TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Vaksinasi COVID-19 di RSUD Abdul Moeloek Picu Kerumunan

Imbas vaksin langka?

Pelaksanaan vaksinasi di RSUD Abdoel Moeloek picu kerumunan (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Bandar Lampung, IDN Times - Pelaksanakan program vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H Abdul Moeloek, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung tuai polemik. Pasalnya, kegiatan tersebut memicu kerumunan.

Itu lantaran tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19. Berdasarkan pantauan IDN Times di pelataran Gedung Instalasi Rawat RSUD Abdul Moeloek, Selasa (10/8/2021), terlihat antrean tak berjarak kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan, ratusan masyarakat yang datang hendak melaksanakan vaksinasi COVID-19 merupakan warga berdomisili Kota Bandar Lampung. Itu menyusul selebaran beredar menyebutkan RSUD Abdul Moeloek membuka pelayanan vaksin dosis ke-2 bagi masyarakat umum berusia 12 tahun ke atas.

1. Akui kelangkaan vaksin di Kota Bandar Lampung

Pelaksanaan vaksinasi di RSUD Abdoel Moeloek picu kerumunan (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Munculnya kerumunan pelaksanaan kegiatan vaksin tersebut, tak lepas akibat kelangkaan vaksin COVID-19 di Provinsi Lampung, hal itu ikut diamini oleh Kusuma Mintarto (42), warga Kelurahan Jaga Baya, Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung.

Kusuma mengatakan, sempat khawatir dan terpaksa harus hadir dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut. Terlebih, penyuntikan vaksin dosis kedua sudah memasuki waktu penjadwalan.

"Iya ini vaksin kedua, kemarin tahap pertamanya juga di sini (RSUD Abdul Moeloek). Mau gak mau ya harus ke sini apalagi vaksin di mana-mana semua lagi susah," ujar dia.

Baca Juga: Eva Dwiana: 40 Persen Warga Bandar Lampung Sudah Divaksin

2. Sulitnya mendapat akses vaksinasi

Pelaksanaan vaksinasi di RSUD Abdoel Moeloek picu kerumunan (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Hal serupa disampaikan Aries Wayhu Prayuda (32), peserta vaksinasi warga dari Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Pasalnya, sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta sangat sulit mendapatkan akses vaksinasi COVID-19.

Kendati kabar baik pun datang, dari sang adik berprofesi tenaga kesehatan (nakes) RSUD Abdul Moeloek, ia menyampaikan salah satu rumah sakit plat merah tersebut menggelar vaksinasi.

"Kebetulan adik kerja di sini, kasih info ada vaksin, tapi ya tetap saya mengikuti prosedur peserta vaksinasi seperti masyarakat umum lainnya. Artinya, gak ada perlakuan khusus," katanya

3. Segera lakukan evaluasi, 400 orang per hari

Pelaksanaan vaksinasi di RSUD Abdoel Moeloek picu kerumunan (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ketua Tim Vaksinator RSUD Abdul Moeloek, dr Among Sari mengatakan, pihaknya bakal segara melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut, sehingga nantinya dapat meminimalisir antrean peserta vaksin.

"Kita cukup terkejut dengan antusias masyarakat ini, sebab pengumuman vaksin umum ini baru kita share subuh tadi. Tapi ternyata antusias warga sangat luar biasa," ucapnya

Menurutnya, untuk saat ini vaksinasi di RSUD Abdul Moeloek hanya melayani 400 orang per hari, dan berlangsung Senin-Sabtu. "Minggu ini kemungkinan pendaftaran masih offline, tapi kedepan kita bakal lakukan secara online," sambung dia.

4. Menyiapkan 5.000 dosis vaksin

Pelaksanaan vaksinasi di RSUD Abdoel Moeloek picu kerumunan (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam pelaksanaannya, Among menjelaskan, kegiatan vaksinasi berlangsung setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Terkecuali, pada Jumat dilaksanakan hingga pukul 11.00 WIB.

"Kuota 400 orang per hari ini untuk penyuntikan vaksin tahap 1 dan 2. Pelaksanaannya mudah-mudahan bisa seterusnya, selama stok vaksin kita masih ada," terangnya.

Disinggung terkait stok vaksin di RSUD Abdul Moeloek, Among menyebut, kini pihaknya menyiapkan kurang lebih sebanyak 5.000 dosis. "Selanjutnya mudah-mudahan akan ada droping lanjutan dari dinas provinsi, tapi biasanya saat vaksin habis maka langsung ada droping vaksin dari Dinkes," tandas dia.

Baca Juga: [BREAKING] Duh! 6 Daerah di Lampung Berlaku PPKM Level 4 hingga 23 Agustus

Berita Terkini Lainnya