Comscore Tracker

Mengenal Pahlawan Kemerdekaan Asal Lampung, Kamu Sudah Tahu?

Ada pahlawan dikabarkan kebal peluru

Bandar Lampung, IDN Times - Dalam waktu dekat, Indonesia akan merayakan hari ulang tahun ke 76. Kemerdekaan yang dirasakan masyarakat Indonesia saat ini tentu tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan mengorbankan segenap jiwa dan raga.

Lampung juga memiliki tokoh-tokoh pahlawan yang berkontribusi mengusir penjajah pada masa itu lho. Berikut IDN Times rangkum selengkapnya.

1. Raden Imba Kesuma

Mengenal Pahlawan Kemerdekaan Asal Lampung, Kamu Sudah Tahu?Web/belajarbahasa.github.io

Merupakan patriot tanah Lampung Melinting yang berasal dari Kalianda, Lampung Selatan. Raden Imba Kusuma mewarisi tahta sebagai Radin di Lampung Selatan ternyata mewarisi sifat-sifat ayahnya yaitu anti terhadap penjajahan Belanda, dan berusaha untuk melawannya.

Pada saat melawan penjajahan Belanda, persembunyiannya diketahui oleh lawan sehingga Raden Imba Kusuma dibuang ke Pulau Timor oleh Belanda dan wafat di sana.

Pada saat itu istrinya sedang hamil dan dipulangkan ke Lampung. Semenjak meninggalnya Raden Imba Kusuma, kekuasaan Lampung berada sepenuhnya di tangan Belanda. Selama itulah kurang lebih 15 tahun, Lampung sepi dari pemberontakan.

Baca Juga: Radin Inten II, Tak Kenal Ayah Kandung, Gugur Dikhianati Kerabat

2. Radin Inten II

Mengenal Pahlawan Kemerdekaan Asal Lampung, Kamu Sudah Tahu?ilustrasi Raden Inten II (flickr.com/bae weby)

Salah satu pahlawan nasional asal Lampung yang banyak menjadi ikon di Bumi Ruwa Jurai ini adalah Radin Inten, putra tunggal dari Radin Imba II.

Malangnya, pahlawan yang namanya diabadikan sebagai nama jalan dan perguruan tinggi ini tidak pernah melihat ayah kandungnya.

Saat itu sang ayah ditangkap Belanda dan dibuang ke Timor, akibat memimpin perlawanan bersenjata menentang kehadiran Belanda yang ingin menjajah Lampung. Namun berkat cerita sang ibu tentang sosok ayahnya, jiwa kepemimpinan itu pun tumbuh dalam diri Radin Intan II.

Di usia 16 tahun, Radin Inten II ditunjuk menggantikan posisi sang ayah sebagai memimpin Lampung, menggantikan posisi sang ayah.

3. KH Ahmad Hanafiah

Mengenal Pahlawan Kemerdekaan Asal Lampung, Kamu Sudah Tahu?Web/Nu Online

Lampung juga memiliki pahlawan sekaligus ulama yaitu KH Ahmad Hanafiah dari Kota Sukadana, Kabupaten Lampung Timur. Ayahnya merupakan pemilik pondok pesantren pertama di Lampung. Sehingga sejak umur 5 tahun Ahmad Hanafiah sudah khatam Al-Quran.

Tak hanya belajar ilmu agama dengan sang ayah, Ahmad menjelajahi pesantren di luar negeri seperti Malaysia, Mekah dan Madinah.

Bekal jiwa kepemimpinan dan ilmu yang dimiliki tak disia-siakan. Ia tak hanya sibuk di bidang keilmuan tetapi turun langsung ke masyarakat seperti membantu pertumbuhan ekonomi hingga mengembangkan teknologi pertanian.

Hal menarik lain, Ahmad dikabarkan kebal dengan peluru. Ia juga pemberani dan ditakuti lawan. Meski begitu sosoknya sangat rendah hati dan tidak mau menonjolkan diri bahkan selalu berjuang tanpa pamrih.

4. Gele Harun Nasution

Mengenal Pahlawan Kemerdekaan Asal Lampung, Kamu Sudah Tahu?Gele Harun Nasution. Berbagai Sumber

Gele Harun Nasution memang lahir di Lampung melainkan di Sibolga, Sumatera Utara, pada 6 Desember 1910. Namun sang ayah Harun Al-Rasyid Nasution, tidak simpan sebagai dokter di, Tanjungkarang Timur, Bandar Lampung.

Kondisi perang yang dimulai setelah Indonesia merdeka seiring masuknya Belanda membuat Gele Harun terlibat langsung dalam pertempuran.

Ia memimpin Angkatan Pemuda Indonesia (API) di Palembang kendati masih menjadi Ketua Mahkamah Tentara Sumatera Selatan yang diembannya sejak 1947.

Namun, Gubernur Jenderal Hindia Belanda (de facto), Hubertus van Mook, memperingatkan peringatan tentara RI, termasuk hakim militer, harus hengkang dari Palembang. Gele Harun memilih pulang ke Lampung, bergabung dengan API pimpinan Pangeran Mohammad Nur.

Atas dasar itu pada 5 Januari Gele Harun Nasution diangkat sebagai Kepala Pemerintah Darurat atau Pejabat Pelaksana Tugas Residen Lampung.

Baca Juga: Unila Garap Film Radin Inten II, Usung Misi Gaet Millenials dan Gen Z

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya