520 Pemudik Roda Dua Tiba di Pelabuhan Panjang, Besok Terakhir!

Kedua kalinya membawa pemudik roda dua.

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 520 penumpang KM Dobonsolo dengan 327 kendaraan roda dua tiba di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung, Kamis (20/4/2023). Mereka merupakan pemudik roda dua melakukan perjalanan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Ciwandan.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang Provinsi Lampung, Andi Fiardi mengatakan berlabuhnya KM Dobonsolo ini merupakan kedua kalinya membawa pemudik roda dua.

“Perdana tadi pagi sekitar jam 3 subuh membawa 1.182 penumpang dengan 629 kendaraan, dan perjalanan kedua ini tadi sore berlabuh pukul 6 sore dengan 520 pemudik menggunakan 327 sepeda motor,” katanya.

Baca Juga: Erick Thohir Sambangi Krakatau Park Lamsel, "Kerjai" Pegawai BUMN

1. Penyeberangan pemudik roda dua besok terakhir

520 Pemudik Roda Dua Tiba di Pelabuhan Panjang, Besok Terakhir!Pemudik roda dua di Pelabuhan Panjang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Andi juga menyebutkan, perjalanan KM Dobonsolo membawa pemudik roda dua hanya tinggal besok saja karena hari H tidak ada penyeberangan.

“Tinggal besok ini penyeberangan, sekitar pukul 5 pagi. Jadi hari H tidak ada penyeberangan. Besok pun kita akan tetap pakai Dobonsolo,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pelabuhan Panjang memang hanya menyiapkan satu kapal saja untuk penyeberangan pemudik roda dua. Namun kapal tersebut bisa beroperasi sehari dua kali seperti hari ini.

2. Arus balik pengendara motor H+6, 7, dan 8

520 Pemudik Roda Dua Tiba di Pelabuhan Panjang, Besok Terakhir!Pemudik roda dua di Pelabuhan Panjang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sedangkan untuk arus balik, Andi menyampaikan pihaknya akan mulai membuka pelabuhan pada H+6, 7, dan 8. Sehingga pemudik dengan kendaraan roda dua diharapkan membersiapkan hal tersebut.

“Untuk tiketing itu kan sudah dikelola PT ASDP jadi ketika melebihi kuota maka nantinya akan ada kebijakan seperti menambah trayek atau sebagainya,” katanya.

Namun ia mengatakan, hal seperti itu kecil kemungkinan terjadi karena tidak ada offside tiket dan semua dilakukan secara online sehingga semua sudah dipesan melalui aplikasi.

3. Gubernur Arinal: koordinasi seperti ini harus dilakukan

520 Pemudik Roda Dua Tiba di Pelabuhan Panjang, Besok Terakhir!Gubernur Arinal di Pelabuhan Panjang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berterima kasih pada semua pihak menjembatani penyeberangan pemudik motor ini. Karena jumlah banyak tersebut memang perlu adanya koordinasi dari pihak pelabuhan.

“Jika tidak dikoordinasikan seperti ini kan maka peluang yang tidak menguntungkan itu akan selalu ada. Tapi kalau kita koordinir maka akan tertib nyaman anam Insya Allah keselamatan akan terjaga,” imbuhnya.

Ia juga merasa ikut bahagia melihat pemudik sudah bertahun tahun tidak berkunjung pulang ke rumahnya dan tentunya ingin berbahagia di hari raya maka pemerintah dan pihak terkait memang harus memfasilitasinya.

Baca Juga: Kapolri Sebut Puncak Arus Mudik 2023 Pelabuhan Bakauheni Telah Terjadi

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya