Bikin e-KTP di Bandar Lampung 1 Jam Langsung Jadi, Gimana Caranya? 

Disdukcapil minta Pemprov Lampung beri anggaran cetak E-KTP

Bandar Lampung, IDN Times - Kota Bandar Lampung daerah di Indonesia  sudah melaksanakan cetak KTP elektronik tanpa henti selama lima tahun berturut-turut.

Tak hanya itu, masyarakat Bandar Lampung juga semakin mudah melakukan cetak e-KTP, tak perlu menunggu terlalu lama lagi. Sebab sejak 2019, Pemerintah Kota Bandar Lampung sudah mengajukan kepada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Bandar Lampung bisa mengadakan blanko sendiri.

Kemudian direspons dengan Permendagri Nomor 99 tahun 2019, supaya daerah bisa mengadakan blanko e-KTP. Namun pencetakan tetap dilakukan oleh Dukcapil Kemendagri. Sehingga Pemkot hanya menyerahkan uang saja.

Berikut IDN Times rangkum penjelasan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengenai e-KTP di Kota Bandar Lampung.

1. Tempo satu jam e-KTP langsung jadi

Bikin e-KTP di Bandar Lampung 1 Jam Langsung Jadi, Gimana Caranya? ilustrasi KTP-el (dispendukcapil.surakarta.go.id)

Pembuatan e-KTP di Bandar Lampung saat ini sudah sangat cepat, Zainudin mengatakan, dalam waktu 1 jam, e-KTP bisa langsung jadi. Terutama bagi disabilitas, lansia dan berkebutuhan khusus.

"2020 kami dianggarkan untuk mencetak e-KTP 1,2 M dan mendapatkan blanko 110.000 keping, dan sudah bisa terealisasi. Masyarakat Bandar Lampung sekarang bisa menikmati e-KTP yang tadinya 3 bulan enggak jelas kapan jadinya," paparnya.

Setiap harinya, lanjut Zainuddin, Disdukcapil Bandar Lampung mampu melayani minimal 300 orang di masa pandemik COVID-19 dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: IDI Bandar Lampung: Kami Kewalahan Periksa 400 Sampel PCR per Hari

2. Pelayanan e-KTP dibuka melalui online

Bikin e-KTP di Bandar Lampung 1 Jam Langsung Jadi, Gimana Caranya? Nuril, mahasiswa KKN melakukan pembuatan website desa menggunakan Wordpress

Pelayanan e-KTP dibuka melalui online
Zainudin mengatakan, pelaksanaan pelayanan e-KTP dibuka melalui online. Apabila masyarakat hendak mengajukan permohonan pembuatan e-KTP dapat melalui laman https://disdukcapil.bandarlampungkota.go.id.

Atau bisa menghubungi call center melalui pesan Whatsapp 08118005375 maupun hotline 1500537.
Setelah melakukan pendaftaran melalui online, masyarakat baru dapat melakukan perekaman secara langsung.

Namun, pelayanan perekaman di Gedung Satu Atap dibatasi. Perekaman dapat dilakukan Senin, Rabu dan Jumat mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB. Sementara waktu pelayanan dokumen lainnya berjalan dengan normal.

Zainuddin berharap masyarakat yang hendak datang ke gedung satu atap dapat memastikan kesehatannya, terutama tidak mengalami gejala terinfeksi COVID-19.

3. Seluruh Masyarakat Bandar Lampung harus punya e-KTP

Bikin e-KTP di Bandar Lampung 1 Jam Langsung Jadi, Gimana Caranya? ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, A Zainudin, wali kota berkomitmen seluruh warga kota setempat harus memiliki e-KTP. Itu dibuktikan pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Bahkan sampai hari pencoblosan, 56 orang mengadakan perekaman pagi sudah langsung jadi dan bisa mencoblos.

"Hal ini merupakan perwujudan pemerintahan kota dan DPRD Kota Bandar Lampung. Sekarang kami minta, atas nama Pemkot melalui Disdukcapil Kota Bandar Lampung," kata Zainudin Senin, (22/2/2021).

4. Disdukcapil Bandar Lampung berharap Pemprov sediakan anggaran blangko e-KTP

Bikin e-KTP di Bandar Lampung 1 Jam Langsung Jadi, Gimana Caranya? Kadisdukcapil Bandar Lampung A Zainudin (IDN Times/Silviana)

Namun Zainudin berharap Pemerintah Provinsi Lampung menyediakan anggaran pengadaan blanko KTP Elektronik (e-KTP). Permohonan tersebut disampaikan kepada anggota DPRD Provinsi Lampung dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kota Bandar Lampung dalam giat reses yang berlangsung di ruang rapat Wali Kota.

Meski momennya sudah lewat Zainuddin berharap anggaran dapat dialokasikan pada APBD Perubahan Provinsi Lampung.

"Seperti kata Pak Budiman tadi, duit Pemprov Lampung banyak. Alhamdulillah,  berarti kami mau dikasih ini. Minimal dikasih blangko e-KTP walaupun tidak saat ini," kata dia.

Pihaknya memohon, melalui Disdukcapil Kota Bandar Lampung dan Disdukcapil Provinsi Lampung serta Disdukcapil se-Provinsi Lampung, agar diberikan juga anggaran kepada cetak e-KTP.

5. DPRD berharap kota bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi

Bikin e-KTP di Bandar Lampung 1 Jam Langsung Jadi, Gimana Caranya? wikipedia

Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi NasDem, Fauzan Sibron, mengatakan reses bertujuan menyerap aspirasi masyarakat Kota Bandar Lampung dan Pemerintah Kota yang direncanakan berlangsung 19-26 Februari 2021.

"Masukan, kritik, atau saran dari kami semua menjadi energi yang positif jangan sampai menjadi negatif. Karena masukan dari rekan-rekan insyaallah juga akan membangun Kota Bandar Lampung," ujar Fauzan.

Sebagai Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Dapil 1 Kota Bandarlampung, Waki ​​Ketua IV DPRD Provinsi Lampung berharap Pemerintah Kota bisa bersinergi serta membawa aspirasi Pemerintah Kota ke Provinsi. "Kami ingin memperjuangkan aspirasi pemerintah kota," katanya.

Baca Juga: Alasan Walhi Minta Pemkot Bandar Lampung Kaji Ulang Pembangunan PLTSa

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya