Lampung Awasi 1 Pasien Terduga Omicron, Warga Diminta Tak Panik

Warga juga dminta jaga prokes ketat dan ikuti vaksinasi

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengonfirmasi satu pasien yang dinyatakan probable tertular COVID-19 varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron.

Pengumuman tersebut merujuk surat yang diterima Dinkes Provinsi Lampung dari Litbangkes Kemkes RI Nomor SR 01.07 Tahun 2022, tentang laporan hasil pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF) melalui pengujian Whole Genome Sequencing (WGS).

"Untuk pasien kita yang hasilnya sudah dikirim Kemenkes RI itu sudah ada 1 orang terdeteksi probable Omicron. Jadi tentu probable ini masih mengarah ke Omicron," ujar Kepala Dinkes Provinsi Lampung, Reihana, Jumat (28/1/2022).

1. Minat masyarakat jangan panik

Lampung Awasi 1 Pasien Terduga Omicron, Warga Diminta Tak PanikKadinkes Provinsi Lampung, Reihana (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Reihana menjelaskan, probable Omicron didefinisikan sebagai kasus COVID-19 yang diyakini sebagai suspek atau terduga terinfeksi varian Omicron. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI, dugaan itu terbagi menjadi dua.

Pertama, probable Omicron dan kedua konfirmasi Omicron. Besar kemungkinan kasus probable tetap berpotensi terpapar virus varian B.1.1.529.

"Saya minta masyarakat jangan panik, tetap perketat protokol kesehatan (prokes) dan memakan makanan bergizi seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh," kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung tersebut.

Baca Juga: Dinkes Bantah Kabar Pesan Berantai Varian Omicron Masuk Lampung

2. Kasus harian di Lampung kembali meningkat

Lampung Awasi 1 Pasien Terduga Omicron, Warga Diminta Tak Panikwashingtonpost

Reihana mengatakan, pihaknya hingga detik ini masih rutin mengirimkan setiap sampel kasus positif COVID-19 ke Litbangkes Kemenkes RI, demi mendeteksi temuan varian Omicron.

Apalagi temuan kasus harian konfirmasi COVID-19 di Provinsi Lampung belakangan memang kembali meningkat. Sebagai catatan, 11 kasus baru positif terdeteksi oleh Dinkes Provinsi Lampung hingga Kamis (27/11/2022) kemarin.

"Saya ingatkan, Omicron tidak bisa kita hindari karena penyebarannya lebih cepat dibandingkan varian COVID-19 lainnya, tapi kita semua tidak usah panik," imbuh Reihana.

Baca Juga: Siap Hadapi Gelombang 3 Varian Omicron, Lampung Usung Strategi Ini

3. Imbau masyarakat mengikuti program vaksinasi

Lampung Awasi 1 Pasien Terduga Omicron, Warga Diminta Tak PanikPanglima TNI tinjau vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Istimewa)

Dalam upaya mencegah varian Omicron di Lampung, Reihana mengimbau agar masyarakat membentengi diri dengan menerapkan prokes ketat dan aktif mengikuti vaksinasi COVID-19.

Ia juga meminta kesadaran tiap individu masyarakat untuk mengikuti progam vaksinasi booster, khususnya pasca enam bulan menerima penyuntikan vaksin tahap 2.

"Paling penting jangan melepas masker, kecuali itu diperlukan seperti saat makan. Menyelesaikan pandemik memang harus bersinergi, kita pasti bisa menyelesaikan pandemik ini," tandas Reihana.

Baca Juga: Varian Omicron Kian Dekat, Gubenur Lampung Minta Warga Patuh Prokes

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya