Comscore Tracker

Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan Diresmikan

Komunitas muda akan diikutsertakan dalam Rakernas APEKSI

Bandar Lampung, IDN Times - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan melaunchingkan program pertama APEKSI 2022 yaitu Youth City Changer (YCC) hari ini, Jumat (27/5/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua APEKSI 2022, Bima Arya Sugiarto ketika menghadiri acara Pelantikan Pengurus Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Provinsi Lampung di Gedung Semergou Kantor Pemkot Setempat, Kamis (26/5/2022) sore.

“Ini adalah program pertama kita (APEKSI), Youth City Changer yaitu kolaborasi Komunitas Muda di Indonesia,” kata wali kota Bogor ini.

1. Pemuda akan dilibatkan dalam Rakernas APEKSI 2022 di Padang

Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan DiresmikanWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana (kiri) membahas persiapan APEKSI dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya (IDN Times/Istimewa).

Bima mengatakan, program YCC nantinya anak-anak muda di seluruh Indonesia akan diundang ke acara Rapat Kerja Nasional atau Rakernas APEKSI 2022 rencananya akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat 7 Agustus 2022.

“Kita ajak anak-anak muda ke Rakernas APEKSI nanti, tapi launchingnya di sini, Insya Allah Pak Tjahjo Kumolo (Menpan RB) yang akan melaunchingnya,” ujarnya.

Menurut Bima Arya, saat ini pemerintah kota harus bisa melihat ke depan, dengan cara berkolaborasi antar stakeholder, termasuk anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas.

“Kalau semua kita serahkan pada APBD maka tidak cukup. Sudah banyak kota-kota yang berhasil membangun kemitraan dengan sw asta dengan pihak ketiga. Bahkan juga komunitas anak-anak muda dan kreatif, disini kita akan luncurkan itu,” jelasnya.

Baca Juga: Ayam Goreng Resto Begadang Favorit Walikota Bogor Bima Arya di Lampung

2. Selain hobi, ALTI juga bisa membangun pariwisata daerah

Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan DiresmikanWisata Bandar Lampung, Puncak Mas. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Bima berharap kepengurusan pertama ALTI di Provinsi Lampung yang sebagian besar diisi oleh anak muda saat ini juga dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata lokal.

“Ditambah dengan Provinsi Lampung, maka sudah ada 19 provinsi membentuk ALTI di Indonesia. ALTI ini juga sebenarnya fokus pada lintas alam dan beririsan dengan pariwisata dan tourism, karena itu kita menggandeng dan membangun kemitraan dengan pemerintah kota dan kabupaten provinsi di seluruh Indonesia untuk mendukung itu,” jelasnya.

Ia melanjutkan, ALTI juga bisa menjadi wadah bagi atlet dan saat ini sedang bersiap untuk berkompetisi dalam Kejuaraan Nasional pada Juli 2022 di Palu.

3. Wali Kota Eva akan dukung penuh atlet di Palu

Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan DiresmikanAcara pelantikan pengurus ALTI Provinsi Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Bima Arya yang hobi lari ini juga optimistis ALTI bisa mencetak atlet yang andal. Ia meminta Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana untuk mendukung para atlet secara penuh. Selain itu, mengingatkan kepada para atlet untuk mempopulerkan destinasi wisata serta budaya daerahnya masing-masing dalam segala ajang baik nasional maupun internasional.

Terkait hal itu Eva menyatakan, berjanji akan memberikan support terbaiknya kepada atlet Bandar Lampung yang berkompetisi ke Palu.

“Bunda berharap, semua atlet bisa memberikan yang terbaik dimanapun itu, nanti untuk keberangkatannye ke Kejuaraan Nasional di Palu kami juga akan berikan support,” katanya.

4. Wali kota hadir ke APEKSI 2022 Bandar Lampung ada 58 orang, sisanya diwakili wakil wali kota dan Ssekkot

Program Pertama APEKSI 2022, Youth City Changer akan DiresmikanWalikota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Terkait HUT APEKSI, Eva menjelaska, sebanyak 58 wali kota berbagai daerah di Indonesia akan hadir. Sedangkan sisanya diwakili oleh wakil walikota dan sekretaris kota masing-masing daerah.

“Karena ini juga bersamaan dengan G20 ya, tapi walau ada yang tak datang, mereka memberikan supportnya pada kita, memberikan ucapan dan bunda apresiasi itu,” katanya.

Diketahui, Bandar Lampung mulai 27-29 Mei 2022 menjadi tuan rumah acara HUT APEKSI 2022 dan menghadirkan 98 anggota APEKSI, menteri, dirjen, dan jajarannya. Fokus isu pada APEKSI kali ini adalah UMKM dalam rangka memasuki endemi COVID-19 ketika kota-kota sudah memulai economy recovery.

Baca Juga: Event Apeksi, 84 Wali Kota Bakal Gowes hingga 2,9 Km di Bandar Lampung

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya