Polisi Tangkap Pelaku Tipu Gelap Modus Jual Mobil di Bandar Lampung

Korban rugi Rp40 juta

Bandar Lampung, IDN Times - Polisi menangkap pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan modus jual beli mobil di Kota Bandar Lampung. Terlapor Maher Baharu Sinuhaji diringkus kepolisian di Jakarta Timur, Rabu (12/10/2022) sekitar pukul 02.00 dini hari WIB.

Penangkapan tersebut merujuk laporan korban Kiki Adi Pratama (25) ke SPKT Polresta Bandar Lampung sesuai Nomor: LP/B/2446/X/2022/SPKT/POLRESTA BANDAR LAMPUNG tertanggal Selasa (11/10/2022).

"Benar, pelaku sudah kami amankan personel Tekab 308 Polresta Bandar Lampung dibackup petugas Polsek Cipayung," ujar Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra saat dimintai keterangan, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Korupsi Karomani, KPK Panggil Rektor Untirta dan 6 Pejabat Unila

1. Pelaku dan keluarga tiba-tiba menghilang dari Kota Bandar Lampung

Polisi Tangkap Pelaku Tipu Gelap Modus Jual Mobil di Bandar Lampungwww.lia.co.id

Korban penipuan, Kiki menceritakan peristiwa penipuan dan penggelapan tersebut bermula tatkala dirinya menjalani bisnis jual beli kendaraan roda empat. Ia hendak membeli satu unit mobil dari tangan pelaku dengan harga kesepakatan Rp66 juta. K

orban pun langsung datang ke rumah pelaku di Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Jumat (7/10/2022). "Waktu itu, kami sepakat bertransaksi mobil. Saya bayar DP total 40 juta sebagai DP, 38 juta saya ke transfer rekening pelaku dan sisa 2 juta dibayar cash," ungkapnya.

Pascamelunasi uang tanda jadi, keesok harinya korban kembali menyambangi kediaman pelaku untuk melunasi sisanya uang pembelian Rp26 juta. Sekaligus mengambil mobil tersebut.

Namun nahas, Maher dan keluarga sudah tidak ada di kediamannya dan tidak bisa dihubungi alias hilang kontak. "Janjinya siang, saya tunggu, terus pelaku ngulur waktu lagi sampai akhirnya tidak bisa dihubungi," sambung korban.

2. Korban sempat mencari ke kampung halaman istri pelaku

Polisi Tangkap Pelaku Tipu Gelap Modus Jual Mobil di Bandar LampungPenampakan barang bukti mobil hendak dibeli korban Kiki Adi. (IDN Times/Istimewa)

Tak terhendus keberadaan pelaku di Kota Bandar Lampung, Kiki sempat memutuskan mencari Maher dan keluarga ke kampung halaman sang istri rekan bisnisnya tersebut di Bukit Kemuning, Lampung Utara.

"Saya cari ke kampung istri dia, tapi kata keluarganya tidak ada juga di sana. Sudah lama tidak pulang ke Bukit Kemuning," ucap Kiki.

Merasa curiga akibat pelaku bersama sang istri tiba-tiba menghilang, korban pun memutuskan melayangkan laporan ke kepolisian. Itu usai dirugikan akibat transaksional pembelian kendaraan tersebut.

"Bukti-bukti chat, transfer rekening masih ada. Kemarin sudah saya serahkan ke polisi," lanjutnya.

3. Terdapat korban lain, kerugian diduga mencapai ratusan juta

Polisi Tangkap Pelaku Tipu Gelap Modus Jual Mobil di Bandar LampungIlustrasi mobil rental. (carlocksmitharlingtonva.com)

Berdasarkan informasi diterima, Kiki menyebut, pelaku diketahui sudah acapkali menipu banyak korban dengan modus serupa yaitu, berpura-pura menjalani bisnis jual beli mobil. Hasil penipuan tersebut total mencapai ratusan juta rupiah.

"Ya awalnya kami bertransaksi jual beli mobil aman-aman saja karena satu komunitas. Gak curiga kalau dia (pelaku) niat menipu, makanya pembelian kali ini saya percaya-percaya saja," tandas korban.

Baca Juga: Melawan Saat Ditangkap, Gembong Curanmor 20 TKP Tewas Ditembak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya