1 Dosen Baru dan 1 Calon Mahasiswa Baru Itera Positif COVID-19? 

Rektorat angkat bicara terkait hal tersebut

Bandar Lampung, IDN Times – Satu dosen baru dan satu calon mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (Itera) terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak rektorat saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (27/8/2020) sore membenarkan hal tersebut.

Humas Itera, Rudiyansyah, mengatakan, satu dosen baru Itera positif terpapar COVID-19 belum aktif berkegiatan di kampus. Dosen itu terdeteksi lebih dini positif COVID-19 pascakampus ini memberlakukan protokol kesehatan melalui rapid test terhadap para calon dosen baru sebelum memasuki kampus. 

“Dari seluruh calon dosen yang dilakukan rapid test pada 18 Agustus 2020, terdapat satu dosen baru yang berasal dari Sumatera Selatan yang hasil rapid testnya reaktif COVID-19. Sehingga yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan menjalani tes swab,” papar Rudi, sapaan akrab pria ini.

1. Dosen baru orang tanpa gejala

1 Dosen Baru dan 1 Calon Mahasiswa Baru Itera Positif COVID-19? pixabay.com

Dari hasil test swab dosen baru Itera yang terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG). Dosen tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Sakit Bandar Negara Husada, Lampung Selatan.

“Kami melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) senantiasa memantau perkembangan dosen baru tersebut. Kami juga tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung,” ujar Rudi.

Ia memastikan, dosen baru yang positif terpapar COVID-19 belum beraktivitas di dalam lingkungan kampus. Meski demikian, Itera tetap melakukan tracking dan hanya mendapatkan satu pegawai yang pernah bertemu dengan dosen baru tersebut.

“Itera telah meminta satu pegawai yang berinteraksi tersebut langsung melakukan karantina mandiri, dan akan segera melakukan rapid test kepada yang bersangkutan,” papar Rudi.

Baca Juga: Itera Pilot Project Ujian Seleksi Mandiri Berbasis Komputer 

2. Calon mahasiswa baru jalani isolasi di rumah sakit

1 Dosen Baru dan 1 Calon Mahasiswa Baru Itera Positif COVID-19? Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Terkait satu calon mahasiswa baru Itera terkonfirmasi positif COVID-19, diketahui setelah kampus ini secara ketat memberlakukan protokol pencegahan COVID-19 yaitu wajib rapid test kepada seluruh calon mahasiswa baru. Kebijakan itu dilakukan sebelum memasuki lingkungan kampus untuk melakukan verifikasi berkas setelah diterima sebagai calon mahasiswa baru. 

Humas Itera, Rudiyansyah, mengatakan, hasil rapid test calon mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri di luar kampus, terdapat tiga calon mahasiswa baru dari luar Provinsi Lampung melaporkan hasil rapid testnya reaktif kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Sesuai SOP, tiga calon mahasiswa  tersebut diminta untuk isolasi mandiri, dan melakukan tes swab  dengan tetap dipantau oleh tim BPAKB Itera.

Dari hasil tes swab ketiga calon mahasiswa baru tersebut, diketahui terdapat satu calon mahasiswa baru Itera yang positif terpapar COVID-19 sebagai orang tanpa gejala. Sementara dua calon mahasiswa baru dinyatakan negatif COVID-19.

“Dengan berkoordinasi dengan tim gugus tugas, calon mahasiswa baru yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut segera ditangani sesuai protokol. Ia kini menjalani isolasi di RS. Airan, Lampung Selatan,” ujar Rudi.

3. Itera ketat berlakukan protokol kesehatan pencegahan COVID-19

1 Dosen Baru dan 1 Calon Mahasiswa Baru Itera Positif COVID-19? Itera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 ketat di lingkungan kampus. (IDN TImes/Istimewa)

Itera menyatakan memberlakukan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat di lingkungan kampus. Merujuk hal itu, kampus ini dapat mendeteksi secara dini orang-orang yang terpapar COVID-19 sebelum mereka beraktivitas di kampus dan berinteraksi dengan sivitas akademika.

“Langkah ini agar tidak mengganggu aktivitas di lingkungan kampus. Perlu disampaikan, saat ini seluruh mahasiswa aktif Iterauga masih dalam masa libur semester, dan akan menjalankan perkuliahan secara daring di awal September mendatang,” tegas Rudi.

Ia menambahkan, Itera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) akan memantau perkembangan dosen baru dan calon mahasiswa baru Itera dan mendukung mereka hingga sehat dan terbebas COVID-19. Sivitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang beraktivitas di kampus mematuhi standar operasional prosedur (SOP) pencegahan COVID-19 yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Keren! Itera Jadi Kampus Pertama Hasilkan Energi Listrik Terbesar 1MWp

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya