Comscore Tracker

5 Tips Sehat Puasa Ramadan Bagi Anak, Konsumsi Banyak Buah!

Hindari makanan pedas dan tinggi garam

Bandar Lampung, IDN Times - Agama Islam mengajarkan pada anak, semakin baik bila mulai ibadah puasa Ramadan sejak dini. Namun ada, orang tua masih khawatir dengan sang buah hati bila melaksanakan salah satu ibadah wajib tersebut.

Sejatinya, tak perlu khawatir ajarkan anak berpuasa bila mengikuti tips-tips sehat puasa Ramadan untuk anak-anak ala dr. Khairun Nisa Berawi, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung (Unila) ini. Pasalnya, tips ini orang tua bisa tetap menjaga energi si buah hati selama berpuasa sehari penuh.

Berikut IDN Times bagikan tips sehat puasa Ramadan untuk anak-anak.

1. Hidrasi

5 Tips Sehat Puasa Ramadan Bagi Anak, Konsumsi Banyak Buah!ilustrasi minum air putih (freepik.com/pressfoto)

Pastikan anak-anak tetap terhidrasi dan minum banyak air selama jam nonpuasa. Jus organik dan minuman berbasis yogurt bisa jadi alternatif, jika anak tidak makan buah. American Academy of Pediatrics juga telah merekomendasikan tidak lebih dari 12 oz (350 ml) jus per hari.

Seperti diketahui, jus memberikan banyak asupan gula, maka akan jauh lebih baik bila digantikan dengan buah utuh, yang punya serat dan mengandung lebih banyak nutrisi. Minuman berbasis air atau susu serta yogurt seperti buttermilk, adalah sumber lebih baik untuk hidrasi dan pilihan tepat bagi anak-anak mengalami masalah kurang minum air.

Selain itu, salad buah juga diproyeksi dapat menjaga hidrasi, sehingga baik dikonsumsi selama sahur dan makanan berbuka puasa guna menjaga tingkat energi di dalam tubuh.

2. Makanan bersumber protein tinggi

5 Tips Sehat Puasa Ramadan Bagi Anak, Konsumsi Banyak Buah!ilustrasi daging sengkel (instagram.com/walnutrangefarms.com)

Pastikan anak-anak mengonsumsi makan kaya akan tinggi protein. Gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan seperti selai kacang, keju, yogurt atau susu. Orang tua juga dapat mengakali makanan sang buah hati dengan menambahkan kacang-kacangan, terutama almond dalam menu sahur karena mengandung protein dan karbohidrat.

Protein lain penting bagi tubuh juga bisa diperoleh dari mengonsumsi telur dan produk susu lainnya. Jika anak mengalami intoleransi laktosa, dimana terjadi sentifitas pada makanan bersumber laktosa dan kadang gandum, maka dapat diganti dengan susu kedelai, telur orak arik, roti panggang, pancake, daging asap.

Baca Juga: Makan Berlebih saat Buka Puasa, Ini Masalah Kesehatan Bisa Kamu Alami

3. Tingkatkan asupan serat

5 Tips Sehat Puasa Ramadan Bagi Anak, Konsumsi Banyak Buah!suara.com

Kurma dan salad buah menjadi alternatif pembuka yang baik bagi anak. Itu lantaran memiliki kadar serat membantu sistem pencernaan. Hal ini juga memicu anak untuk terus makan karena memperlambat rasa kenyang.

Namun, orang tua juga perlu tahu untuk gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa (gula meja) juga harus dibatasi bahkan dihindari. Itu guna menjaga agar anak-anak tidak terjadi peningkatan kadar gula tinggi pasca berbuka atau selama jam-jam puasa karena ini bisa memicu obesitas.

Disarankan loh, untuk memperbanyak buah dan sayur dalam menu berbuka dan sahur bagi anak.

4. Hindari makanan berlebihan dan pedas serta tinggi kadar garam

5 Tips Sehat Puasa Ramadan Bagi Anak, Konsumsi Banyak Buah!pixabay.com

Makanan berbuka dan sahur sebaiknya diberikan secara bertahap sepanjang waktu berbuka sampai sahur. Mulai dari makanan ringan saat berbuka, makanan berat sesudah magrib, dan menu camilan setelah tarawih.

Teruntuk menu sahur, pilihlah makanan mengandung tinggi protein dan karbo komplek (gandum dan sereal) juga minuman berbasis susu (susu dan yogurt) akan mengopimalkan energi si kecil.

Selain itu, anak juga harus menghindari makanan yang terlalu pedas karena akan bisa mengganggu proses cernanya dan juga tinggi garam karena akan mempengaruhi hidrasinya.

5. Batasi aktivitas fisik khusus berkontak langsung dengan matahari

5 Tips Sehat Puasa Ramadan Bagi Anak, Konsumsi Banyak Buah!Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Sunariyah)

Untuk menjaga anak agar tetap terjaga rehidrasinya, disarankan untuk membatasi aktifitas diluar dan berlebihan di luar rumah. Perbanyak aktivitas di dalam ruangan dan mengoptimalkan aktifitas yg tidak banyak menghabiskan energi.

Itulah beberapa tips puasa Ramadan bagi anak.  Semoga puasa dijalankan anak menjadi puasa sehat dan mencapai hasil sesuai diinginkan ya.

Baca Juga: Tips Terhindar Gangguan Lambung saat Puasa 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya