Comscore Tracker

Yuk Ikut Siger Donor Darah, Digagas Pemprov Lampung dan PMI

Menyelamatkan nyawa dan memperbaiki kesehatan

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung meluncurkan gerakan Siger Donor Darah di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur Lampung, Senin (21/06/2021).

Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengatakan, pelaksanakan gerakan Siger Donor Darah atau Saatnya Ikut Bergerak untuk Rakyat yang Membutuhkan Donor Darah ini, seiring pentingnya kontribusi para pendonor untuk membuat dunia tetap bekerja, dengan menyelamatkan nyawa dan memperbaiki kesehatan.

"Ini bermula saat mencanangkan gerakan saling berbagi bahan sembako dengan masyarakat yang terdampak COVID-19, tapi berjalannya waktu gerakan itu meluas ke berbagai sektor, termasuk donor darah bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar Riana.

1. Kegiatan serupa perlu mendapat perhatian

Yuk Ikut Siger Donor Darah, Digagas Pemprov Lampung dan PMIAlodokter

Menurut rencana, kegiatan peresmian ini juga bakal dijadwalkan berlangsung 21-22 Juni 2021. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyampaikan kegiatan ini perlu mendapatkan perhatian khusus.

Menurutnya, darah merupakan satu-satunya komponen dalam pengobatan tidak dapat diproduksi oleh pabrik obat, selain melalui cara donor darah.

"Donor darah sangat diperlukan bagi pasien yang membutuhkan, jadi menyumbang darah itu sangat bernilai mulia, setetes darah diberikan dapat menyelamatkan nyawa manusia," jelas Arinal.

Baca Juga: Gubernur Sumbar, Mahyeldi Galih Lebih Dalam Budidaya Udang di Lampung

2. Semua elemen diminta ikut sumbangsih donor darah

Yuk Ikut Siger Donor Darah, Digagas Pemprov Lampung dan PMIIlustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Arinal menyebut, Pemprov Lampung sangat mendukung dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada PMI Lampung. Itu lantaran telah membantu pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan darah berkualitas dan terjangkau.

Telebih melalui gerakan Siger Donor Darah, diharapkan bisa membantu banyak masyarakat serta memfasilitasi calon pendonor untuk bisa bersumbangsih secara gradual per 3 bulan sekali.

"Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, dunia usaha, swasta, peruruan tinggi, dan lain sebagainya, setelah ini juga dapat melaksanakan donor darah secara gradual di lingkungan masing-masing, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," harapnya.

3. Penobatan duta donor darah provinsi

Yuk Ikut Siger Donor Darah, Digagas Pemprov Lampung dan PMIKegiatan Pemprov Lampung dan PMI Lampung (IDN Times/Istimewa)

Selain kegiatan donor darah, kegiatan itu juga dilakukan penobatan Duta Donor Darah Provinsi Lampung, bagi yang telah melaksanakan donor darah sebanyak 113 kali.

Kemudian pemberian piagam penghargaan secara simbolis kepada Pendonor Sukarela 75 kali kepada sebanyak 26 pendonor, Pendonor Sukarela 50 kali ke-84 pendonor, Pendonor Sukarela 25 kali ke-349 pendonor, dan Pendonor Sukarela 10 kali ke-1.445 pendonor.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada kelompok donor terbaik di masa pandemik COVID-19 yaitu, PTPN7, Rumah Makan Bunda, Masjid Al-Falah, dan Hotel Golden Tulip Springhill.

4. Diharapkan berkomitmen donor darah secara berkala

Yuk Ikut Siger Donor Darah, Digagas Pemprov Lampung dan PMIKegiatan Pemprov Lampung dan PMI Provinsi Lampung (IDN Times/Istimewa)

Riana juga senang terlaksananya penandatanganan MoU antara Pemprov Lampung, PMI Provinsi Lampung, Forkopimda, BUMD, perguruan tinggi, swasta, dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Tujuannya, untuk dapat berkomitmen melaksanakan kegiatan donor darah ditempatnya masing-masing secara berkala.

"Ini salah satu cara kita, untuk memenuhi kebutuhan darah di Lampung," kata Riana.

Baca Juga: Angka COVID-19 Tak Kunjung Surut, Pemprov Lampung Perpanjang PPKM

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya