Comscore Tracker

Banyak Pendaftar Mudik Gratis Pakai Bus Batal Berangkat

Kemungkinan masalah personal dari pemudik

Bandar Lampung, IDN Times - Dari 53 pendaftar Mudik Gratis DKI Jakarta asal Lampung, tidak semua pendaftar mudik gratis ikut bus mudik sesuai jadwal ditentukan.

Mudik Gratis DKI Jakarta adalah salah satu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung perantau Jakarta hendak mudik di Lebaran Idul Fitri 2022. Salah satu kota tujuan program ini adalah Bandar Lampung, Lampung.

Namun menurut Septian, Panitia Mudik Gratis DKI Jakarta menjemput pemudik asal Lampung kembali ke Jakarta ini, kursi penumpang banyak kosong meski pendaftar mencapai 53 orang.

“Pendaftarnya sih 53 orang, tapi sampai saat ini baru 22 orang saja yang datang,” katanya ketika diwawancarai di Terminal Rajabasa, setengah jam sebelum keberangkatan, Minggu (8/5/2022).

Baca Juga: Pemda DKI Jakarta dan Pelni Sedia Bus Gratis dari Terminal Rajabasa

1. Pendaftar banyak tak jadi berangkat

Banyak Pendaftar Mudik Gratis Pakai Bus Batal BerangkatBus Mudik Gratis. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tak hanya saat kembali ke Jakarta, saat keberangkatan pun jumlah penumpang di dalam bus juga tak penuh. Hanya berkisar 15-20 penumpang saja.

Septian memperkirakan hal itu terjadi mungkin diakibatkan masalah personal dari penumpang yang mendaftar. Ia melanjutkan, pemudik mendaftar namun belum juga datang hanya diberikan estimasi waktu keterlambatan saja, namun jika belum datang juga akan ditinggal.

“Mungkin karena dia gak jadi tanggal 27 (April) berangkatnya, makanya enggak ikut kita. Sama pas balik juga begitu. Mungkin juga karena ketinggalan bus, karena kita kan jadwalkan balik ke Jakarta Minggu 9 pagi maksimal, tapi dari kami tambahkan estimasi berangkat jam 10 pagi supaya yang terlambat tetap bisa ikut,” katanya.

2. Hanya ada satu bus menuju dan dari Lampung

Banyak Pendaftar Mudik Gratis Pakai Bus Batal BerangkatBus Mudik Gratis. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Keberangkatan Bus Mudik Gratis dari Terminal Rajabasa ini diakui oleh Septian hanya ada hari ini saja, dan cuma ada satu bus.

“Total armada untuk program ini ada 292 bus. Itu tersebar ke beberapa kota di Indonesia termasuk di Lampung. Masing-masing kota satu bus tapi yang ke Surabaya itu khusus ada dua armada,” lanjutnya.

Keberangkatan armada ini arus mudik maupun arus balik dilakukan serentak yaitu keberangkatan 27 April 2022 dan kepulangan pada 8 Mei 2022.

3. Meski sempat susah masuk link pendaftaran, pemudik mengaku senang dengan program ini

Banyak Pendaftar Mudik Gratis Pakai Bus Batal BerangkatPenumpang Mudik Gratis sedang menunggu keberangkatan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Mukarti salah satu penumpang Mudik Gratis asal Talang Padang, Tanggamus mengatakan cukup gembira adanya program mudik gratis. Apalagi ia melakukan perjalanan mudik ini bersama suami dan dua anaknya.

“Saya pulangnya ke Sunter Agung tujuannya, abis dari Talang Padang. Nanti bus ini katanya sih berhenti di Terminal Pulo Gebang sama seperti waktu keberangkatan,” katanya.

Ia mengatakan, mengetahui informasi mudik gratis dari salah satu temannya memberikan informasi dengan memberikan link pendaftaran.

“Kan lumayan, kami berempat kalau pakai ongkos sendiri lumayan juga. Makanya ikut ini. Saya kemarin pas coba daftar itu sebenarnya agak susah juga sih, gak cuma sekali coba langsung jadi. Mungkin karena sinyal dan banyak yang buka (link pendaftarannya) juga kali ya,” ujarnya.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Terminal Rajabasa Diperkirakan Berakhir Hari ini

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya