Comscore Tracker

Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKM

Pertanian perkebunan, dan pariwisata UMKM potensial

Raden Adipati Surya merupakan Bupati Way Kanan periode 2021-2024. Ini periode jabatan kedua diembannya. Periode kedua ini, ia menggandeng Ali Rahman sebagai wakil bupati.

Periode sebelumnya 2016-2020 bersama wakilnya Edward Antony. Berikut IDN Times rangkum perjalanan karier Adipati sapaan akrabnya hingga menjadi orang nomor satu di Kabupatan Way Kanan.

1. Jejak pendidikan

Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKMunsplash.com/terrence thomas

Raden Adipati Surya lahir di Bumi Batu, 15 September 1978. Ia merupakan anak dari Raden Kalbadi  dan Yarna (Ibu). Adipati memulai Pendidikan dasar di SD Negeri 01 Bumi Ratu Blambangan Umpu, kemudian melanjutkan di SMP Xaverius Pahoman Bandar Lampung, lalu melanjutkan pendidikan menengah ke atas di SMU Negeri 3 Bandar Lampung.

Jenjang pendidikan tinggi dilanjutkan di Fakultas Hukum Universitas Jakarta. Setelahnya melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Bandar Lampung Magister Manajemen.

Sebelum terjun didunia politik, ia bekerja di sektor swasta. Ia pernah menduduki jabatan Komisaris PT Dipati Internusa Palembang (2003), Komisaris PT Dipati (2005-2014), dan terakhir sebagai Komisari PT Adipati Ruberindo Utama (2005-2014).

2. Aktif di berbagai organisasi

Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKMBupati Kabupaten Way Kanan, Raden Adipati Surya. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Karier politiknya dimulai 2007. Saat itu ia merupakan Kader Partai Golongan Karya. Karier politiknya mulai bersinar saat menjadi Ketua Komisi DPRD Way Kanan (2009-2014), kemudian menjadi Ketua Fraksi DPRD Way Kanan (2009-2014), Ketua DPRD Way Kanan (2014-2015), dan menjadi Bupati Way Kanan pada periode awal 2015 lalu.

Selain aktif di politik, ia juga aktif di beberapa organisasi politik dan masyarakat. Mulai dari Bendahara Partai Golkar, Ketua KAHMI Kabupaten Way Kanan, Ketua Karate Do Kabupaten Way Kanan, Ketua BPC HIPMI Kabupaten Way Kanan, Ketua DPD KN Kabupaten Way Kanan Way Kanan, Wakil Ketua KADIN Provinsi Lampung.

Organisasi lain digelutinya, Pembina KONI Way Kanan, Pembina Apdesi Way Kanan, Pembina TP PKK Way Kanan, Kamabicab Gerakan Pramuka Way Kanan, Pembina PMI Way Kanan, Ketua MPID DPD KNPI Way Kanan, Ketua Dewan Penasehat PCNU Kabupaten Way Kanan.

Baca Juga: Program Kampus Merdeka, UKM Robotik UBL Bikin Cultivator Pertanian

3. Pernah gagal mengikuti kontestasi politik 2004

Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKMInstagram.com/raden_adipati_surya.

Event live streaming Salam Ramadan Cerita Indonesia' bersama IDN Times, 19 April 2021 lalu, Adipati menjelaskan jabatan diembannya saat ini sejatinya tak memiliki latarbelakang pendidikan ilmu politik. Mengingat, pendidikan Strata 1 ia lulusan ilmu hukum dan ekonomi dan Strata 2 ilmu ekonomi.

Kendati demikian, ia telah menapaki karier di dunia politik sejak 1999. Secara tak langsung ia turut dibesarkan di lingkungan keluarga politik, meskipun kedua orang tuanya merupakan Aparatur Negeri Sipil (ASN).

"Kebetulan orang tua berpolitik meski mereka tidak terjun langsung. Namun dulu ASN era orde baru identik dengan partai tertentu," ucapnya.

Meski kini lebih dikenal sebagi Bupati Kabupaten Way Kanan dua periode, namun Adipati juga pernah gagal mengikuti kontestasi politik di tahun 2004 silam, tepatnya saat mencalonkan diri sebagai calon legislatif.

"Waktu itu, pemenang ditentukan nomor urut, bukan berdasarkan suara terbanyak. Saya merintis ini sudah lama 1999," tukasnya.

4. Periode kedua fokus SDM dan ekonomi

Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKMBupati dan Wakil Bupati Way Kanan, Adipati-Ali Rahman, Jumat (26/2/2021) (IDN Times/Tama Wiguna)

Periode kedua masa kepemimpinan Raden Adipati Surya sebagai Bupati Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung fokus pertumbuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi bagi daerah berslogan Ramik Ragom.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di masa kepemimpinan pemerintahannya di periode kedua kali ini, lebih menitikberatkan SDM dan ekonomi. Pasalnya, ia ingin mempersiapkan generasi penerus Kabupaten Way Kanan akan datang. Tujuannya masyarakat mampu bersaing baik di dalam ataupun luar Provinsi Lampung.

"Ini investasi jangka panjang 10 sampai 15 tahun ke depan. Masalahnya, membangun SDM ini tak mudah seperti mencetak kue ataupun jalan, SDM berkaitan banyak hal mulai pendidikan dan kesehatan," ujar Adipati.

Namun hal itu menurutnya, bukan mustahil dicapai. Mengingat perbaikan sektor pendidikan dan kesehatan, telah ia lakukan sejak masa periode kepemimpinan pertama.

Khusus bidang kesehatan, ia sadar agar tercipta generasi cerdas dan pintar,  kesehatan lingkungan ataupun individu tidak boleh diabaikan. Bahkan, generasi itu terbentuk dari sejak dalam kandungan ibu dan pemenuhan gizi yang tepat. 

"Kemarin (periode pertama menjabat bupati) kita juga banyak membangun jalan, sebab perlintasan di Way Kanan cukup panjang, karena jalan provinsi terpanjang pun berada di sini. Itu semua, sudah kita selesaikan di RPJM pertama," kata Adipati.

5. Bakal gerakkan 6.000 UMKM

Profil Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan Ingin Bangkitkan UMKMInstagram.com/raden_adipati_surya).

Terkait membangkitkan perekonomian di tengah pandemik COVID-19, Adipati bakal menggerakkan 6.000 UMKM. Bidang potensial UMKM di wilayah setempat dapat dikembangkan di antaranya, pertanian perkebunan. Khusus pariwisata, ia mencontohkan, Kabupaten Way Kanan dikenal sebutan 1.000 air terjun.

"Kita punya air terjun Putri Malu, Curup Gangsa, Niagaranya Lampung Curup Kereta, dan banyak lagi. Termasuk pprikanan, sektor-sektor ini lah sasaran dalam waktu tiga tahun ke depan, sampai akhir masa jabatan 2024," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, meski berada di ujung utara Provinsi Lampung dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Selatan. Kabupaten Way Kanan memiliki banyak akses transportasi mulai dari jalur penerbangan, kereta api.

"Bandara Lanud Gatot Subroto milik angkatan darat sudah ada rute Palembang, Way Kanan, dan Radin Inten II (bandara) menggunakan maskapai Susi Air. Sementara kereta api Lampung-Palembang, kita ada tiga sampai empat stasiun, kalaupun darat harus ditempuh lewat lintas tengah," papar Adipati.

Baca Juga: Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya Ingin Gerakkan 6.000 UMKM

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya