Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 Juli

Yuk, yang belum daftar buruan siapkan berkas

Bandar Lampung, IDN TimesPemerintah Provinsi Lampung resmi memperpanjang periode pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Hal itu tercantum dalam Pengumuman Nomor 800/1707/VI.04/2021 tentang Perpanjangan Batas Akhir Pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021.

Ketua Tim Panitia Seleksi CASN Provinsi Lampung 2021, Fahrizal Darminto, mengatakan, batas akhir pendaftaran semula Rabu besok 21 Juli 2021 pukul  23.59 WIB. Kini diperpanjang sampai Senin pekan depan 26 Juli 2021, Pukul  23.59 WIB; 

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id,” jelasnya, Selasa (20/7/2021).

1. Perpanjangan pendaftaran merujuk surat dari BKN

Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 JuliPemerintah Provinsi Lampung resmi memperpanjang periode pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (IDN Times/Istimewa).

Menurut Fahrizal, perpanjangan pendaftaran CASN 2021 berdasarkan Surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 6201/B KS.04.01/SD/K/2021 tanggal 19 Juli 2021 perihal Penyesuaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan  Seleksi Calon ASN Tahun 2021.

Dengan adanya surat Plt Kepala BKN tersebut imbuhnya, maka surat Kepala BKN Nomor 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021 dan  5870/B-Ks.04.01/SD/K/2021 dinyatakan dilakukan penyesuaian jadwal pendaftaran  sampai dengan pengumuman pasca sanggah.

Tahapan pelaksanaan seleksi ASN  selanjutnya (SKD, Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru, Seleksi Kompetensi PPPK  Guru, dan SKB) akan menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah terkait dengan  Pandemik COVID-19.

Sebelumnya, Pemprov Lampung sudah melaksanakan tahapan pelaksanaan seleksi CASN. Pertama mulai dari Pengumuman Seleksi ASN 30 Juni-14 Juli 2021. Lalu dilanjutkan Pendaftaran Seleksi ASN 30 Juni-26 Juli 2021. 

“Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi digelar 2 Agustus sampai 3 Agustus 2021. Lalu ada  Masa Sanggah 4 Agustus sampai 6 Agustus 2021 dan   Jawab Sanggah 4 Agustus sampai 13 Agustus 2021. Terakhir Pengumuman Pasca Sanggah 15 Agustus 2021,” papar Fahrizal.

2. Formasi CASN dan PPPK Pemprov Lampung

Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 JuliIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Pemprov Lampung menetapkan alokasi CASN sebanyak 429 formasi. Itu terbagi dalam tiga jenis formasi yakni, formasi umum, formasi lulusan terbaik/cumlaude, dan formasi penyandang disabilitas.

Rinciannya, formasi umum menyediakan 277 tenaga guru (PPPK), 101 tenaga kesehatan (CPNS), dan 45 tenaga teknis (CPNS). Sementara untuk formasi lulusan terbaik, hanya diperuntukkan bagi untuk 3 tenaga teknis.

Sedangkan formasi penyandang disabilitas bakal dialokasikan bagi 1 tenaga kesehatan (CPNS) dan 2 tenaga teknis (CPNS).

Sebagai catatan, untuk rincian jenis jabatan, kualifikasi pendidikan, unit kerja penetapan bagi alokasi formasi umum, khusus dan PPPK guru dapat dilihat dan diunduh melalui website Bkd.lampungprov.go.id.

Baca Juga: ASN Pemprov Lampung, Ini Aturan WFH Periode PPKM Darurat

3. Persyaratan seleksi

Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 JuliPixabay

Adapun persyaratan umum CPNS Pemprov Lampung 2021 yaitu, warga negara Republik Indonesia, berusia dari 18-35 tahun, tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara lebih dari 2 tahun berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, dan tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Prajurit TNI/Anggota POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta (termasuk pegawai BUMN/BUMD).

Selain itu, juga tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota Polri, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis, memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain ditentukan oleh instansi pemerintah.

Selain itu, pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan. 

Itu dibuktikan dengan tanggal kelulusan tertulis pada ijazah, kemudian pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang

pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi, dan informasi akreditasi program studi/perguruan tinggi.

 

4. Persyaratan umum PPPK

Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 JuliANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Persyaratan umum PPPK Guru juga telah diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2021, tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.

Pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2021 juga dilakukan secara nasional dengan persyaratan, jadwal pelaksanaan, dan lokasi ujian seleksi PPPK Guru yang akanbdiumumkan serta disampaikan oleh Panitia Penyelenggara Seleksi. Di mana jangka waktu hubungan perjanjian kerja di Lingkungan Pemprov Lampung antara 1-5 tahun.

Itu semua, dengan memperhatikan selisih tahun usia bersangkutan dengan batas usia pensiun jabatan yang dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

5. Tata cara pendaftaran

Pendaftaran CASN 2021 Pemprov Lampung Diperpanjang hingga 26 JuliIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Penerimaan ini mengusung tata cara pendaftaran dilakukan secara online dari 30 Juni 2021 (mulai pukul 18.30 WIB) sampai 21 Juli 2021  (pukul 23.59 WIB). Itu diakses melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.

Langkah dimulai dari pelamar membuat akun CPNS 2021, dengan cara melakukan log in ke https://sscasn.bkn.go.id menggunakan NIK dan password.

Kemudian pelamar mengunggah swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun, melengkapi data diri, memilih Instansi Pemprov Lampung sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi formasi, dan lokasi tes, serta mengisi data lain yang harus dilengkapi. Terakhir, pelamar diminta mengunggah dokumen sesuai dengan dokumen aslinya dalam bentuk format jpg/pdf.

Baca Juga: Kabar Baik! Pemprov Lampung Sediakan 429 Formasi CASN dan PPPK 2021

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya