus agar dapat bekerja sama untuk Kota Metro dalam melaksanakan pembinaan kepada Forum Kota Sehat yang ada di Kota Metro.

"Dengan terbentuknya forum ini harapannya dapat saling bekerja sama, koordinasi, komunikasi dan saling sinergi dalam mendukung kota sehat," ujar Qomaru Zaman.

Menurutnya Forum Kota Sehat juga sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi kota layak anak dan kota layak huni.

“Kota sehat itu ada sembilan poin, tetapi saya tambahkan poin yang kesepuluh yaitu sehat berpikirnya juga. Kenapa saya katakan demikian, karena tanggungjawab kota ini adalah untuk memberikan warisan yang bagus dan hebat kepada keturunan dibawahnya,” terangnya.

Baca Juga: Kick Off Revitalisasi Rumah Asisten Wedana Metro Banyak Acara Seru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya