Comscore Tracker

Sah! Mitra Jamal Rektor Baru ITERA

Gantikan almarhum Ofyar Z Tamin

Bandar Lampung, IDN Times - Wakil Rektor Bidang Akademik Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof Dr Ing Drs Ir Mitra Djamal, IPU resmi dilantik sebagai Rektor ITERA oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim secara dalam jaringan, Jumat (2/7/2021).

Mitra Djamal menjabat sebagai Rektor meneruskan masa jabatan rektor sebelumnya, Almarhum Prof Ir Ofyar Z Tamin M.Sc Ph.D IPU.

Baca Juga: Pencemaran Udara Diprediksi Terus Meningkat, Ini Kajian Peneliti ITERA

1. Terus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sah! Mitra Jamal Rektor Baru ITERAMenteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim melantik Rektor Itera Mitra Jamal, Jumat (2/7/2021). (IDN Times/Istimewa).

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Rektor ITERA, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, mengatakan, rektor ITERA yang dilantik bersama dengan Rektor Universitas Halu Oleo, dan Direktur Politeknik Negeri Fakfak, dapat terus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Itu guna mewujudkan lingkungan belajar yang mendorong mahasiswa berfikir kritis dan kreatif dan menumbuhkan karakter pembelajar yang tangguh.

“Sebagai pemimpin perguruan tinggi kami harapkan bapak dapat terus mengembangkan iklim pendidikan tinggi yang memacu kreativitas dan inovasi di lembaga yang dipimpin. Dengan begitu perguruan tinggi dapat menciptakan para pencetus perubahan dan membawa Indonesia maju di panggung global,” ujar Nadiem.

Ia juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingghinya dan ucapan terima kasih kepada almarhum Ofyar Z Tamin Rektor ITERA periode 2018-2021 atas dedikasi yang diberikan hingga sepanjang hayat. “Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi tempat terbaik kepada almarhum,” ujar Menteri.

2. Melanjutkan program prioritas

Sah! Mitra Jamal Rektor Baru ITERAKampus Itera Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Rektor ITERA Mitra Djamal, menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan Mendikbudristek . “Ini adalah amanah yang berat karena saya sudah berjanji kepada bangsa dan negara, semoga Allah SWT bersama saya dalam menjalankan amanah ini,” ujar Guru Besar Ilmu Fisika ITB ini.

Ia menyatakan, akan menjalankan, meneruskan, dan menyelesaikan program kerja rektor sebelumnya, dengan mengacu pada visi dan misi ITERA. Selain itu, akan kembali melanjutkan program prioritas yang dijalankan sebelumnya, seperti membangun sarana dan prasarana perkuliahan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dosen sebagai bekal membangun ITERA yang berkualitas ke depan.

3. Inovasi menjawab permasalahan masyarakat

Sah! Mitra Jamal Rektor Baru ITERAmaxmanroe

Menurut Mitra Jamal,sebagai perguruan tinggi ITERA juga akan terus berupaya mewujudkan apa yang diharapkan pemerintah yakni melakukan inovasi menjawab permasalahan masyarakat, terutama menjawab permasalahan di Sumatera.

“Banyak permasalahan yang perguruan tinggi termasuk ITERA bertugas mencarikan solusinya,” ujar Prof. Mitra.

Mitra juga menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada almarhum Ofyar Z Tamin yang sangat baik memimpin ITERA sebagai rektor pertama, sehingga ITERA dapat tumbuh pesat dengan waktu cepat seperti saat ini. “Semoga apa yang dicita-citakan almarhum bapak Rektor sebelumnya dapat kita capai bersama-sama, dan pasti beliau senang melihat ITERA maju,” ujarnya.

Baca Juga: Cerita Wakil Rektor ITERA Dibalik Pendirian PLTS Jadi Contoh Nasional 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya