Comscore Tracker

Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Lampung di Mabes Polri Hari Ini

Sertijab dari Irjen Pol Purwadi ke Irjen Hendro Sugiatno

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat Polri dan Kapolda. Termasuk, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto yang digantikan Irjen Pol Hendro Sugiatno.

Kegiatan itu dilaksanakan di lingkungan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021). Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, membenarkan adanya pelaksanaan Sertijab akan berlangsung pada hari ini. "Iya benar, Sertijab hari ini di Jakarta jam 10.00 WIB di Rupatama Mabes Polri" ujarnya (4/3/2021)

Pelantikan dan Sertijab tersebut berdasarkan mutasi 25 perwira tinggi (Pati) dalam jabatan baru, berdasarkan ketetapkan Kapolri melalui Surat Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP/2021, yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM), Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan pada 18 Februari 2021.

Baca Juga: [BREAKING] Irjen Hendro Sugiatno Jabat Kapolda Lampung

1. Upacara penyerahan Gita Pataka dan pisah sambut akan dilaksanakan Sabtu mendatang

Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Lampung di Mabes Polri Hari IniMapolda Lampung (IDN Times/Tama Wiguna)

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Lampung, AKBP Iedwan Mahfi, mengatakan, belum bisa memastikan apakah akan ada penyaksian acara Sertijab secara virtual di Mapolda Lampung.

Kendati sejumlah petinggi Polda Lampung sudah menuju ke Mabes Polri sejak kemarin, guna mendampingi Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno.

"Iya di Mabes, saya tidak ikut rombongan ke Jakarta. Belum ada info apakah ada online apa tidak nanti, masih dirapatkan oleh pimpinan," ujar AKBP Iedwan

Ia menambahkan, menurut rencana upacara penyerahan Gita Pataka dan pisah sambut Kapolda Lampung, baru akan dilaksanan di Mapolda Lampung, Sabtu (6/3/2021) mendatang. "Acara di Aula GWS, dari jam 07.00 WIB," ucap Iedwan. 

2. Irjen Pol Purwadi Arianto dipersiapkan untuk tugas di luar struktur, Irjen Pol Hendro Sugianto resmi jadi Kapolda Lampung

Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Lampung di Mabes Polri Hari IniMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menerima kunjungan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Pol Hendro Sugiatno beberapa waktu lalu. (Istimewa/menpan.go.id)

Dalam surat Telegram itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi Irjen Pol Purwadi Arianto dari Kapolda Lampung menjadi Pati Lemdiklat Polri. Setelah kurang lebih 30 bulan menjabat Kapolda Lampung, kini Purwadi dipersiapkan untuk tugas di luar struktur. 

Sedangkan jabatan Kapolda Lampung dipegang Irjen Pol Hendro Sugiatno, yang sebelumnya menjabat Asrena Polri dan jabatan Asrena Polri diserahkan pada Irjen Pol Wahyu Hadiningrat.

3. Sejumlah jabatan strategis pernah diemban Hendro Sugiatno

Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Lampung di Mabes Polri Hari IniIlustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Irjen Pol Hendro Sugiatno merupakan lulusan Akpol 1988. Ia adalah seorang perwira tinggi polisi yang pernah mengemban sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri.

Pada 2009 tepatnya saat berpangkat AKBP. Hendro Sugiatno menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Banten, setahun kemudian, ia dipercaya menjabat Direktur Samapta Polda Kepulauan Riau (Kepri).

Selanjutnya, Hendro Sugiatno dimutasi menjadi Widyaswara muda Sespim Polri. Tercatat, ia juga pernah diamanahkan sebagai Karo Sarpras Polda Sulteng berpangkat Kombes 2016, berikutnya ia pernah diposisikan Kabagrenlog Rojianstra Slog Polri dan Karo Sarpras Polda Metro Jaya di 2018.

Memasuki tahun 2019, karier Hendro Sugiatno sebagai perwira tinggi Polri kian moncer dan mendapatkan promosi jabatan dua kali dalam kurun waktu setahun, pada periode tersebut awalnya ia menduduki jabatan Karo Log Polda Metro Jaya.

Kemudian, Hendro Sugiatno dipromosikan menjadi Karo Renmin Bareskrim Polri dengan pangkat Brigjen. Baru di penghujung 2019, dirinya kembali dipromosikan Jenderal bintang dua atau Irjen, guna mengemban jabatan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Baca Juga: Profil Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno, Setahun 2 Kali Naik Pangkat

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya