Dirut BPJS Ketenagakerjaan Sapa Pedagang dan Pekerja Difabel Lampung

Momentum Harpelnas 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Hari Pelanggan Nasional 2023 jadi momentum BPJS Ketenagakerjaan mempererat hubungan dengan para peserta merupakan para pekerja dari seluruh jenis profesi. Di Lampung secara khusus Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyapa langsung pedagang Pasar Way Halim Bandar Lampung dan pekerja difabel, Rabu (6/9/2023).

“Saya secara khusus pagi ini mengunjungi Pasar Way Halim di Lampung untuk menyapa dan berinteraksi dengan para pekerja khususnya para pedagang sedang beraktifitas. Pertama adalah saya atas nama pribadi dan juga BPJS Ketenagakerjaan mengucapkan Selamat Hari Pelanggan Nasional Tahun 2023 kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan di seluruh penjuru tanah air,” ujar Anggoro.

1. Ingin dengar langsung pendapat masyarakat

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Sapa Pedagang dan Pekerja Difabel LampungDirektur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyapa langsung pedagang Pasar Way Halim Bandar Lampung dan pekerja difabel, Rabu (6/9/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Anggoro menjelaskan, tema Harpelnas tahun ini adalah "Kemudahan Layanan, Prioritas Kami". Merujuk tema itu ia ingin mendengar langsung, apakah layanan maksimal sudah diberikan BPJS Ketenagakerjaan selama ini sudah benar terasa oleh seluruh peserta.

“BPJS Ketenagakerjaan selalu berkomitmen untuk memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta. Mulai dari informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga saat peserta menerima hak manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan,” tambahnya.

Diketahui, untuk menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.

2. Dirut disambangi anak penerima manfaat

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Sapa Pedagang dan Pekerja Difabel LampungDirektur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyapa langsung pedagang Pasar Way Halim Bandar Lampung dan pekerja difabel, Rabu (6/9/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Saat blusukan ke Pasar Way Halim seorang remaja bernama Cila merupakan anak penerima manfaat beasiswa pendidikan BPJS Ketenagakerjaan, secara khusus menghampiri rombongan Anggoro. Tujuannya, mengucapkan terima kasih atas manfaat yang dirasakannya.

“Saya berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, walaupun kehilangan orang tua (meninggal dunia), tapi orang tua saya memiliki jaminan. Saya dan kakak saya dapat melanjutkan sekolah, bahkan saat ini kakak saya sudah bekerja,” tutur Cila.

Mendengar ucapan terima kasih yang tulus dari Cila, Anggoro mendorong agar pekerja semakin sadar akan risiko yang mungkin timbul dari pekerjaannya.

“Ini adalah bukti negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja dan keluarganya dapat bekerja dengan aman dan hidup sejahtera. Meski tak dapat menggantikan kehadiran orang tersayang, namun kami berharap manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dapat membantu keluarga melanjutkan hidupnya dengan layak dan bebas cemas,” terang Anggoro.

3. Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Sapa Pedagang dan Pekerja Difabel LampungDirektur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyapa langsung pedagang Pasar Way Halim Bandar Lampung dan pekerja difabel, Rabu (6/9/2023). (IDN Times/Martin L Tobing).

Selanjutnya, setelah menemui pedagang di pasar, Anggoro melanjutkan kunjungannya untuk bertemu dengan para pekerja dari komunitas disabilitas bernama Lubico ada di Lampung. Dirinya memanfaatkan pertemuan itu untuk mendengarkan kisah dan perjalanan hidup kaum disabilitas tetap produktif walaupun memiliki keterbatasan fisik.

Anggoro mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat untuk terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa "Kerja Keras Bebas Cemas". Pihaknya juga memastikan BPJS Ketenagakerjaan selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati.

“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2023, semoga dengan beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini, hubungan peserta akan semakin erat dengan BPJS Ketenagakerjaan dan berujung pada kesadaran diri yang tinggi untuk memastikan diri dan seluruh orang-orang terdekatnya sudah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” tutup Anggoro.

Ia menambahkan, saat ini seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan baru lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas. Selain itu di sektor digital BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan di mana saja.

4. Sosialisasi bakal terus dilakukan

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Sapa Pedagang dan Pekerja Difabel LampungHari Pelanggan Nasional 2023 jadi momentum BPJS Ketenagakerjaan mempererat hubungan dengan para peserta merupakan para pekerja dari seluruh jenis profesi. (IDN Times/Martin L Tobing).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung Sulistijo Nisita Wiryawan mengatakan, target kepesertaan Lampung sebanyak 465.000 orang pada 2023.

"Sekarang yang sudah terakusisi sebanyak 372.000 atau 80,1 persen, ini masih jadi pekerjaan rumah kami agar bisa mencapai 100 persen, sehingga yang kami lakukan yakni memberikan edukasi kepada pekerja formal dan informal," kata dia.

Ia pun mengatakan, ke depan kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada pedagang pasar ini akan terus dilakukan dengan menyasar pasar-pasar tradisional lainnya.

"Bisa dilihat masyarakat di pasar langsung daftar dan mulai paham program BPJS Ketenagakerjaan. Maka kegiatan edukasi ke bukan penerima upah (BPU) ini akan diagaendakan melihat animo dan pedagang. Karena pedaganag pasar perlu edukasi sebab selama ini yang hanya dikenal adalah BPJS Kesehatan," kata dia.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Ingin Membumikan Layanan ke Masyarakat Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya