Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif Sehari

Kabupaten Lampung Utara sumbang terbanyak 26 kasus

Bandar Lampung, IDN Times – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung merilis data terbaru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah setempat, Sabtu (12/9/2020). Data terbaru menunjukkan terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 44 kasus.

Penambahan kasus itu tersebar di beberapa kabupaten/kota. Terbanyak dan untuk pertama kalinya, Kabupaten Lampung Utara menjadi wilayah tertinggi yang terkonfirmasi positif sebanyak 26 kasus.

Urutan selanjutnya Kabupaten Lampung Timur delapan kasus, Kota Bandar Lampung empat kasus, dan Kabupaten Pesisir Barat tiga kasus. Sementara Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Pringsewu, dan Kabupaten Tulang Bawang masing-masing menyumbang satu kasus.

1. Klaster Kecamatan Abung Barat dan Kotabumi sumbang kasus terbanyak di Kabupaten Lampung Utara

Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif SehariKetua Posko dan Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi. (IDN Times/Istimewa).

Ketua Posko Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, menyatakan, 26 warga kabupaten setempat yang terkonfirmasi positif COVID-19 terbagi ke dalam dua kelompok (klaster). Rinciannya, Klaster Kecamatan Abung Barat dan Kecamatan Kotabumi.

Ia menambahkan, 26 pasien baru mayoritas memiliki hubungan kekerabatan dengan pasien yang terlebih dulu terkena COVID-19. :Hanya ada beberapa pasien baru yang tidak tergolong keluarga, namun diketahui sempat memiliki kontak erat dengan pasien sebelumnya.

Lebih lanjut disampaikan Sanny, satu di antara 26 pasien yang terkonfirmasi positif merupakan pejabat di lingkungan Pemkab Lampung Utara. Hasil rapid test yang bersangkutan sebelumnya memang reaktif dan hasil swab test kembali dinyatakan reaktif.

“Total keseluruhan ada 76 kasus (di Lampung Utara) yang terinfeksi COVID-19. ‎Mari perketat protokol kesehatan selama pandemi ini supaya tidak ada lagi penambahan kasus,” jelasnya.

2. Delapan kasus di Lampung Timur hasil tracing pasien 486

Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif Seharilampungtimurkab.go.id

Kasus COVID-19 di Lampung Timur bertambah sebanyak delapan kasus, Sabtu (12/9/2020). Kedelapan orang tersebut merupakan hasil tracing dari pasien 486.

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana, memaparkan, kedelapan pasien anyar asal Lampung Timur diberi kode pasien 540-546. Para pasien itu hasil tracing dari pasien 486.

Pasien 486 merupakan perempuan berusia 59 tahun warga Lampung Timur. Saat ini pasien tersebut menjalani isolasi di RSUD yang ada di Metro. Sedangkan 8 pasien yang terkonfirmasi positif hari ini menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Ironi Pilu COVID-19, Nakes Terus Berguguran karena APD Minim dan Letih

3. Total di Lampung ada 555 kasus

Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif Seharihealthday.com

Total keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung per Sabtu (12/9/2020) mencapai 555 kasus. Selain itu, suspek 40 kasus, meninggal dunia 22 orang, dan sembuh 371 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Lampung, Reihana, menyatakan, dari 44 kasus baru update Sabtu hari ini, 39 pasien merupakan hasil pelacakan pasien yang lebih dulu terkonfirmasi COVID-19. Lima pasien lainnya merupakan kasus baru.

4. Tiga pegawai apotek di Bandar Lampung pasien tanpa gejala

Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif SehariIlustrasi apotek di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tiga karyawan salah satu apotek di Jalan ZA Pagar Alam, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung terkonfirmasi positif COVID-19. Imbas hal itu apotek tidak beroperasi sejak 10 September 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, saat dikonfirmasi membenarkan, tiga karyawan apotek positif COVID-19. Mereka terkonfirmasi positif dalam rentang waktu yang berbeda dan pasien tanpa gejala.

"Dua karyawan yang terkonfirmasi lebih dulu pada 9 September 2020, masuk dalam tambahan 6 kasus Kota Bandar Lampung. Kemudian, satunya (karyawan) yang tambahan 12 kasus data 10 September 2020,” paparnya.

5. Lakukan perjalanan dari Jakarta

Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif SehariMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, menjelaskan, satu karyawan apotek yang terkonfirmasi positif COVID-19 diketahui melakukan perjalanan dari Jakarta. Saat di Bandar Lampung, menulari dua karyawan lainnya.

“Selain tiga karyawan apotek ini, belum ditemukan lagi adanya penyebaran yang meluas di apotek ini. Apotek ini memang untuk sementara diarahkan untuk menutup layanan,” jelasnya.

6. Banyak pasien positif COVID-19 enggan isolasi di rumah sakit

Update COVID-19 Lampung, Pertama Kali Rekor 44 Kasus Positif SehariIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, menyatakan, muncul klaster baru dalam penularan virus corona di Lampung melalui keluarga. Reihana meminta masyarakat waspada dan patuh bila ada anggota keluarga sedang menjalani isolasi mandiri.

Reihana menilai, isolasi mandiri yang dilakukan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 harus ada tempat khusus di rumah. Tujuannya, mencegah adanya kontak dengan anggota keluarga lain.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli. Menurutnya, anggota keluarga yang tidak sanggup melakukan isolasi mandiri diharapkan mau terbuka kepada petugas dan akan dianjurkan untuk isolasi dilakukan di rumah sakit.

“Terpenting mereka sanggup berjanji, sanggup melakukan isolasi mandiri di rumah dengan tertib, maka yang bersangkutan diperkenankan melakukan hal itu. Karena memang banyak yang tidak mau untuk isolasi di rumah sakit," tegasnya.

Baca Juga: Masih COVID-19, Dies Natalis Unila Ke-55 Digelar Online dan Offline

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya