Pendaftaran Pemilihan Rektor Itera Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya

Pendaftaran mulai 14 Februari - 14 Maret 2022

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi membuka pendaftaran bakal calon Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2026 mulai 14 Februari - 14 Maret 2022. Pendaftaran itu dibuka seiring akan berakhirnya masa jabatan Rektor Prof Mitra Djamal 2 Juli 2022 mendatang.

Ketua Panitia Pilrek Itera, M Lukman Nurhakim mengatakan, pendaftaran Pilrek Itera kali ini terbuka untuk umum. Artinya, seluruh putra-putri terbaik bangsa dimanapun berada, mereka bisa ikut mendaftar dengan ketentuan memenuhi persyaratan.

"Kami dari panita mengundang kepada seluruh putra-putri terbaik bangsa, untuk berpartisipasi pada Pemilihan Rektor Itera 2022. Dengan partisipasi para pendaftar dan bantuan semua pihak, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan baik," ujarnya, saat konferensi pers di Kampus Itera, Senin (14/2/2022).

1. Detail syarat bakal calon Rektor Itera 2022

Pendaftaran Pemilihan Rektor Itera Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaInstitut Teknologi Sumatera (Itera) resmi membuka pendaftaran bakal calon Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2026 mulai 14 Februari - 14 Maret 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Mengacu Pasal 2 Peraturan Senat Itera Nomor 1 Tahun 2022, Lukman memaparkan, persyaratan calon rektor Itera periode 2022-2026 seperti halnya meliputi PNS memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala, berusia maksimal 60, memiliki pengalaman manajerial mempuni, berpendidikan doktor (S3), dan sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, calon rektor juga harus bebas dari narkotika, memiliki unsur penilaian prestasi kerja pegawai paling rendah bernilai baik dalam 2 tahun terakhir, tidak sedang menjalani tugas belajar atau izin belajar 6 bulan, dan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang ataupun berat.

"Pendaftar juga tidak pernah dipidana penjara, melakukan plagiat, serta telah membuat dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara ke Komisi Pemberantasan Korupsi," terangnya.

Baca Juga: Cerita Seru 4 Mahasiswa ITERA Ikut Program Pertukaran Pemuda Jepang

2. Penetapan rektor, 65 persen suara senat dan 35 persen suara menteri

Pendaftaran Pemilihan Rektor Itera Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaInstitut Teknologi Sumatera (Itera). (IDN Times/Istimewa)

Lukman juga mengatakan, kontestasi Pilrek Itera 2022 tidak memiliki batasan pendaftar dan pihak panitia sepenuhnya bakal menampung seluruh formulir calon pendaftaran diserahkan melalui daring (online) via situs Pilrek.itera.ac.id.

"Pendaftaran tidak ada batasan, semua akan kami terima tidak hanya dosen dari Kampus Itera atau ITB saja tapi semua universitas seluruh Indonesia bisa ikut ambil bagian. Nanti, dari semua pendaftaran terdiri dari bakal calon akan diseleksi menjadi 3 calon rektor," imbuh dia.

Menurutnya, proses penjaringan dari bakal calon ke calon rektor Itera tersebut akan melibatkan sebanyak 10 anggota Senat Itera. "Dari 3 calon menjadi penetapan rektor, menggunakan mekanisme pemungutan suara 65 persen Senat dan 35 persen menteri, ini sesuai Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri," sambung Lukman.

3. Pencalonan kembali Rektor Djamal Mitra

Pendaftaran Pemilihan Rektor Itera Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaInstitut Teknologi Sumatera (Itera) resmi membuka pendaftaran bakal calon Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2026 mulai 14 Februari - 14 Maret 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ketua Senat Itera, Sukrasno turut mengharapkan agar Pilrek Itera tahun ini mampu menghasilkan pemimpin dengan semangat kerja luar biasa untuk menghadapi dan menjawab segala tantangan di kemudian hari, serta membawa kampus didirikan pada 6 Oktober 2014 tersebut jauh lebih baik lagi.

"Saat ini kita sudah besar dalam sisi jumlah mahasiswa dan program studinya, oleh karena itu kami mengajak putra-putri terbaik Indonesia untuk sama-sama berjuang melalui pengabdiannya bersama Itera," katanya.

Sementara Rektor Mitra Djamal turut mengaku tidak akan mencalonkan diri kembali pada Pilrek Itera 2022, mengingat dirinya kini sudah tak memenuhi salah satu syarat yaitu, batasan usia. "Saya sudah melewati syarat maksimum usia 60 tahun, Artinya, saya tidak bisa kembali maju ikut dalam pemilihan," ucap dia.

4. Tahapan Pilrek Itera 2022

Pendaftaran Pemilihan Rektor Itera Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaInstitut Teknologi Sumatera (Itera) resmi membuka pendaftaran bakal calon Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2026 mulai 14 Februari - 14 Maret 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berikut IDN Times rangkum tahapan Pilrek Itera 2022.

  • Pengumuman Pendaftaran, 14 Februari - 14 Maret 2022.
  • Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi dan Penetapan Bakal Calon Rektor, 3 Maret 2022
  • Penyampaian Visi, Misi, Program dan Penjaringan Aspirasi Civitas Academica, serta Penetapan 3 Calon Rektor dan Penyerahan 3 Nama Calon Rektor ke Menteri, 14 April 2022
  • Pemungutan Suara Dan Penetapan Calon Rektor Terpilih, 12 Mei 2022
  • Penetapaan Dan Pelantikan Rektor Terpilih, 3 Juli 2022

Baca Juga: Cerita Mahasiswa ITERA Terpilih Program MBKM, Bertemu Tokoh Besar 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya