Comscore Tracker

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!

Kira-kira dia suka sama kamu gak yah?

ENFP (Extroverted, Intuitive, Feeling, dan Perceiving) merupakan salah satu kepribadian Myers Brigg yang paling tidak biasa. Kombinasi dari ekstrovert, intuitif, perasaan dan persepsi adalah tipe kepribadian yang bagus untuk dijadikan teman atau pasangan romantis. 

Terkadang sulit untuk mengetahui sikap ENFP ketika menyukai seseorang, karena pada umumnya para ENFP memiliki kepribadian yang cukup ramah, supel, dan genit dengan orang lain, bahkan jika mereka tidak menyukai mereka secara romantis. Namun tetap saja ada hal-hal kecil yang biasanya ENFP lakukan ketika ia menyukai seseorang.

Untuk mengetahuinya, simak beberapa tanda para kepribadian ENFP ketika menyukai seseorang, biar kamu gak penasaran, langsung saja check it out!

1. Mengajak ngobrol terlebih dahulu

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi pria dan wanita sedang ngobrol (freepik.com/nensuria)

ENFP  dapat berbicara dengan mudah dan tidak malu dalam percakapan jika memang ia menyukaimu. Mereka akan langsung datang dan mulai mengobrol tanpa berbasa-basi. Mereka berusaha keras dalam percakapan dan ingin mendiskusikan topik menarik, abstrak, dan kreatif dengan orang paling mereka sukai.

Jadi, jika kamu adalah orang pertama diajak bicara oleh ENFP mengenai percakapan bermakna, kemungkinan besar, mereka menyukaimu. Namun dibalik sifatnya yang sangat pandai memahami perasaan orang lain dan membuat nyaman orang di sekitarnya, inilah sebab mengapa mereka sering dikatakan menunjukkan tanda-tanda ketertarikan walau sebenarnya bukan niat mereka.

2. Flirting secara blak-blakan

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita dan pria nge-date(pexels.com/mizunokozuki)

Tipe kepribadian ENFP ini dikenal sedikit genit. Ini sangat berkaitan dengan fakta mereka menyukai percakapan dan membuat orang lain tertawa. Namun, jika mereka sangat menyukaimu, mereka akan sering menggoda.

Mereka akan berusaha untuk tersenyum, mendekat, dan bahkan menyentuh, asalkan kamu terlihat cukup nyaman bagi mereka untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Tanda Pria Beristri Menggodamu untuk Jadi Selingkuhannya, Hati-hati!

3. Perubahan dalam kepercayaan diri

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita dan pria (unsplash.com/itsmiki5)

Jika kamu penasaran dengan sikap ENFP kerap dirasakan tarik ulur, coba perhatikan dan rasakan perubahan dalam kepercayaan diri mereka ketika berada di sekitarmu.
Kebanyakan ENFP bisa malu di sekitar orang yang mereka sukai, namun ada juga saat dimana mereka akan sangat percaya diri dan menunjukkan tanda-tanda ketertarikannya.

Inilah sebabnya sedikit rumit untuk membaca seorang ENFP. Pada umumnya seorang ENFP akan tetap percaya diri di sekitar mereka tidak memiliki minat romantis terhadapnya atau begitupun sebaliknya. Tetapi dengan orang yang mereka sukai akan terlihat berbeda.

Suatu saat mereka akan terlihat genit dan percaya diri di sekitar orang yang mereka sukai, dan hari berikutnya, mereka akan menjadi pemalu, gugup, dan terkadang bahkan murung. Oleh karena itu, perubahan kepercayaan diri itu sangat penting untuk diketahui olehmu apakah seorang ENFP menyukaimu atau tidak.

4. Melibatkanmu dalam kegiatan ia minati

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi pria dan wanita (freepik.com/tirachardz)

Tingkat kemandirian, karisma, dan kreativitas yang tinggi pada ENFP sering kali mendorong mereka untuk terlibat dalam berbagai aktivitas. Misalnya, mereka bisa makan siang bersama teman-teman di pagi hari, dan kegiatan selanjutnya mereka bisa saja beraktivitas mendaki pegunungan.

Diketahui juga ENFP lebih suka terlibat dalam beberapa aktivitas ini sendirian karena keinginan kuat mereka untuk mandiri. Jika ternyata kamu diundang untuk terlibat dalam kegiatan ini, itu pertanda baik bahwa kamu bisa saja disukai olehnya. 

5. Banyak bertanya tentangmu

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita memperhatikann seseorang (pexels.com/jepgambardella)

Mereka akan mengajukan pertanyaan pribadi kepadamu jika ia tertarik padamu. ENFP selalu membuat titik untuk terhubung dengan orang yang mereka minati. Tidak akan sulit untuk mengetahui apakah mereka mencoba untuk mengenalmu lebih baik.

Mereka mungkin akan menjadi orang yang menggali lebih dalam saat kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Mereka ingin mengetahui detailnya, mengapa kamu sangat mencintai sesuatu dan apa yang akan kamu lakukan dalam hidup. ENFP akan mencari tahu lebih banyak tentang orang yang sangat mereka sukai.

Baca Juga: 5 Hal Menandakan Hatimu Masih Bercabang ke Mantan, Masih Cinta?

6. Memberikan pujian

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita dan pria (unsplash.com/priscilladupreez)

Tipe kepribadian ini tidak terlalu pemalu dalam melemparkan pujian, terutama kepada orang mereka benar-benar sukai. Mereka pasti akan memuji penampilan, dan hal-hal penting lainnya seperti kepribadian, selera humor dan hal-hal lain mereka dapatkan dari mengamati atau berkomunikasi denganmu. Mereka akan selalu menggali lebih dalam jika mereka menyukai sesuatu .

7. Mereka akan banyak tertawa

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi pria dan wanita (freepik.com/tirachardz)

Rahasia ENFP ketika mereka menyukai seseorang adalah mereka banyak tertawa di sekitar orang yang mereka sukai. Beberapa ENFP telah mengkonfirmasi mereka cenderung tertawa dan tersenyum cukup sering ketika berada di sekitar orang mereka sukai.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, seperti gugup dan mencoba untuk menertawakan kegugupan itu. Mereka juga bisa merasa nyaman di sekitar orang yang disukai, oleh sebab itu mereka bisa bersenang-senang dengan mudah. 

8. Mencoba membuat lelucon

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita dan pria (unsplash.com/jaredsluyter)

Tipe kepribadian ini cukup terkenal karena membuat lelucon dan membuat orang lain tertawa, tetapi mereka akan berusaha lebih keras jika mereka berada di sekitar orang yang mereka sukai.

Seseorang memiliki kepribadian ENFP suka melihat orang mereka sukai tertawa karena ini dapat memenuhi kepuasan mereka lewat kegembiraan orang lain. Mereka akan mencoba tidak hanya membuat orang yang disukainya tertawa, tetapi juga membuat orang yang disukai ikut bercanda dengan mereka. Jika tipe kepribadian ENFP menyukaimu, mereka mungkin akan menjadikanmu bahan lelucon mereka dengan cara yang baik.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Cewek Mandiri, Gak Gampang Bergantung ke Pacar

9. Mencoba mencuri perhatian

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/gustavofring)

Jika mereka menyukaimu, mereka akan menginginkan semua perhatian. Ini juga tidak dilakukan dengan cara yang buruk atau menyebalkan. Mereka akan menemukan cara untuk membuatmu ingin memperhatikan mereka. Perilaku mencari perhatian mungkin dilakukan adalah termasuk membuat lelucon serta membicarakan hal-hal menarik.

10. Menjadi sangat peduli dengan hal-hal kecil

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita memperhatikann seseorang (pexels.com/mentatdgt330508)

Waspadai detail kecil menunjukkan mereka peduli dengan hal-hal kecil yang kamu sampaikan. Ketika seorang ENFP jatuh cinta, mereka akan mencoba membuat orang yang mereka sukai terkesan dengan keterampilan mendengarkan mereka.

Mereka akan memberi perhatian ekstra pada semua kamu ceritakan dalam percakapan, terutama detail kecil paling tidak terduga. Mereka kemudian akan mengulanginya dalam percakapan selanjutnya untuk membuktikan kepada orang yang disukai bahwa mereka sangat peduli.

11. Mencoba membuat terkesan

11 Tanda Kepribadian ENFP Menyukaimu, Catat!ilustrasi wanita dan pria (unsplash.com/priscilladupreez)

Ciri terkenal dari ENFP adalah mereka mencoba membuat orang mereka sukai terkesan dengan penguasaan pengetahuan mereka. Begitu mereka mulai berbicara tentang subjek dan hal lain yang mereka ketahui, sebaiknya perhatikan mereka.

Mereka juga cenderung menawarkan perspektif berbeda tentang berbagai topik dan situasi untuk memamerkan pikiran analitis yang mereka punya. Ini adalah salah satu cara untuk membuat orang yang disukainya terkesan kepadanya.

Meskipun ENFP selalu bersikap ramah kepada orang lain dan sangat sulit untuk menebak apakah mereka menyukaimu atau tidak, coba perhatikan hal-hal kecil di atas untuk mencari tahu lebih dalam tentang perasaan mereka terhadapmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Pacar Sembunyikan Hubungan Barunya Darimu

Shasya Khairana Photo Community Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya