TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hasil E-rekap KPU Bandar Lampung Selesai, Eva Dwiana Tetap Unggul 

Partisipasi pemilih Bandar Lampung mencapai 69 persen

Ilustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

Bandar Lampung, IDN Times - KPU  Kota Bandar Lampung sudah menerima 100 persen data dari 1.700 Tempat Pemungutan Suara (TPS), melalui aplikasi elektronik rekapitulasi gerbang demokrasi (E-rekap). Dari data seluruh TPS di Bandar lampung itu, pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Eva Dwiana-Deddy Amarullah tetap unggul. 

Berdasarkan data E-rekap pada Jumat (11/12/2020) pukul 07.00 WIB, partisipasi pemilih di Pilkada Bandar Lampung adalah 447.759 atau 69 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi menjelaskan, E-rekap merupakan aplikasi produk KPU  Kota Bandar Lampung. "Pengiriman ke server kantor KPU  kota oleh PPS setelah mengumpulkan hasil dari setiap TPS dari 126 kelurahan se-Bandar Lampung,” kata dia, hari ini.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Bandar Lampung akan Dipimpin Wali Kota Perempuan

2. Ini hasil lengkap E-rekap ketiga paslon Pilkada Serentak 2020 di Bandar Lampung

IDN Times/Istimewa

Paslon Eva Dwiana-Deddy Amarullah berhasil meraup 57,35 persen suara. Sementara di posisi kedua didudukui paslon nomor urut 2, M Yusuf Kohar-Tulus Purnomo dengan raupan 21,38 persen.

Di posisi ketiga ada paslon Rycko Menoza-Johan Sulaiman. Pasangan dengan nomor urut 3 ini hanya mengumpulkan 21,26 persen suara, berdasarkan data yang diakses dari E-rekap.

2. E-rekap bukan hasil resmi

Aplikasi Sirekap. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Lebih lanjut Dedy menjelaskan E-rekap ini merupakan bentuk transparansi dan  akuntabilitas kinerja KPU  Bandar Lampung. Meski demikian, e-Rekap bukanlah hasil resmi karena berdasarkan regulasi bahwa rekapitulasi dilakukan secara berjenjang. 

"E-rekap dari aplikasi gerbang demokrasi ini real count dari 1.700 TPS sebagai transparansi & akuntablitas KPU kota dalam proses penghitungan suara 9 Desember lalu" Ujarnya.

Baca Juga: Cerita KPPS Bandar Lampung Bikin Dekorasi Unik di TPS demi Gaet Pemilih

Berita Terkini Lainnya