Diusung PDIP Pilkada Lamteng, Loekman Yakin Gerindra Ikut Dukung

PDIP keluarkan surat rekomendasi bakal calon kepala daerah

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mengeluarkan surat rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah (Balon Kada) Kabupaten Lampung Tengah dan Pesisir Barat, Jumat (17/7/2020).

"Penugasan bakal calon kepala daerah tahap kedua ini diberikan DPP PDIP kepada  kepada Loekman Djoyosoemarto dan wakilnya M Ilyas Hayani Muda, untuk di Lampung Tengah. Untuk Kabupaten Pesisir Barat surat rekomendasi bakal calon kepala daerah diberikan DPP PDIP kepada pasangan Pieter dan wakilnya Fahrurrazi," kata Sekretaris DPD PDIP Lampung, Mingrum Gumay dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, rekomendasi yang dikeluarkan untuk kedua bakal calon kepala daerah tersebut merupakan kebijakan penuh DPP PDIP. Tahap kedua ini partai secara resmi mengumumkan 45 pasangan calon kepala daerah guna bertarung di Pilkada serentak 2020 secara virtual.

1. Ada tahap III rekomendasi

Diusung PDIP Pilkada Lamteng, Loekman Yakin Gerindra Ikut DukungPDI Perjuangan umumkan 45 bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 (Dok. IDN Times/PDI Perjuangan)

Sekretaris DPD PDIP Lampung, Mingrum Gumay mengatakan, daerah lainnya di Provinsi Lampung yang melakukan Pilkada serentak yaitu, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Way Kanan, Pesawaran, dan Lampung Timur masih dalam pembahasan surat rekomendasi. Dalam waktu dekat akan diberitahu oleh DPP.  “Ya nanti ada tahap III. Jadi tahap I kita sudah keluarkan rekomendasi untuk Kota Metro dan tahap II ini untuk Lampung Tengah dan Pesisir Barat," jelasnya.

Ia menegaskan, menentukan siapa yang akan maju dalam pilkada serentak, partainya memiliki parameter tersendiri. Pertama, yakni ketokohan dari pasangan calon, kemudian survei yang berbasis basis data dan lainnya.

"Namun yang perlu diyakini bahwa yang akan direkomendasi oleh DPP adalah petugas partai dan kader terbaiknya sebab kami tahu persis variabelnya," ujarnya.

Baca Juga: Pesan Megawati ke Jokowi: Jangan Takut, Indonesia Negara Kaya

2. Selain PDIP, Loekman Djoyosoemarto hampir pasti dapat dukungan dari Gerindra

Diusung PDIP Pilkada Lamteng, Loekman Yakin Gerindra Ikut DukungLogo Gerindra. pemilu.com

Bakal calon kepala daerah Kabupaten Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto mengucapkan terima kasih atas surat rekomendasi untuk dapat maju pada pilkada serentak 2020. Dia mengakui, selain PDIP, pihaknya pun sudah hampir pasti mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra.

Sementara Balon Kada Kabupaten Pesisir Barat Pieter menjelaskan, mendapatkan rekomendasi dari PDIP berarti pihaknya telah mengantongi lima kursi yang sudah cukup menjadi syarat untuk pencalonan.

"Sebenarnya dengan lima kursi kita sudah cukup mencalonkan diri, tapi ada beberapa partai yang ingin berkoalisi seperti Perindo dan Partai Bulan Bintang (PBB), dan mungkin juga Demokrat yang saat ini sedang dalam tahap musyawarah," jelasnya.

3. Golkar keluarkan dua surat rekomendasi

Diusung PDIP Pilkada Lamteng, Loekman Yakin Gerindra Ikut DukungMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA News/Jakarta, Jumat (6/3/2020). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

DPD Golkar Provinsi Lampung secara resmi mengumumkan rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah di Kabupatan Way Kanan dan Lampung Selatan. Di Kabupaten Way Kanan, parti berlambang pohon beringin ini mengeluarkan surat rekomendasi calon bupati dan wakil bupati Raden Adipati Surya-Edward Antoni. Di Lampung Selatan pengesahan pasangan calon bupati dan wakil bupati Tony Eka Candra-Antoni Imam.

Surat rekomendasi tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto di kantor DPP Golkar, Jalan Angrek Nuri, Jakarta Barat, Minggu (12/7/2020). Sekretaris DPD Golkar Lampung Ismet Roni menuturkan, rekomendasi tersebut resmi dan tidak akan berubah.

Terkait rekomendasi daerah lainnya, Ismet mengatakan, masih dalam proses. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat," jelasnya.

Baca Juga: KPU Sedia Situs untuk Warga Cek Terdaftar Sebagai Pemilih Pilkada 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya