Modal KTP! Pemkot Bandar Lampung Hadirkan Program Nikah Gratis

Berlaku untuk semua warga Bandar Lampung

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Bandar Lampung menghadirkan program nikah gratis bagi seluruh warga, termasuk janda dan duda.
  • Program ini digiatkan dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Bandar Lampung ke-432, dengan pendaftaran hingga akhir Juni 2024.
  • Tujuan program ini adalah memfasilitasi masyarakat dalam mengakses pencatatan perkawinan sah di mata negara, penting bagi garis keturunan mendatang.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menghadirkan program nikah gratis bagi seluruh masyarakat Kota Tapis Berseri. Layanan ini berlaku bagi muda-mudi hingga janda maupun duda.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, program sebelum pernah dilakukan di masa Walikota Herman HN ini kembali digiatkan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian menyemarakkan HUT Kota Bandar Lampung ke-432.

"InsyaAllah kita akan adakan nikah massal gratis dalam waktu dekat. Bagi yang belum punya buku nikah bisa didaftarkan juga, nanti kita bayarkan biayanya di KUA," ujarnya, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Antimainstream, Populer di Bandar Lampung

1. Pendaftaran berlaku hingga akhir Juni 2024

Modal KTP! Pemkot Bandar Lampung Hadirkan Program Nikah GratisWalikota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Istimewa).

Eva menjelaskan, masyarakat Kota Bandar Lampung bisa mendaftarkan diri mengikuti program nikah gratis tersebut melalui masing-masing kelurahan tempat tinggal sampai pada akhir Juni 2024 nanti.

Program tersebut juga diperuntukkan bagi pasangan suami istri (Pasutri) tak memiliki buku nikah alias nikah siri atau belum melakukan pencatatan di Kantor Urusan Agama (KUA).

"Jadi nanti yang belum dapat buku nikah (nikah siri), ini nanti silahkan didaftarkan pernikahannya, nanti akan kita tanggung biayanya sehingga punya buku nikah," ucapnya.

2. Bertujuan fasilitasi masyarakat

Modal KTP! Pemkot Bandar Lampung Hadirkan Program Nikah Gratisilustrasi pernikahan (pixabay.com/syeham)

Menurut Eva, kehadiran program nikah gratis ini diadakan dengan tujuan guna memfasilitasi masyarakat Kota Bandar Lampung, khususnya dalam mengakses pencatatan perkawinan sah di mata negara.

Pasalnya, pencatatan sah secara negara dimaksud diingatkan penting bagi pasutri tersebut sampai pada garis keturunannya mendatang.

"Karena kebanyakan mohon maaf, terkadang mereka sudah tua-tua ada yang 60 sampai ada yang sudah 83 ada, tapi tidak punya buku nikah atau tidak didaftarkan melalui KUA," katanya.

3. Syarat hanya KTP domisili Bandar Lampung

Modal KTP! Pemkot Bandar Lampung Hadirkan Program Nikah GratisIlustrasi KTP (IDN Times/Ita)

Eva menambahkan, bagi para masyarakat ingin mendaftarkan diri mengikuti program tersebut, hanya perlu membawa KTP warga Kota Bandar Lampung kepada petugas kelurahan.

"Nikah gratis ini berlaku untuk semua masyarakat, termasuk janda dan duda semuanya. Tapi harus ada pasangan dong," tandasnya.

Baca Juga: KPU Bandar Lampung Beberkan Tantangan Panitia Pilkada 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya