Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas, Mudah Dilakukan Kok!

Malas pangkal gagal, lho!

Siapapun pasti punya sisi malas dalam dirinya. Bedanya, sebagian orang membiarkan rasa malas itu menguasainya, sementara sebagian lain memilih untuk melawannya dan menjadikan dirinya orang lebih produktif. Kalian termasuk dalam golongan orang yang mana, nih? 

Sifat malas sejatinya adalah sifat negatif gak boleh kita pelihara. Semakin dibiarkan, maka rasa malas itu akan semakin menjadi-jadi dan menghalangi langkah kita meraih impian. Buat kalian sedang berjuang menepis rasa malas dalam diri, lima cara berikut bisa diterapkan, nih. 

1. Miliki impian dan sesuatu ingin diwujudkan

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas, Mudah Dilakukan Kok!ilustrasi orang merenung (pexels.com/mhafetrey)

Pertama, jangan pernah membiarkan hidup kita mengalir seperti air. Sebab, gak semua air berakhir di tempat yang baik. Pastikan kita punya tujuan dan impian ingin diwujudkan. Pastikan ketika membuka mata setiap harinya, kita punya sesuatu untuk dilakukan. 

Selain menepis rasa malas, ini juga akan mengantarkan kita menjadi pribadi lebih baik setiap harinya. Sebab rasa malas biasanya datang ketika kita gak tahu mau melakukan apa dan dimulai dari mana. 

2. Buatlah target yang jelas

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas, Mudah Dilakukan Kok!ilustrasi seseorang mencatat (pexels.com/Bruno Bueno)

Selanjutnya, penting juga untuk memiliki target dalam hidup. Target harian, mingguan, dan bulanan akan membuat kita lebih bersemangat. Sehingga, rasa malas pun bisa ditepis dan dijauhkan. 

Gak masalah jika target tersebut gak tercapai sepenuhnya. Hidup memang kadang demikian. Tapi tetaplah berusaha untuk melakukan terbaik semampumu. 

Baca Juga: 5 Fakta Antimainstream Bahagia, Paling Relate dengan Kehidupan

3. Temukan motivasi, kalimat penyemangat atau sosok menginspirasi

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas, Mudah Dilakukan Kok!ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Ikuti akun-akun motivasi di media sosialmu, temukan sosok idola membuatmu terinspirasi untuk bisa sukses seperti mereka, serta bacalah buku dan tontonlah video berisi kalimat penyemangat. Isi dirimu dengan berbagai hal mendorongmu untuk terus melakukan hal-hal positif setiap harinya. 

Rasa malas pasti akan enggan menghampiri mereka memiliki motivasi kuat untuk bangkit. Terlebih mereka yang tahu betul apa yang ingin dilakukan dan diraih di masa depan. 

4. Carilah support system yang tepat

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas, Mudah Dilakukan Kok!ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/monstera)

Semangat kita gak bisa membara selamanya. Kadang kala itu bisa turun juga dan membuat rasa malas datang menyerang. Di saat seperti inilah kita butuh support system yang tepat. Pastikan dia akan selalu memberikanmu energi positif setiap kali kamu mulai kehilangan semangat. 

Support system yang tepat pasti akan membuat kita merasa yakin bisa meraih impian. Dia selalu punya cara untuk meyakinkan kita bahkan disaat diri kita sendiri ragu dengan kemampuan dimiliki. 

5. Kelilingi diri dengan orang positif

5 Cara Menghilangkan Sifat Malas, Mudah Dilakukan Kok!ilustrasi teman dekat (pexels.com/Helena Lopes)

Menjauhkan diri kita dari orang toksik dan memilih untuk berkumpul dengan orang-orang positif adalah salah satu cara jitu untuk menghilangkan rasa malas. Sebab, dengan siapa kita berteman, itu akan menggambarkan bagaimana diri kita. Jika teman-teman kita adalah orang senang bermalas-malasan, maka dipastikan kita gak akan jauh dari hal tersebut. 

Sebaliknya, jika kita mengelilingi diri dengan orang yang positif dan produktif, maka diri kita juga akan terus bersemangat untuk melakukan hal serupa. Setiap hari kita jalani, akan penuh dengan semangat dan energi untuk menjadi sukses dan maju. 

Rasa malas berasal dari dalam hati diri sendiri. Beberapa faktor luar juga turut andil dalam mempengaruhi kita. Itulah kenapa penting banget untuk berusaha sebaik mungkin menyingkirkan berbagai penyebab rasa malas dalam diri kita. 

Baca Juga: Lepaskan 5 Hal Ini demi Ketenangan Hidupmu, Jangan Menyimpan Dendam!

Desy Damayanti Photo Community Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya