Comscore Tracker

Bawa Resep Rendang Keluarga ke Padang, Eva Dwiana Sabet Juara Ketiga

Eva: APEKSI adalah ajang promosi budaya Lampung ke Indonesia

Bandar Lampung, IDN Times - Membawa cara masak rendang resep keluarga ke daerah asalnya, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana sabet juara 3 pada lomba Marandang atau memasak rendang di Padang, Selasa (9/8/2022).

Eva mengatakan, Lomba Marandang dan Teh Talua merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan tahunan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). 2022 ini diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat.

Lomba ini juga diikuti seluruh perserta Rakernas APEKSI yaitu perwakilan dari pemerintah kota se-Indonesia. Sehingga selain menjadi hiburan di sela aktivitas rakernas, kemenangannya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Eva.

1. Menggabungkan hobi dan melestarikan budaya kuliner Nusantara

Bawa Resep Rendang Keluarga ke Padang, Eva Dwiana Sabet Juara KetigaEva Dwiana di Rakernas APEKSI 2022, Padang. (IDN Times/Istimewa)

Diketahui, Eva memang hobi sekali memasak. Hal itu sering ia bagikan pada akun resmi Instagram dan YouTube-nya yaitu dengan demo masak di dapur rumahnya.

Selain itu, Eva juga pernah membagikan resep rendang rumahan ia pelajari dari keluarganya di chanel YouTube tersebut saat menjelang hari raya Idul Fitri 2022 lalu.

“Randang atau rendang kan salah satu Warisan Budaya Dunia dari Sumatera Barat. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus ikut serta menjaga dan melestarikan warisan kuliner, melalui kegiatan seperti ini, kita sama-sama menjaga dan mempromosikan kuliner Nusantara,” kata Eva Dwiana.

2. Rangkaian Rakernas APEKSI 2022

Bawa Resep Rendang Keluarga ke Padang, Eva Dwiana Sabet Juara KetigaPerwakilan Bandar Lampung di Rakernas APEKSI 2022, Padang. (IDN Times/Istimewa)

Pada 27-29 Mei 2022 lalu, APEKSI telah menggelar acara hari ulang tahunnya di Kota Bandar Lampung. Acara tersebut dihadiri lebih dari 55 wali kota dan 40 lebih perwakilan kota di Indonesia. Acara ini juga sempat disambut meriah karena terdapat banyak acara hiburan seperti Expo Nusantara, pengenalan tempat wisata dan UMKM Lampung.

Melanjutkan acara di Bandar Lampung tersebut, APEKSI menggelar acara inti yaitu Rakernas APEKSI di Padang pada 7-10 Agustus 2022. Kegiatan ini membahas berbagai isu nasional mulai dari sinergi dan kolaborasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan, hingga kebijakan pemerintah pusat untuk menghapus tenaga honorer pada tahun 2023. 

Rangkaian kegiatan pada Rakernas APEKSI dihadiri Eva Dwiana adalah Seminar Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia City Expo 2022, Pawai Budaya Nusantara, Beach Clean Up, Gowes, dan Lomba Marandang & Teh Talua.

Baca Juga: APEKSI 2022 Momen Bobby Nasution Nostalgia di Bandar Lampung

3. Eva janji akan ada terobosan baru setelah Rakernas APEKSI

Bawa Resep Rendang Keluarga ke Padang, Eva Dwiana Sabet Juara KetigaEva Dwiana di Rakernas APEKSI 2022, Padang. (IDN Times/Istimewa)

Eva menyampaikan, melalui rapat kerja nasional ini, para pemimpin kota saling membagikan ide untuk mengembangkan daerah masing-masing. Di mana nantinya akan ada trobosan bersama dalam membangkitkan daerah. 

“Makanya di sana kita saling berbagi ide dan sharing soal permasalahan daerah. Maka sinergi dan kolaborasi itu kunci dalam memajukan daerah, jadi muncul terobosan bersama dan rekomendasi dalam memajukan daerah" ujarnya.

4. Oleh-oleh pohon durian untuk tanah Minang

Bawa Resep Rendang Keluarga ke Padang, Eva Dwiana Sabet Juara KetigaEva Dwiana di Rakernas APEKSI 2022, Padang. (IDN Times/Istimewa)

Lalu, dalam kegiatan tersebut juga diadakan penanaman bibit pohon durian di Kebun Buah Dinas Pertanian Kota Padang Sungai Lareh. Eva mengatakan semua perwakilan kota diminta untuk membawa pohon durian dari daerah masing-masing untuk di tanam.

"Apeksi kali ini, kita (wali kota) diminta membawa pohon durian untuk ditanam di Kebun Apeksi Padang, Bunda Eva Berharap pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” imbuhnya.

5. APEKSI ajang memperkenalkan budaya Lampung ke Nusantara

Bawa Resep Rendang Keluarga ke Padang, Eva Dwiana Sabet Juara KetigaEva Dwiana di ICE Rakernas APEKSI 2022, Padang. (IDN Times/Istimewa)

Selain itu, Pemkot Bandar Lampung juga memboyong produksi UMKM di Kota Bandar Lampung untuk ikut serta dalam Indonesia City Expo (ICE) 2022, karena momen mempromosikan produk dan kerajinan khas Kota Bandar Lampung di tingkat nasional tidak mau disia-siakannya.

Kepala Dinas Koprasi dan UKM Kota Bandarlampung Riana Apriana mengatakan, kerajinan tangan dan produk khas ditampilkan di stan Kota Bandar Lampung ICE 2022 adalah batik, tapis, tas, sulam usus, kopi, keripik pisang, ikan teri, cumi kering, dan lainnya. 

“Total ada delapan UMKM dan satu perajin dari Kota Bandar Lampung yang ikut dalam kegiatan ICE 2022. Harapannya ini bisa mengenalkan produk dan UMKM kita ke luar daerah jadi makin di kenal dan menumbuhkan perekonomian daerag,” kata Riana Apriana.

Baca Juga: Wali Kota Eva Dwiana Minta TNI Ikut Membangun Desa Wisata Pesisir

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya