Comscore Tracker

Sah! Ini Nama Bakal Calon Rektor Unila 2023-2027

Saat ini Unila punya 47 anggota senat

Bandar Lampung, IDN Times - Delapan pendaftar pemilihan rektor lolos penjaringan dan menjadi bakal calon rektor Universitas Lampung 2023-2027.

Ketua Panitia Pilrek Unila 2023-2027, Abdurrahman mengatakan, setelah dilakukan verifikasi terhadap semua persyaratan administrasi, manajemen, dan hasil tes kesehatan pendaftar semua memenuhi syarat dan telah disahkan menjadi bakal calon rektor.

“Semua memenuhi persyaratan. Tidak ada yang memberatkan baik dari sisi kekuatan hukum maupun sisi kesehatan semuanya memenuhi syarat,” katanya usai Rapat Senat Unila, Selasa (6/12/2022).

1. Daftar bakal calon rektor unila 2023-2027

Sah! Ini Nama Bakal Calon Rektor Unila 2023-2027Ketua Panitia Pilrek Unila, Abdurrahman (kiri) dan Ketua Senat Unila, La Zakaria. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Berikut daftar nama dosen yang lolos verivikasi dan telah disahkan sebagai bakal calon rektor Unila 2023-2027:

  1. Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., dari Fakultas Kedokteran
  2. Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Prof. Dr. Hamzah, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum
  4. Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.IPM dari Fakultas Teknik
  5. Dr. Marselina, S.E., M.P.M dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  6. Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si. dari Fakultas Pertanian
  7. Dr. Nairobi, S.E., M.Si. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  8. Prof. Ir. Suharso, S.Si., pH.D. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

“Yang disebutkan tadi bukan berdasarkan memulai daftar tapi alfabetis. Jadi hanya diurutkan saja, itu yang perlu disampaikan,” ujarnya.

Baca Juga: 19 Guru Besar Unila Dikukuhkan, Plt Rektor: Riset Mereka Dibutuhkan

2. Sosialisasi dimulai 7 Desember 2022

Sah! Ini Nama Bakal Calon Rektor Unila 2023-2027klikmania.net

Setelah tahapan ini semua bakal calon rektor akan melaksanakan sosialisasi ke setiap fakultas di Unila dengan jadwal masing-masing empat orang tiap fakultas.

“Sosialisasinya kita jadwalkan mulai besok 7-14 Desember 2022. Berkeliling nanti ke 8 fakultas. Setelah itu baru presentasi visi, misi dan prokernya 20 Desember di GSG kita undang semua civitas akademika,” jelasnya.

Selain itu, nantinya akan ada perwakilan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan yang akan hadir dalam sosialisasi sebelum ada pemilihan 3 besar.

3. Dibagi menjadi sesi pagi dan sore

Sah! Ini Nama Bakal Calon Rektor Unila 2023-2027Fakultas Hukum Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Abdurrahman juga mengatakan, untuk urutan sosialisasi para bakal calon rektor akan dimulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Hukum.

“Besok di FEB ada Prof. Asep, Prof. Hamzah, dr. Ayi, dan Prof. Luci atau Lusmelia. Mulai pukul 09.00 nanti bergantian bergilir selama 15-20 menitan,” katanya.

Sedangkan untuk keempat bakal calon rektor lainnya akan memaparkan visi misi di Fakultas Hukum pada jam yang sama. Setelah itu sesi sore akan berlangsung di FMIPA dan Fisip, begitu seterusnya.

4. Saat ini Unila memiliki 47 anggota senat

Sah! Ini Nama Bakal Calon Rektor Unila 2023-2027Rektorat Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ketua Senat Unila, La Zakaria menambahkan, saat ini Unila memiliki total 47 anggota senat dan anggota inilah yang nantinya akan mengambil suara untuk menentukan3 calon rektor dari 8 balal calon.

“Kita sidang itu 22 (Desember 2022). Itu kan mereka menyampaikan visi misi lalu anggota senat akan memilih secara pribadi karena penilaian sudah ada di awal saat ada panelis dari kementerian,” katanya.

Ia menyampaikan, untuk sidang senat minimal harus memenuhi 2/3 dari total anggota senat. Jika tidak memenuhi, maka akan diberi penundaan selama 2x30 menit. Jika masih tidak kuorum maka sidang akan tetap dilakukan.

“Dan itu sah. Ada aturannya. Kita juga ada anggota senat yang belum PAW (pergantian antarwaktu), ini akan diupayakan bisa. Kalau memang tidak bisa gak ada masalah dengan 47 anggota juga cukup,” katanya.

Ia menyampaikan, besok akan dilaksanakan rapat pleno untuk PAW senat. Setelah itu akan ditunggu selama 2-3 hari sehingga kemungkinan sebelum penentuan 3 calon rektor anggota senat akan genap 48 anggota.

Baca Juga: Bakal Calon Rektor Unila Tes Kesehatan di RS, tapi Satu Calon Absen

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya