TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kerugian Kebakaran di Bandar Lampung 2023 Nyaris Rp6 Miliar

Rekap peristiwa kebakaran di Balam hingga pertengahan 2023

Kebakaran lahan kosong 20 hektare di Jalan Wala Utama, Kampung Ganepo Rt 10 Lk 1, Kelurahan Waylaga, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung.

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan mendata taksiran kerugian peristiwa kebakaran di Bandar Lampung selama 2023 nyaris mencapai Rp6 miliar.

“Menurut data kami kerugian dari kasus kebakaran di Bandar Lampung selama 2023 itu totalnya Rp5.823.100.000. Kerugian paling banyak itu ada di vulan Agustus,” kata Anthoni, Kamis (7/9/2023).

Ia menjelaskan, kerugian terbesar tersebut dialami oleh panglong kayu milik Oswald di Kecamatan Sukarame. Meski tak ada korban jiwa, Oswald kehilangan 350 kubuk kayu dan mobilnya dalam kebakaran itu dan membuatnya merugi sekitar Rp2 miliar.

Baca Juga: Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di BKP Kemiling Terbakar

1. Terdapat 114 peristiwa kebakaran sejak Januari hingga September 2023

Warga Jalan Onta Gg. Babem, Sukamenanti, Kedaton, Kota Bandar Lampung digegerkan peristiwa kebakaran menghanguskan satu unit rumah semi permanen. (Dok. BPBD Bandar Lampung).

Anthoni menyebutkan, sejak Januari hingga 4 September 2023 telah terjadi sebanyak 114 peristiwa kebakaran. Kasus terbanyak adalah kebakaran lahan 51 kasus dan bangunan penduduk 35 kasus.

“Kalau dari penyebabnya itu terbanyak ada dari korsleting listrik sebanyak 40 kasus dan lain-lain itu ada 120 kasus. Biasanya kasus yang belum diketahui atau masih lidik polisi itu juga masuk ke lain-lain,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kebakaran akibat kompor ada dua kasus, akibat lampu dan rokok nol kasus. Pendataan mengenai akibat kebakaran ini juga terus diupdate jika telah ada hasil penyelidikan dari kepolisian mengenai penyebab kebakaran.

2. Terdapat 8 korban peristiwa kebakaran 2023

Kebakaran Mess Grand Mercure. (IDN Times/Istimewa)

Untuk jumlah korban, Anthoni menyebutkan total ada 8 korban dalam peristiwa kebakaran selama 2023. Korban ini dibagi menjadi dua kategori yakni korban terluka dan korban meninggal.

“Baik korban terluka saja maupun korban meninggal kami catat juga. Kalau korban meninggal itu ada 4 orang, dan korban terluka sama ada 4 orang juga,” katanya.

Anthoni menjelaskan, korban meninggal adalah korban pada peristiwa kebakaran di bangunan semi permanen Way Halim Maret 2023 lalu, menewaskan seorang ibu dan anaknya, serta tetangganya.

“Yang satu lagi adalah korban meninggal kebakaran di gudang BBM Kemiling. Saat kebakaran korban sempat dilarikan ke rumah sakit, namun ternyata tak tertolong,” imbuhnya.

3. 43 rumah hangus terbakar dalam kebakaran

Kebakaran di Perumahan Citraland. (IDN Times/Istimewa)

Untuk jumlah dan jenis barang terbakar, ia memaparkan, total ada 43 bangunan milik penduduk (rumah) dan 11 bangunan industri terbakar selama 2023.

“Kalau bangunan umum itu ada 4 bangunan, masing-masing peristiwa di bulan Februari, April, Mei, dan Juli. Kendaraan yang terbakar ada 13 unit, dan lainnya ada 84,” terangnya.

Sedangkan jumlah luas daerah terbakar secara keseluruhan mencapai 175.065 meter persegi. Terluas adalah kebakaran selama Agustus 2023 yakni mencapai 108.399 meter persegi.

Baca Juga: Lahan Satu Hektare di Perumahan Elite Citraland Terbakar

Berita Terkini Lainnya