Comscore Tracker

Digital Creative Entrepreneurs 2022, Telkomsel Siap Jaring 1.500 UMKM

UMKM kriya, busana, makanan dan minuman, perawatan pribadi

Melanjutkan kesuksesan program tanggung jawab sosialnya untuk UMKM lokal Indonesia periode sebelumnya, Telkomsel kembali menggelar Digital Creative Entrepreneurs (DCE 2.0). Program DCE 2.0 bertajuk #BeyondCreativity 2022 ini bertujuan menjadi platform solusi dan inkubasi bagi pengembangan entrepreneur dan brand owner lokal untuk memperkuat kreativitas, kapabilitas, dan kompetensi digital mereka melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel dan para mitranya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H Bramono menjelaskan, melalui program DCE 2.0, Telkomsel membuka peluang dan kesempatan lebih luas #BeyondCreativity bagi para entrepreneur dan brand owner dengan serangkaian kegiatan. Fokusnya, peningkatan kreativitas, kapasitas, dan kapabilitas digital UMKM, mulai dari seminar daring (webinar), lokakarya (workshop), hingga pendampingan (mentoring) untuk mengakselerasi transformasi bisnis digital mereka.

Baca Juga: Telkomsel Ajak Pelanggan Donasi Tukar Poin Bantu Anak Putus Sekolah

1. Buka pendaftaran 1.500 UMKM

Digital Creative Entrepreneurs 2022, Telkomsel Siap Jaring 1.500 UMKMPelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Saki mengatakan, tahun ini DCE 2.0 membuka pendaftaran bagi 1.500 UMKM di bidang kriya, busana, makanan dan minuman, serta satu kategori baru, yaitu perawatan pribadi. "Para pelaku UMKM juga berkesempatan untuk mendapatkan materi pelatihan dan pengembangan digital oleh hingga 19 pemateri dan 4 mentor ahli di bidang entrepreneurship digital," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2022).

Selain itu, program DCE 2.0 pun membuka peluang melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, seperti platform 99% Usahaku untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan manajemen keuangan. Ekosistem lain bisa dimanfaatkan adalah, MyAds sebagai solusi periklanan dan promosi digital UMKM, Kuncie yang dapat mengembangkan keahlian bisnis dengan edukasi digital.

Ada juga MAXstream sebagai online venue untuk menghelat aktivitas virtual dan kantor Telkomsel Area untuk menghimpun UMKM calon peserta potensial. Kemudian pada akhir program, DCE 2.0 akan menghadirkan sebuah pameran virtual yang juga sekaligus diadakan secara offline untuk mengangkat para UMKM binaan dan produk-produk unggulan mereka.

2. Gelar webinar

Digital Creative Entrepreneurs 2022, Telkomsel Siap Jaring 1.500 UMKMHaryananews

Guna sosialisasi DCE 2.0,  Telkomsel juga menggelar Kick-Off Webinar bertemakan 'Elevate Your Business Using Digital Creative' digelar pekan lalu. Menghadirkan pembicara pendiri Thisable Nicky Clara, Pendiri HAUS! Gufron Syarif dan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Siti Azizah, DCE Kick-Off Webinar 'Elevate Your Business Using Digital Creative' menegaskan pentingnya digital mindset untuk mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM.

Terutama pada era dimana seluruh elemen industri dan masyarakat tengah menjalani transformasi digital. UMKM yang berminat untuk melihat kembali webinar ini dapat mengakses tayangan ulang acara melalui platform MAXstream, YouTube, dan Vidio.

3. Perkuat ekosistem digital inklusif dan berkelanjutan

Digital Creative Entrepreneurs 2022, Telkomsel Siap Jaring 1.500 UMKMpixabay/geralt

Saki menjelaskan, melalui peningkatan kreativitas, kapabilitas dan kompetensi digital UMKM, DCE 2.0 Telkomsel berupaya memperkuat ekosistem digital inklusif dan berkelanjutan. Harapannya,  mencetak wirausaha UMKM tangguh dan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja baru dengan bantuan pemanfaatan teknologi digital.

"Tujuan DCE bukan hanya agar entrepreneur dan brand owner bisa sukses di tingkat nasional atau global, tetapi juga supaya UMKM lokal bisa terus bertumbuh, menginspirasi, berinovasi, hingga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari dampak pandemi," ujarnya.

Untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai program DCE 2.0 dan pendaftaran pesertanya, kunjungi situs dce.co.id dan media sosial @dce_id.

Baca Juga: Program Jelajah Digital Telkomsel Pelanggan Bisa Raih Smartphone 5G

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya