Hewan Empat Daerah Lampung Terjangkit PMK, Pengiriman ke Balam Disetop

Kasus PMK Bandar Lampung nol

Bandar Lampung, IDN Times - Ada empat daerah terjangkit virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Lampung. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung, Agustini ketika melakukan sidak ternak penyakit PMK ke lima penyedia hewan kurban di Kota Bandar Lampung, Kamis (16/6/2022).

“Di Provinsi Lampung itu ada empat daerah ya yang sudah terjangkit PMK. Tulangbawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji dan Lampung Timur. Insya Allah tidak menyebar lah ya, karena langsung dimusnahkan. Untuk sementara kita larang dulu (ternak) dari sana masuk ke sini," katanya.

1. Kasus PMK Bandar Lampung nol

Hewan Empat Daerah Lampung Terjangkit PMK, Pengiriman ke Balam DisetopPengecakan hewan ternak qurban di Bandar Lampung

Selain kegiatan rutin, Agustini mengatakan pengecekan penyakit pada ternak ini juga dilakukan dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 pada Juli mendatang.

“Ini kegiatan rutin dan sampai saat ini sudah ada sekitar 60 penyedia hewan kurban yang ternaknya kita cek. Alhamdulillah setelah pengecekan dilakukan, di Bandar Lampung kasus PMK kita nol,” katanya.

Baca Juga: 24 Sapi Positif Terjangkit Wabah PMK di Lampung, 2 Dilaporkan Mati

2. Antisipasi PMK masuk ke Bandar Lampung

Hewan Empat Daerah Lampung Terjangkit PMK, Pengiriman ke Balam DisetopKepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bandar Lampung, Agustini. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Mengenai beberapa daerah di Lampung telah terjangkit virus PMK, Agustini berharap virus yang tidak membahayakan manusia ini tidak masuk ke Bandar Lampung.

“Makanya kita sudah berkoordinasi dengan beberapa lembaga seperti Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemerintah Provinsi Lampung. Lalu kita juga koordinasi dengan karantina, pokoknya ketat lah,” ujarnya.

Selain itu, ia memrediksi hewan-hewan tersebut akan tetap dijaga kesehatannya karena mayoritas rumah ternak tersebut adalah binaan pemkot.

3. Karantina ternak

Hewan Empat Daerah Lampung Terjangkit PMK, Pengiriman ke Balam DisetopPemeriksaan PMK terhadap ternak di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Selain itu, untuk mencegah kasus PMK di Bandar Lampung, Agustini mengatakan, pihaknya telah menyiapkan SOP dengan ketentuan khusus kepada hewan yang masuk ke Kota Bandar Lampung.

“Kalau masuk ke Kota Bandar Lampung itu ada SOP-nya dengan mengikuti aturan nasional. Bahwa tidak bisa mengirim ternak masuk tanpa ada surat permintaan. Jadi kalau misalnya ada lapak meminta (hewan ternak) itu harus lapor dulu ke kita,” katanya.

Setelah itu dinas akan memberikan rekomendasi daerah mana yang harus memberikan ternak, yaitu daerah-daerah aman PMK. Setelah itu ternak akan dirawat atau dikarantina dulu selama 14 hari di tempat asal.

“Setelah dinyatakan sehat baru bisa dikirim ke sini. Belum selesai itu, nanti di sini, kami akan melakukan pemeriksaan lagi,” ujarnya.

4. Pemberian vitamin menjadi kewajiban mencegah PMK

Hewan Empat Daerah Lampung Terjangkit PMK, Pengiriman ke Balam DisetopPengecekan hewan ternak di Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Salah satu peternak di Tanjung Seneng, Sugito mengatakan untuk mencegah hewan ternak terkena PMK harus diberikan perlakukan khusus seperti vitamin.

“Kalau makanannya mah biasa. Kita pakai abu jagung, bungkil sawit, onggok. Itu saja,” katanya.

Dengan stok sapi sebanyak 80 ekor. Sugito mengaku belum ada penurunan omzet di tempat usahanya karena selama kasus PMK mewabah, ternaknya aman-aman saja.

“Kalau di sini kita kasih (harga) 55.000 per kilogram dengan timbang hidup. Biasanya yang beli itu tukang daging, dan sampai saat ini belum ada untuk kurban,” katanya.

Baca Juga: 9 Sapi di Lamteng Masuk Calon Kurban Bantuan Presiden untuk Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya