Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap Meresmikan

Presiden ajukan diri meresmikan gedung baru

Bandar Lampung, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) merupakan satu kampus islam tertua di Lampung yang berdiri sejak 26 Oktober 1968. Menurut Humas UIN RIL, Hayatul Islam, setiap tahunnya peminat UIN RIL terus mengalami peningkatan.

Alhasil, UIN mulai melakukan pembangunan gedung-gedung baru yang akan menunjang fasilitas mahasiswa dalam mengembangkan kegiatannya di kampus sejak 2019 lalu. 

Tak hanya  itu, kampus yang  berlokasi di Jalan Letnan Kolonel H Endro Suratmin, Sukarame, Kota Bandar Lampung ini akan menyediakan fasilitas yang bisa digunakan untuk umum loh. Nah kali ini IDN Times berkesempatan menemui humas UIN RIL membicarakan terkait perkembangan pembangunan enam gedung yang ditargetkan selesai pada 2022 mendatang.

Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Proses pembangunan enam gedung UIN RIL sudah mencapai 60 persen

Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap MeresmikanPenampakan gedung baru UIN Raden Intan Lampung yang akan digunakan sebagai pusat akademik dan riset (IDN Times/Silviana)

Pantauan IDN Times, Senin (22/2/2021), kampus dikelilingi pohon-pohon rindang itu sedang sibuk berbenah melakukan pembangunan gedung baru dengan arsitektur modern. Saat ditemui di ruangannya, Hayat mengatakan, enam gedung yang sedang dibangun itu proses pengerjaannya sudah mencapai 60 persen.

Gedung pertama yaitu pusat akademik dan riset,  letaknya berada di depan rektorat UIN RIL. Gedung sudah berdiri tegak setinggi 9 lantai itu akan dilengkapi ruang auditorium, ruang pertemuan, gedung serba guna, tempat acara wisuda dan lain-lain.

“Jadi di lantai dasarnya seperti convention hall. Kemudian di dalamnya ada ruang kantor rektorat, pelayanan akademik dan penelitian,” kata Hayat.

2. Fasilitas dibuka untuk umum

Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap MeresmikanPenampakan studen centre UIN Raden Intan Lampung(IDN Times/Silviana)

Kemudian empat gedung lagi ada di sebelah kiri dari gerbang masuk yang akan digunakan sebagai gedung fakultas adab, sains dan teknologi,  fakultas kesehatan masyarakat dan psikologi.  Nantinya gedung tersebut akan menjadi  fakultas terpadu.

“Satu gedung terdiri dari empat lantai dan satu gedung untuk satu fakultas. Jadi disitulah nanti ruang belajar, ruang dosen, dekan dan pelayanan akademik,” ujar alumni Universitas Lampung ini.  

Terakhir adalah student centre yang akan dibuka untuk umum dengan fasilitas kolam renang laki-laki dan perempuan terpisah dan bertaraf internasional. Kemudian lapangan futsal indoor dan out door, fasilitas olahraga seperti tempat fitnes centre dan food court.

“Jadi pusat kegiatan mahasiswa di situ tapi akan dibuka untuk umum juga. Menariklah pokoknya bakalan rame. Tapi untuk tarif fasilitas umum belum ditentukan itu kan nanti masuknya ke BLU,” jelas Hayat. 

Baca Juga: UIN Raden Intan Luncurkan Alqur'an Terjemahan Bahasa Lampung

3. Rencananya peresmian gedung dilakukan Presiden

Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap MeresmikanPembangunan masjid UIN Raden Intan Lampung sudah hampir selesai (IDN Times/Silvian)

Semua gedung baru tersebut menurut Hayat akan  diresmikan secara bertahap. Sebab proses pengerjaannya memang tidak sama.

Namun gedung pertama yang akan diresmikan sekitar Maret atau April 2021 mendatang adalah  gedung akademik dan riset. Selanjutnya student centre dan yang terakhir adalah gedung fakultas.

“Kemungkinan nanti kita barengkan dengan peresmian masjid semoga Pak Jokowi masih berkenan karena beliau pernah bilang pengin gitu. Cuma waktu itu masjidnya belum jadi. Kalau beliau belum berkenan mungkin menterinya. Mudah-mudahan ya masih berkenan lah.” terangnya.

4. Tiga jalur masuk UIN RIL

Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap MeresmikanAkses masuk ke kampus UIN Raden Intan Lampung dikelilingi pohon rindang(IDN Times/Silviana)

Lebih lanjut Hayat menjelaskan, UIN RIL membuka tiga  jalur masuk bagi mahasiswa baru. Pertama, ada SPAN PTKIN yang saat ini sudah mulai proses pendaftaran.

Seleksinya sampai Maret dan pengumuman pada bulan April. Setelah itu dilanjutkan  pendaftaran jalur ke dua yaitu UM PTKIN dari April sampai Mei.

Terakhir masih dibuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang belum diterima bisa daftar melalui  jalur masuk Ujian Mandiri lokal yang diadakan oleh UIN RIL. Untuk jalur terakhir ini hanya dibuka pada program studi yang kuota penerimaanya belum penuh.

Selain itu UIN RIL juga menyediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswa yang sudah resmi menjadi mahasiswa UIN RIL. Di antaranya, beasiswa KIP Kuliah, Bank Indonesia, Basnas, Tahfidz, dan prestasi lainnya.

5. Cikal bakal prodi Sains dan Teknologi

Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap MeresmikanIDN Times/Sukma Shakti

Buat kamu mahasiswa baru yang berminat daftar di UIN RIL saat ini ada dua jurusan baru loh, yakni Biologi murni dan sistem informasi. Itu yang bakal jadi cikal bakal fakultas sains dan teknologi di UIN RIL.

Menurut Hayat, untuk tahun ini dibuka empat kelas masing-masing kelas berisi 40 mahasiswa sehingga totalnya menerima 160 mahasiswa baru.  “Karena sudah dapat izin operasional jadi semuanya sudah siap. Selain dosen lama kita juga sudah rekrut dosen baru,” jelasnya.

Sementara itu beberapa program studi yang memiliki banyak peminat dan menjadi favorit para calon mahasiswa yang daftar ke UIN RIL yakni prodi manajemen bisnis syariha, dan pendidikan Agama Islam. 

Baca Juga: UIN Raden Intan Raih Penghargaan Tertinggi PTN Islam

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya