Comscore Tracker

Gubernur Soroti Rencana Pembangunan Kawasan Industri Way Pisang Lamsel

Seluas 73,4 hektare

Lampung Selatan, IDN Times - Rencana pembangunan Kawasan Industri (KI) Way Pisang di Kabupaten Lampung Selatan, jadi sorotan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Bahkan, orang nomor satu di Provinsi Lampung ini secara khusus menyambangi lokasi seluas 73,4 hektare tersebut, Selasa (4/1/2022).

Lokasi lahan rencana pembangunan itu di Desa Marga Catur Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Arinal mengatakan, melalui KI Way Pisang, akan membangkitkan ekonomi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya ingin ke depan, kita bisa bangkit khususnya Kabupaten Lampung Selatan. Jadi saya berharap kita perlu kerjasama yang maksimal dalam membahas ini,” ujar gubernur.

Baca Juga: Melongok Wisata Kebun Edukasi Kalianda, Kini jadi Magnet Milenial

1. Geografis Lampung Selatan cukup strategis

Gubernur Soroti Rencana Pembangunan Kawasan Industri Way Pisang LamselMenara Siger di Kabupaten Lampung Selatan. (IDN Times/Istimewa).

Menurut Arinal, rencana KI Way Pisang di Kabupaten Lampung Selatan memiliki lokasi yang cukup strategis. Secara geografis, kabupaten setempat posisi yang sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan Ibu Kota Provinsi Lampung dan Pulau Jawa salah satunya DKI Jakarta.

Selain itu, terdapat infrastruktur pendukung, seperti jalan Tol Lampung – Palembang, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Bakauheni, Bandara Radin Inten II, serta dukungan energi listrik, karena terdapat PLTU Tarahan. “Nanti kita akan terus lakukan pembahasan bersama, yang paling penting ini sudah disiapkan untuk kawasan industri,” katanya.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menjelaskan, lahan alternatif pembangunan Kawasan Industri Way Pisang akses dari pintu tol Kalianda 12 kilometer dan 10 kilometer dari Jalan Lintas Trans Sumatera. Kondisi eksisting tanah berupa pertanian lahan kering.

2. Jadi kawasan industri prioritas nasional

Gubernur Soroti Rencana Pembangunan Kawasan Industri Way Pisang Lamselkawasanindustri.net

Kawasan Industri Way Pisang ini masuk menjadi salah satu Kawasan Industri Prioritas Nasional berdasarkan RPJMN 2020-2024. “Program ini sudah tercatat dan sudah pernah dikunjungi oleh Presiden, jadi mungkin tidak akan mundur dari wilayah Lampung Selatan,” ujarnya.

Arinal berharap kehadiran KI Way Pisang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. “Apa pun gerak bisnisnya KI itu, Lampung Selatan juga bisa menikmati,” katanya.

3. Lampung bakal miliki terminal agribisnis

Gubernur Soroti Rencana Pembangunan Kawasan Industri Way Pisang LamselThespruce.com

Selain Kawasan Industri Way Pisang, ada juga Kawasan Industri Tanggamus, Kawasan Industri Terpadu Pesawaran, dan Kawasan Industri Katibung Lampung Selatan.

Gubernur menyatakan, Provinsi Lampung ke depan akan memiliki Terminal Agribisnis yang dapat menjadi penyangga kebutuhan bagi daerah lainnya seperti Banten dan DKI Jakarta. “Tapi prosesnya cukup panjang, nanti kita akan bahas bersama. Yang penting kita siapkan dulu kawasan industrinya,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Nanang Rogoh Kocek Pribadi Rp20 Juta demi Air Terjun Way Kalam

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya