Comscore Tracker

Kala Anak Muda Berkreasi Bikin Toilet Komunal Ramah Energi di Lampung

Mendorong akses air dan sanitasi 

Bandar Lampung, IDN Times - Setiap orang harus memiliki akses toilet sehat. Alasannya, toilet sehat adalah hak asasi manusia. Selain itu, menjadi penopang tujuan dari pembangunan berkelanjutan 2030 mendatang, dalam rangka mendorong akses air dan sanitasi di Kota Bandar Lampung.

Hal ini disampaikan Ketua Youth With Sanitation Concern (YSC), Khorik Istiana saat peresmian toilet komunal ramah energi di Gudang Agen, Telukbetung Selatan (TBS), Bandar Lampung, Selasa (24/11/2020).

1. Gotong royong bersama warga

Kala Anak Muda Berkreasi Bikin Toilet Komunal Ramah Energi di LampungProses pembangunan toilet, YSC bersama warga Gudang Agen (IDN Times,Istimewa)

Dalam membangun akses sanitasi yang layak bagi masyarakat Gudang Agen, Kelurahan Pesawahan, TBS, Bandar Lampung  YSC berkolaborasi bersama pemuda dan masyarakat Kampung Gudang Agen. Peresmian kegiatan dihadiri Camat TBS, perwakilan SNV Indonesia dan warga Gudang Agen dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan “Millenials Fight Covid-19” yang didukung oleh International Water Secretariat of the Swiss Agency for Development and Cooperation melalui Youth for Water and Climater. Kegiatan juga mendapat pendampingan dari SNV Netherland Development Organisation sebagai upaya mendorong perilaku cuci tangan di masyarakat dan akses sanitasi yang layak sebagai bagian dari respons pandemi.

Baca Juga: Gak Nyangka, Warga Bandar Lampung Masih Ada BAB di Sungai 

2. Pentingnya memiliki kesadaran merawat toilet

Kala Anak Muda Berkreasi Bikin Toilet Komunal Ramah Energi di LampungIDN Times/Istimewa

Camat TBS, Ichwan Adji Wibowo mengimbau warga agar tetap disiplin menerapkan protokal kesehatan yaitu 3M untuk memutuskan tali rantai penyebaran COVID-19. "Dalam masa COVID-19 ini kita semua wajib mengikuti arahan pemerintah yaitu disiplin menerapkan 3 M sebagai satu satunya cara mencegah terpaparnya covid 19," ujarnya. 

Ia juga berharap, warga membangun kesadaran untuk merawat toilet yang telah di renovasi. Menurutnya, jamban sehat adalah kebutuhan dasar manusia.

"Maka dari itu kebutuhan kita tadi itu seperti toilet  yang telah direnovasi agar dirawat, dijaga dan di bersihkan. Salah satu cara untuk berterimakasih dengan YSC yang telah berinisiatif mengajak warga gudang agen 047 dalam rehabilitasi toilet adalah dengan jara menjaga dan merawat toilet. Karena menjaga dan merawat toilet juga salah satu perbuatan amal," ujar Ichwan.

Ketua RT 047 Gudang Agen Nur Azizah, menyampaikan, warga diimbau  tetap menjaga kebersihan toilet."Kami gudang agen berterimakasih atas inisiatif YSC untuk bersama sama merenovasi toilet, oleh karena itu saya selaku ketua RT 057 Gudang agen mengimbau agar seluruh warga terkhusus yang memakai toilet agar tetap merawat dan menjaga kebersihan toilet agar tetap nyaman di pakai dan tahan lama," jelasnya.

3. Toilet sehat adalah kebutuhan manusia

Kala Anak Muda Berkreasi Bikin Toilet Komunal Ramah Energi di LampungKetua YSC Khorik Istiana, saat menyampaikan sambutan di acara peresmian toilet komunal ramah energi (IDN Times/Istimewa)

Khorik Istiana, Ketua YSC menyampaikan, kegiatan di Gudang Agen sudah dimulai dari akhir agustus dan berakhir November ini. Kegiatan Millenials fight Covid-19 adalah upaya kontribusi YSC untuk membantu mencegah penyebaran virus corona, utamanya di Gudang Agen yang merupakan wilayah padat penduduk, kumuh dan rentan.

Kegiatan yang sudah terlaksana di Gudang Agen yaitu survei awal untuk mengetahui fasililitas toilet sehat dan sarana cuci tangan pakai sabun, kampanye cuci tangan pakai sabun lewat video. Ada juga kegiatan, FGD dan sosialisasi cuci tangan pakai sabun, rehabilitasi toilet dan pemasangan pompa tenaga surya, serta mendorong adanya kelompok pengelola prasarana.

"Peresmian toilet pasca rehabilitasi ini adalah part of kegiatan kampanye kami untuk mencegah covid, karena toilet sehat adalah kebutuhan manusia dan penunjang" ujar Khorik.

Ia berharap, kegiatan ini bisa merubah perilaku masyarakat utamanya adalah dalam perilaku cuci tangan pakai sabun dan  fasilitas yang sudah terbangun bisa dimanfaatkan dan  terkelola dengan baik.

Baca Juga: Pakar Bilang Kondisi Daerah Aliran Sungai di Lampung Kritis

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya