Comscore Tracker

Kecelakaan di Tol Lampung, 1 Warga Sumsel Meninggal dan 3 Luka Berat

Kendaraan hilang kendali hindari jalan berlubang

Mesuji, IDN Times - Kecelakaan tunggal berujung maut terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM 249+400 Jalur Bandung Ruas Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Rabu (23/6/2021) sekitar pukul 12:51 WIB.

Peristiwa nahas itu menimpa mobil Toyota Calya berwarna putih nomor polisi BG 1597 ZJ. Imbas kejadian, tiga orang mengalami luka berat dan satu orang atas nama Yulianita (44) meninggal dunia. Keempat korban diketahui merupakan warga Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

""Iya benar, sudah terjadi laka tunggal kendaraan roda empat hari ini tepatnya siang tadi, mobil Kendaraan R4 Toyota Calya berwarna putih N.pol BG 1597 ZJ di Ruas jalan Tol Km 248+800 terpeka jalur Bandung Wilayah Hukum Polres Mesuji," ujar Kapolres Mesuji, AKBP Alim.

Baca Juga: Tarif Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Lampung Naik? Ini Kata Hutama Karya

1. Hilang kendali setelah menghindari jalur bergelombang

Kecelakaan di Tol Lampung, 1 Warga Sumsel Meninggal dan 3 Luka BeratLaka lantas tunggal di jalan tol JTTS ruas Mesuji (IDN Times/Istimewa)

Alim mengungkapkan, peristiwa nahas kendaraan mengangkut sembilan penumpang itu berawal pengemudi melakukan kendaraan sekitar 90-100 KM per jam dari arah Palembang menuju Kota Bandar Lampung. Pengemudi adalah Kalisa (16). 

Saat melintas TKP, pengemudi hendak menghindari jalan bergelombang dan mengarahkan kemudi ke arah sebelah kiri. Namun malangnya, menyebabkan kendaraan tidak terkendali dan menabrak guardril.

"Setelahnya pengemudi banting stir ke arah kanan, sehingga menabrak media beton dan membuat kendaraan terbalik," kata Alim. 

2. 1 korban meninggal dunia, 3 luka berat, dan 5 luka ringan

Kecelakaan di Tol Lampung, 1 Warga Sumsel Meninggal dan 3 Luka BeratLaka lantas tunggal di jalan tol JTTS ruas Mesuji (IDN Times/Istimewa)

Akibat kejadian itu, Alim mengatakan, dari 9 penumpang kendaraan tiga di antaranya mengalami luka berat dan seorang korban meninggal dunia.

"Korban meninggal Yulianita, 3 luka berat, dan sisanya mengalami luka ringang. Keseluruhan penumpang beralamat kartu tanda pengenal warga Kota Palembang, Sumsel," pungkasnya.

Selain itu, kecelakaan tunggal ini juga menyebabkan kerugian material yang ditaksir mencapai Rp15 juta.

3. Imbau pengendara jalan tol berhati-hati

Kecelakaan di Tol Lampung, 1 Warga Sumsel Meninggal dan 3 Luka BeratLaka lantas tunggal di jalan tol JTTS ruas Mesuji (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan hasil investigasi lapangan, Branch Manager Ruas Tol setempat, Yoni Satyo Wisnuwardhono mengatakan,  seluruh korban laka lantas ini telah dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Puri Husadatama.

Kecelakaan ini juga telah ditangani oleh Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, selaku pengelola ruas Tol Terpeka dengan melibatkan pihak kepolisian daerah setempat.

"Hutama Karya turut berbelasungkawa atas meninggalnya korban, serta meminta maaf atas ketidak nyamanan yang timbul. Kita mengimbau seluruh pengguna jalan tol, untuk terus berhati-hati, waspada dan mematuhi rambu dalam mengemudi," tandas dia.

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Kecelakaan Maut Pikap di Lamsel Bertambah

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya