Comscore Tracker

Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Debur Ombak Eksotis dan Pasir Putih

Membuat siapa saja terbuai untuk mengunjunginya.

Lampung dan pantai adalah dua kata tidak bisa dipisahkan. Bagaimana tidak, hampir kabupaten/kota provinsi ini dipenuhi pantai indah dan eksotis, membuat siapa saja terbuai untuk mengunjunginya. Tidak heran jika Provinsi Lampung disebut sebagai negeri seribu pantai.

Pada artikel kali ini, IDN Times membahas destinasi wisata pantai di Provinsi Lampung. Salah satu wisata pantai di Lampung adalah Pantai Tanjung Setia. Pantai ini berada di jalur arus besar Samudera Hindia. Tidak heran jika pantai ini memiliki ombak cukup stabil dan seringkali digunakan peselancar.

Ditambah lagi, Pantai Tanjung Setia tidak pernah sepi pengunjung, terlebih pada saat akhir pekan dan liburan sekolah. Hal ini dikarenakan pada saat itu ombak dalam keadaan baik, namun di bulan April hingga Agustus biasa ombak mencapai ketinggian tertinggi.

1. Lokasi dan rute

Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Debur Ombak Eksotis dan Pasir PutihPantai Tanjung Setia Pesisir Barat. (Nana Gapero Photography)

Pantai Tanjung Setia berlokasi di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Indonesia. Tepatnya berada di lintas barat Sumatera, Kecamatan Pesisir Selatan, tidak jauh dari Pelabuhan Jukung.

Rute menuju ke sini, jika kamu dari Kota Bandar Lampung membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam perjalanan. Perjalanan menuju pantai ini bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Jika kamu menaiki angkutan umum dari Kota Bandar Lampung, kamu bisa menaiki bis di Terminal Rajabasa dengan biaya sebesar Rp50 ribu-Rp60 ribu. Namun, jika kamu memilih travel, biaya sekitar Rp80 ribu.

Ingin menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa melintas melalui Trans Sumatera Lintas Barat. Kemudian kamu lurus terus hingga Kota Agung di Kabupaten Tanggamus lalu melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Setia. Waktu tempuh sekitar 5 jam.

Selain itu, rute lain bisa kamu tempuh adalah dari jalan Trans Sumatera Lintas Barat, kamu bisa menuju Kabupaten Lampung Utara lalu menuju Kota Liwa di Kabupaten Lampung Barat. Kemudian kamu masuk ke kota Krui dan tibalah di kawasan tanjung setia. Namun sayangnya rute ini membutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan.

Baca Juga: Pesona Debur Ombak di Pantai Pesisir Barat, Surganya Peselancar Dunia

2. Harga tiket masuk dan jam operasional

Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Debur Ombak Eksotis dan Pasir PutihPantai Tanjung Setia Pesisir Barat. (Instagram.com/ardynar).

Masuk kawasan Pantai Tanjung Setia, kamu akan dikenakan tarif Rp8 ribu rupiah per orang. Namun, jika kamu membawa kendaraan pribadi mungkin kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Jam operasional pantai ini adalah buka setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam. Dengan begitu kamu bisa sepuasnya bermain di pantai ini.

3. Fasilitas

Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Debur Ombak Eksotis dan Pasir PutihPantai Tanjung Setia Pesisir Barat. (Instagram.com/@seftha7____).

Pantai Tanjung Setia tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam indah melainkan menyediakan berbagai fasilitas pendukung mulai dari toilet umum, musala, tempat menjual makanan dan minuman serta fasilitas pendukung lainnya seperti penginapan.

Bagi kamu yang ingin bermalam di pantai ini kamu bisa menyewa kamar Rp50 ribu– Rp300 ribu per malam per kamar tergantung jenis kamar yang tersedia.

4. Pesona pantai

Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat, Debur Ombak Eksotis dan Pasir PutihPantai Tanjung Setia Pesisir Barat. (Instagram.com/fallane).

Pantai Tanjung Setia memang memiliki pesona alam yang memukau. Ombak yang menggulung indah di pantai ini membuat para pehobi selancar senang berselancar di pantai ini. Terlebih pantai ini memiliki pasir putih bersih alami dengan air laut yang jernih dan bebas sampah.

Menariknya, di pantai ini terdapat banyak jenis hewan lain dan terumbu karang yang indah. Tidak hanya itu saja, ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu ambil dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Baca Juga: Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pesona Batu Karang Memukau

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya