Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Bonding Time Antara Ayah dan Anak Perempuan

Tunggu apa lagi, yuk lakukan!

Bonding time atau waktu di mana orang tua membangun kedekatan emosi dengan anak ini bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Walau demikian, ada banyak sekali manfaat pada akhirnya akan membantu tumbuh kembang anak kita.

Tidak hanya ibu, seorang ayah juga berperan penting dalam hal ini. Terutama bonding time antara ayah dan anak perempuannya. Seperti apa alasan pentingnya hal tersebut dilakukan, yuk simak!.

1. Anak mendapat kasih sayang dan perlindungan sempurna

5 Alasan Pentingnya Bonding Time Antara Ayah dan Anak PerempuanPexels.com/Elly Fairytale

Dengan kewajiban seorang ayah dalam bekerja untuk mencari nafkah, sering kali mereka tidak cukup waktu untuk membangun kedekatan dengan anak mereka. Padahal hal ini penting dilakukan, terutama untuk anak perempuannya.

Anak akan merasa jika dirinya mendapatkan kasih sayang dan perlindungan yang sempurna, tak hanya ia dapat dari sang ibu tapi juga dari ayah mereka. Manfaat luar biasa tersebut patut si ayah pertimbangkan nih.

2. Menumbuhkan sikap mandiri dan penuh percaya diri pada anak

5 Alasan Pentingnya Bonding Time Antara Ayah dan Anak PerempuanPexels.com/Tatiana Syrikova

Dari sosok ayah, anak bisa belajar akan sisi lain dalam diri mereka yang mandiri dan penuh percaya diri terutama untuk anak perempuannya. Hal ini juga menjadi alasan mengapa bonding time itu penting dilakukan.

Dengan sikap mandiri dan penuh percaya diri yang terbentuk dari kedekatan emosional anak perempuan dan ayahnya, menjadi modal penting untuk menghadapi segala tantangan di masa depannya.

Baca Juga: Risiko Pergaulan Anak Terlalu Dibebaskan, Gak Tahu Batasan

3. Punya teladan tepat demi kesuksesan anak di masa depan

5 Alasan Pentingnya Bonding Time Antara Ayah dan Anak PerempuanPexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa sangka jika ayah adalah cinta pertama bagi anak perempuannya. Ia mengagumi sosok ayahnya bisa saja menjadi standar pasangan hidupnya kelak. Adanya bonding time bersama ayahnya, anak perempuan akan mempunyai teladan yang tepat dalam hidupnya.

Dari ayah, anak perempuan bisa belajar akan artinya bekerja keras, ketekunan, kesabaran, sikap tegas, mandiri hingga masih banyak lagi yang berguna untuk menunjang kesuksesan di masa depannya. Jangan sia-siakan waktu lagi ya ayah!.

4. Anak punya pemikiran maju dan terbuka

5 Alasan Pentingnya Bonding Time Antara Ayah dan Anak PerempuanPexels.com/Daisy Anderson

Selain menjadikan ayah sebagai teladan yang baik, kedekatan keduanya secara tidak langsung juga akan memberikan pemikiran yang maju dan terbuka bagi sang anak kelak. 

Mengapa demikian?, Anak perempuan belajar dari kebiasaan ayahnya. Sosok yang terbuka dan punya pemikiran maju ini akan terbawa pada anak di masa ia tumbuh dewasa. Ia tak lagi mengkotak-kotakan teman saat bergaul.

5. Pandai bersosialisasi dengan semua orang

5 Alasan Pentingnya Bonding Time Antara Ayah dan Anak PerempuanPexels.com/RODNAE Productions

Alasan lain akan pentingnya bonding time antara anak perempuan dan ayahnya ialah membuat anak jadi sosok yang pandai bersosialisasi dengan semua orang. Anak sangat belajar betul dari kebiasaan ayahnya bersosialisasi.

Dengan pemikiran terbuka yang terbentuk pada diri anak, perlahan anak tidak mudah membeda-bedakan dengan siapa dirinya bergaul. Hal ini mudah membawanya untuk punya pertemanan yang banyak dan luas.

Sesibuk apapun pekerjaan seorang ayah, manfaatkan bonding time dengan sebaik mungkin. Waktu tidak bisa diputar lagi, jangan sampai ayah menyesalinya ya!

Baca Juga: Buat Batinnya Tertekan, Berhenti Tuntut 5 Hal Ini dari Anak!

Rinda Ratna  Dewi Photo Community Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya