Cerita KPPS Bandar Lampung Bikin Dekorasi Unik di TPS demi Gaet Pemilih

Ada foto booth dan bagikan empo-empon

Bandar Lampung, IDN Times - Pilkada 2020 di sejumlah daerah sudah terlaksana hari ini, Rabu (9/12/2020). Tak terkecuali Lampung yang melaksanakan Pilkada di 8 Kabutan/Kota.

Pilkada di tengah pandemik COVID-19 ini membuat panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus membuat TPS senyaman mungkin serta protokol kesehatan yang lengkap supaya warga yang akan menentukan hak pilihnya tidak takut untuk datang ke TPS.

Salah satunya yang dilakukan KPPS di Kecamatan Bumi Waras, Gang Cendana 1, Kota Bandar Lampung yang membuat dekorasi sedemikian rupa untuk meramaikan Pilwali tahun ini.

1. Membuat tema ulang tahun di TPS

Cerita KPPS Bandar Lampung Bikin Dekorasi Unik di TPS demi Gaet PemilihIDN Times/Silviana

Hiasan balon warna-warni serta tenda berwarna pink membuat suasana TPS 005 di Gang Cendana, Kecamatan Bumi Waras terlihat sangat meriah.

Ditambah dengan petugas KPPS yang mengenakan kostum berwarna pink serta aksesoris topi kerucut yang biasa digunakan saat pesta ulang tahun.

"Semua bernuansa pink agar terlihat menarik dan meriah seperti perayaan ulang tahun," ujar Safitri salah satu anggota KPPS.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 20 Fakta Pilkada 2020 Digelar Saat Pandemik

2. Menarik perhatian masyarakat untuk datang ke TPS

Cerita KPPS Bandar Lampung Bikin Dekorasi Unik di TPS demi Gaet PemilihIDN Times/Silviana

Menurut Safitri, hiasan tema ulang tahun di KPPS tersebut bertujuan untuk menarik perhatian pemilih agar tidak takut untuk datang ke TPS di tengah pandemik covid-19 ini.

"Kegiatan menghias TPS ini salah satu cara unik untuk menarik perhatian pemilih agar datang ke TPS meskipun ditengah pandemik dan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan," jelasnya.

3. Ada foto booth

Cerita KPPS Bandar Lampung Bikin Dekorasi Unik di TPS demi Gaet PemilihIDN Times/Silviana

Selain dekorasi ruang yang unik dan menarik, KPPS juga menyediakan foto booth dengan tema pilkada bagi para pemilih yang ingin mengabadikan momen usai mencoblos.

“Semoga bisa berjalan lancar dan masyarakat sebagai pemilih bisa tetap mematuhi protokol kesehatan pada saat mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya sesuai aturan teknis yang telah ditetapkan," harap Safitri

4.Membagikan 350 cup empon-empon

Cerita KPPS Bandar Lampung Bikin Dekorasi Unik di TPS demi Gaet PemilihIDN Times/Istimewa

Sebanyak 420 daftar pemilih tetap (DPT) yang akan mencoblos di TPS tersebut dibagikan empon-empon sebanyak 350 cup.

Panitia KPPS juga sudah membagi bilik menjadi tiga bagian. "Bilik pilihan terbagi menjadi tiga yang dimana dua untuk umum dan satu khusus untuk pemilih dengan suhu tubuh di atas 37,3," jelas Safitri.

Baca Juga: Rycko Ziarah Makam Kakek, Kohar tak Bisa Tidur, Eva Umbar Senyum

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya