Korban Penembakan Perampokan Bank Arta Kedaton: Cepat Kejadiannya

Identitas pelaku Heri Gunawan

Bandar Lampung, IDN Times - Satu dari tiga korban penembakan aksi perampokan bersenjata api di Bank Arta Kedaton Makmur Kota Bandar Lampung akui peristiwa berlangsung singkat dan cepat.

Korban Kismanto warga Kota Karang, Telukbetung Barat, Bandar Lampung ini berhasil selamat. Petugas security Bank Mayora tersebut hanya terkena tembakan senjata Airsoft Gun di bagian perut kanan dan tangan kanan.

"Kejadiannya singkat. Kurang ngerti persisnya lagi seperti apa, yang jelas cepat kejadiannya," ujar dia saat dimintain keterangan di tempat kejadian perkara (TKP), Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Aksi Koboi Perampokan Bank Arta Kedaton Makmur 3 Korban Ditembak

1. Pelaku berusia muda pakai masker

Korban Penembakan Perampokan Bank Arta Kedaton: Cepat KejadiannyaKorban Kismanto merupakan security Bank Mayora. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dalam kesaksiannya, Kismanto mengungkapkan, aksi perampokan itu dilancarkan seorang pria berperawakan muda, dengan mengenakan masker dan topi berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB. Mulanya, pelaku terlebih dahulu menyambangi Bank Mayora.

"Saya lagi jaga banking hall Bank Mayora, itu di dalam. SOP kami, kalau (nasabah) dari Bank Arta Kedaton ada penarikan disuruh dikawal sama kami. Jadi satpam Arta Kedaton satu, sama kami satu berbarengan (melakukan pengawalan)," ungkap korban.

Setibanya mendekati lokasi kejadian Bank Arta Kedaton Makmur, Kismanto mengaku menerima tembakan dari belakang. "Saya refleks pertama kena ini (perut), saya gerak kedua kena tangan. Nah, di sini pikiran saya ada yang gak beres," sambungnya.

2. Sempat beri isyarat ke security Bank Arta Kedaton Makmur

Korban Penembakan Perampokan Bank Arta Kedaton: Cepat KejadiannyaPenampakan pascaperampokan bersenpi di Bank Arta Kedaton Makmur. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mendapati situasi tersebut, korban sempat tergeletak di depan lokasi kejadian, langsung memberikan isyrat kepada korban Tito Alexander merupakan Security Bank Arta Makmur, agar dapat pergi dan menutup akses masuk ke dalam bank.

"Saya lihat pelaku ini sudah di dalam bank AKM (Arta Kedaton Makmur), saya juga berpikir untuk mengamankan bank saya dan otomatis lari ke Bank Mayora langsung menutup rolling door, nah setelah itu saya sudah gak tahu lagi," ucap Kismanto.

3. Pelaku bernama Heri Gunawan

Korban Penembakan Perampokan Bank Arta Kedaton: Cepat KejadiannyaIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan informasi diterima IDN Times, pelaku perampokan mengusung 2 senjata api yakni senpi rakitan revolver dan airsoft gun ini bernama Heri Gunawan. Dalam aksinya, ia menaiki sepeda motor Honda Vario merah.

Sedangkan masing-masing identitas para korban terkena luka tembak ialah, Kismanto (Security Bank Mayora) warga Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Telukbetung Barat, Bandar Lampung. Ia terkena luka tembak pada bagian perut kanan dan tangan kanan.

Kemudian Tito Alexander (Security Bank Arta Kedaton) warga Kelurahan Jagabaya II, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung, tertembak di perut samping sebelah kiri. Lalu korban ketiga, Hance Chandra (Karyawan Bank Arta Kedaton Makmur bagian legal hukum) tertembak di bagian pada dada kanan.

Baca Juga: Detik-detik Perampokan Bank Arta Kedaton, Pelaku Gagal Ambil Uang 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya