Comscore Tracker

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur

Apa saja daya tarik dari Taman Nasional Way Kambas?

Bandar Lampung, IDN Times - Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat konservasi menjaga ekosistem gajah. Tempat ini memiliki banyak sekali keragaman hayati, dan terus dijaga untuk melindungi habitat alami dari gajah di Lampung dan beberapa hewan lainnya.

Status taman nasional yang dimiliki membuatnya memiliki banyak hal menarik. Nah, apa saja daya tarik dari Taman Nasional Way Kambas yang berada di Kabupaten Lampung Timur ini? Berikut IDN Times ulas.

1. Tempat konservasi gajah

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung TimurTaman Nasional Way Kambas Lampung (Waykambas.org)

Jumlah gajah di dunia sekarang ini terus menurun, begitu juga yang berada di Lampung. Gajah juga semakin terancam karena semakin berkurangnya lahan hutan.

Taman nasional ini digunakan sebagai area konservasi gajah yang dilindungi oleh negara. Tidak hanya menjaga kesehatan dan perkembangan gajah, ekosistem yang mendukung gajah pun dilindungi dengan sangat ketat.

Karena itu, di sini para pengunjung selain akan melihat gajah dari dekat juga bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami.

2. Rumah sakit untuk gajah satu-satunya di Asia

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timurportalwisata.co.id

Hal menarik selanjutnya adanya rumah sakit khusus untuk gajah. Bahkan rumah sakit ini menjadi satu-satunya yang ada di Asia.

Layaknya sebuah rumah sakit, gajah yang sakit di sini juga dirawat, diperiksa, diberi obat, dan lain sebagainya. Banyak dokter hewan spesialis yang merawat gajah, seperti dokter khusus merawat telinga, mulut, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Desa Rigis Jaya Lambar Juara 3 ADWI Kemenparekraf, Dulu Desa Tertinggal

3. Ada atraksi seru gajah

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timurjejakpiknik.com

Ada banyak kegiatan menarik terkait aktivitas gajah. Mulai dari memandikan gajah, memberi makan, hingga melatih gajah untuk melakukan atraksi.

Gajah menjadi salah satu hewan besar dengan kecerdasan yang tinggi. Karena itu gajah bisa dilatih untuk melakukan banyak hal, bahkan gajah juga bisa melakukan olahraga sepakbola.

Bagi para pengunjung juga diberikan kesempatan untuk ikut dalam aktivitas gajah tersebut. Bahkan kamu bisa menunggang gajah dan berkeliling di area Taman Nasional Way Kambas ini, lho.

Menikmati suasana alam yang masih asri sambil menunggang di punggung gajah pastinya menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

4. Museum gajah

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung TimurInstagram.com/shenacinnamon

Taman Nasional juga punya fungsi sebagai edukasi masyarakat. Di sini ada museum gajah yang memberikan banyak edukasi terkait dengan gajah.

Semua tentang gajah ada di museum ini. Setiap orang pasti akan selalu tertarik dengan hewan darat paling besar ini.

5. Paket tour sangat seru

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timurpotret susana di way kambas (instagram.com/danel_mahendra)

Disediakan paket tour untuk para pengunjung. Adanya paket ini setiap orang akan dibawa untuk berkeliling di taman nasional yang masih sangat alami ini. Ada banyak hal menarik yang disajikan berupa pemandangan alam yang masih alami, banyak hewan liar, dan area perbukitan yang pastinya menampilkan pesona pemandangan yang luar biasa.

Paket tour ini untuk 6 orang dengan biaya mulai dari Rp800 ribu hingga Rp2 juta. Harga setara dengan apa yang disuguhkan di taman nasional ini.

6. Ada camp resort

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung TimurTaman nasional way kambas (instagram.com/innez.lawry)

Bisa menginap di area TNWK pastinya menjadi daya tarik yang sangat kuat. Karena para pengunjung bisa merasakan alam bebas yang masih terjaga.

Camp resort ini berupa rumah yang berada di area taman nasional. Rasakan sensasinya, pasti siapapun bakal betah tinggal berlama-lama di alam yang masih alami ini.

7. Cagar alam tertua

7 Hal Menarik di Taman Nasional Way Kambas Lampung TimurMahout menyiramkan air kepada gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Lampung. (Bims Harahap for IDN Times)

Kawasan ini menjadi taman nasional yang sudah ada sejak zaman Belanda, yaitu pada 1936. Saat itu, pengelolaan masih di bawah pemerintahan Hindia Belanda.

Hingga saat ini, Taman Nasional terus berbenah dan terus berupaya untuk menjaga ekosistem gajah yang hampir punah.

Itulah 7 hal menarik di Taman Nasional Way Kambas yang harus kamu tahu. Pastinya siapapun bakal tertarik untuk merasakan bisa jalan-jalan di alam yang masih terjaga ini.

Baca Juga: Pulau Pisang Lampung: Biaya, Lokasi, dan Daya Tarik Bikin Betah!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya