Comscore Tracker

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan

Cukup bawa fotokopi KTP atau KK ya

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung, polres jajaran serta polsek kian gencar menggelar vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat. Tujuannya, mendukung program pemerintah terkait percepatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Asyad mengatakan, berdasarkan data harian Gerai Vaksin Presisi dari Biro Operasi (Ro ops) Polda Lampung per 10 Oktober 2021, terdapat 75 lokasi gerai vaksin Presisi. Gerai itu tersebar di wilayah Provinsi Lampung dengan tenaga vaksinator sebanyak 697 orang terdiri dari tim medis Polri dan tim medis dari Dinas Kesehatan.

"Untuk per tanggal 10 Oktober, Polda Lampung dan polres jajaran melalui Gerai Vaksin Presisi telah melakukan vaksinasi terhadap masyarakat sebanyak  23.061 orang,” kata Pandra, Selasa (12/10/2021).

1. Lokasi gerai vaksin Polda Lampung 12 Oktober 2021

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Polda Lampung dan Polres Lampung SelatanVaksinasi Mobil Keliling Dirlantas Polda Lampung (IDN Times/Istimewa)

Pandra menjelaskan, masyarakat se-Provinsi Lampung  belum divaksin dosis satu maupun dosis kedua, silahkan mendatangi langsung gerai-gerai vaksin yang digelar baik oleh polda, polres dan polsek. Layanan serupa juga diadakan dinas kesehatan kabupaten/kota dan Korem Gatam beserta jajarannya.

“Hanya membawa fotocopy KTP atau Kartu Keluarga (KK) bila masyarakat belum memiliki KTP. Gerai-gerai vaksin Presisi kita buka setiap hari dari Senin sampai Minggu dimulai dari pukul 08.00 sampai selesai, hal ini dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Provinsi Lampung," imbuh Pandra.

Berikut lokasi gerai vaksin Presisi Polda Lampung, Selasa 12 Oktober 2021:

- Rumah Sakit Bhayangkara

- Graha Wangsa

- Markas Polair Polda Lampung

- Perum Citra Land

- IIB Darmajaya.

2. Lokasi gerai vaksin Polres Lampung Selatan

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Polda Lampung dan Polres Lampung SelatanVaksinasi di Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Polres Lampung Selatan membuka layanan gerai vaksin, Selasa (12/10/2021). Layanan itu dipusatkan di 12 titik pelayanan dengan jumlah vaksin tersedia sebanyak 7.795 Dosis.

Kasubsipenmas Polres Lampung Selatan Iptu Abqoriyah, mengataan, 7.795 dosis akan disebarkan di 12 titik. Rinciannya, Jati Agung 500 dosis; Polsek Sragi 540 dosis; Polsek Natar 705 dosis; dan Tanjung Bintang 670 dosis.

Sealin itu di Katibung sebanyak 870 dosis; Palas 600 dosis; Penengahan 680 dosis; Merbau Mataram  960 dosis, dan Polsek Kalianda 1.000 dosis. Gerai vaksin juga tersedia di Sidomulyo 570 dosis, Candipuro 600 dosis dan Samsat Lamsel sebanyak 100 dosis.

“Kepada warga masyarakat yang belum mengikuti divaksin segera datang ke Gerai Vaksinasi Polres Lamsel terdekat. Jangan lupa untuk membawa copy KTP dan nomor telepon yang aktif serta mematuhi protokol kesehatan,” papar Abqoriyah.

3. Polres Tanggamus gandeng organisasi masyarakat kepemudaan serta relawan

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Polda Lampung dan Polres Lampung SelatanPolres Tanggamus menggandeng sejumlah organisasi masyarakat kepemudaan serta relawan percepatan vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Istimewa).

Polres Tanggamus terus melaksanakan upaya percepatan vaksinasi COVID-19. Terbaru, menggandeng sejumlah organisasi masyarakat kepemudaan serta relawan di Kabupaten Tanggamus.

Ketua oranisasi yang hadir meliputi Zulqi Qurnaiwan (PC-GP Anshor), Ustad Bambang (Pemuda Muhammadiyah), Thomas Maryadi (Pemuda Katholik), Eka Safitri (PMII), Aris Munandar (Karang Taruna), Fajar (FKPI) Ehwanto (Senkom), Bayu Santosa (DDS-Tanggamus) dan M. Yusuf (RAPI).

Kapolres Tanggamus AKBP Satya Wihdy Widharyadi, mengatakan, Provinsi Lampung peringkat terbawah vaksinasi nasional. Percepatan vaksinasi di Tanggamus terkendala tenaga kesehatan serta personel entri data yang kurang.

“Sehingga Polres Tanggamus berharap kepada organisasi-organisasi untuk dapat membantu atau menerjunkan anggotanya, relawan guna bersama-sama dalam mendukung percepatan vaksinasi. Diharapkan melalui dukungan tersebut, percepatan vaksinasi dapat berjalan dengan baik menjangkau seluruh lapisan masyarakat," tegasnya.

4. Ada kendala NIK tak dapat dientri pada sistem vaksinasi

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Polda Lampung dan Polres Lampung SelatanPolres Tanggamus menggandeng sejumlah organisasi masyarakat kepemudaan serta relawan percepatan vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Istimewa).

Kapolres juga menerima berbagai masukan dari ketua organisasi guna perbaikan dan percepatan vaksinasi. Seperti disampaikan Sekretaris Karang Taruna Tanggamus Aris Munandar.

“Di lapangan sering ditemui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak dapat dientri pada sistem vaksinasi.  Terkait NIK, telah kami datakan masyarakat yang belum dapat di entri vaksin yang hasilnya akan diteruskan ke Disdukcapil Tanggamus," ujarnya.

Selain itu, terkait tempat dan meminimalir kerumunan, relawan juga menyampaikan sejumlah saran-saran demi tercapainya percepatan vaksinasi. Dalam konsolidasi dan penyamaan persepsi itu juga diketahui, organisasi-organisasi yang hadir akan mendukung percepatan vaksinasi dengan mengerahkan anggotanya membantu entri data maupun pengaturan vaksinasi.

Baca Juga: Polisi Tanggamus Tempuh Jalan Terjal dan Licin demi Vaksinasi Warga 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya