Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di BKP Kemiling Terbakar

Pemadaman berlangsung dua jam

Bandar Lampung, IDN Times - Lahan alang-alang seluas kurang lebih empat hektare di Jalan Perum Bukit Kemiling Permai (BKP), Kemiling Permai, Kemiling, Bandar Lampung terbakar, Selasa (5/9/2023).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan ketika dihubungi IDN Times.

“Benar, yang terbakar ini lahan alang-alang di BKP atau depan SMPN 28 Bandar Lampung. Kami menerima laporan dari salah seorang warga atas nama Pak Farhan sekitar pukul 12.57 siang tadi,” katanya, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Rumah di Bandar Lampung Dilalap Si Jago Merah, Kerugian Rp500 Juta!

1. Kronologi kejadian

Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di BKP Kemiling TerbakarKebakaran di BKP Kemiling. (IDN Times/Istimewa)

Anthoni menjelaskan, setelah pihaknya mendapat laporan sekitar pukul satu siang, tim pemadam kebakaran langsung menuju lokasi untuk memadamkan api dan berhasil dipadamkan pada pukul 15.05 WIB.

“Alhamdulillah pemadaman sudah selesai dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB. Pemiliknya juga bukan warga sekitar atau perorangan tapi milik Perumnas BKP,” ungkapnya.

Saat terjadi kebakaran, Anthoni juga mengatakan tidak ada warga di sekitar lahan alang-alang terbakar tersebut sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 

2. Penyebab masih diselidiki polisi

Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di BKP Kemiling TerbakarKebakaran di BKP Kemiling. (IDN Times/Istimewa)

Terkait penyebab kebakaran Anthoni mengatakan, masih penyelidikan kepolisian. Namun pihaknya menduga kebakaran ini terjadi akibat puntung rokok, suhu panas, atau sumber api lain. 

“Kalau penyebabnya masih dalam lidik polisi. Ya kemungkinan bisa saja dari puntung rokok atau sumber api, karena menurut beberapa kasus alang-alang seperti ini memang mudah sekali terbakar,” katanya.

Anthoni mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap sumber api maupun sumber listrik di rumah khususnya dimusim kemarau seperti ini.

“Buang puntung rokok juga pastikan diinjak. Maksudnya harus benar-benar mati. Jangan buang ke semak-semak tapi buang saja ke tanah. Karena musim kemarau seperti ini daun ilalang itu kering, kandungan airnya sedikit jadi pasti mudah terbakar,” paparnya.

3. Pemadaman menghabiskan 7 tangki air

Lagi! Lahan Seluas 4 Hektare di BKP Kemiling TerbakarKebakaran di BKP Kemiling. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pemadaman kali ini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung mengerahkan sebanyak 19 personel ke lapangan.

Sedangkan untuk unit mobilnya sebanyak empat armada yakni Unit Mobil Supply Pos Siaga Sukarame, Karba Pos Siaga Kemiling, Supply Pos Siaga Langkapura, dan Karba Pos Siaga TKB.

“Untuk proses pemadamannya tadi kita menghabiskan sekitar 7 tangki air,” kata Anthoni. 

Baca Juga: Lahan Satu Hektare di Perumahan Elite Citraland Terbakar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya