Hari Pertama Masa Pengenalan Sekolah di Lampung, Pelajar: Deg-degan

SMPN 4 Bandar Lampung terima 256 peserta didik baru

Bandar Lampung, IDN Times - Ribuan pelajar tingkat PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA di Kota Bandar Lampung serentak melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara tatap muka, Senin (18/7/2022). Momen tersebut menyisakan kesan menarik bagi salah satu siswi SMPN 4 Kota Bandar Lampung, Rika Utari.

Saat IDN Times berbincang dengan Rita, ia amat bersemangat dan antusias bisa mengikuti kegiatan MPLS di hari pertamanya menginjakkan kaki di Sekolah Tingkat Pertama (SMP) tersebut.

"Deg-degan, tapi pastinya seneng pastinya karena udah bisa sekolah tatap muka lagi," ujarnya, masih mengenakan seragam sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Bandar Lampung tersebut.

1. Persiapan matang sebelum sekolah

Hari Pertama Masa Pengenalan Sekolah di Lampung, Pelajar: Deg-deganKegiatan MPLS di SMPN 4 Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Rita bercita-cita menjadi seorang guru tersebut mengaku sudah mempersiapkan diri sebelum hari pertama masuk sekolah. Persiapan itu meliputi merapihkan seragam hingga buku, serta skill dalam menangkap pelajaran yang harus ditingkatkan.

Apalagi, selama dua tahun terakhir di bangku sekolah dasar hari-hari dara 12 tahun tersebut lebih banyak dihabiskan dengan kegiatan belajar mengajar (KMB) secara daring atau online, bukan tatap muka.

"Tadi sedikit kaku ya, karena sekolah baru. Tapi hari inikan baru perkenalan lingkungan sekolah saja. Alhamdulillah seneng banget rasanya," ucap Rita.

Baca Juga: 392 Jamaah Haji Lampung Tiba, 1 Meninggal di Bandara King Abdul Aziz

2. Bersyukur masuk sekolah favorit

Hari Pertama Masa Pengenalan Sekolah di Lampung, Pelajar: Deg-deganKegiatan MPLS di SMPN 4 Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Rita juga mengaku amat senang dan bersyukur dapat masuk ke salah satu sekolah favorit di Kota Bandar Lampung tersebut. Ia pun berharap perjalanannya tiga tahun ke depan dapat berjalan lancar dan mempu memperoleh prestasi.

"Ada banyak teman baru, gurunya juga tadi ramah-ramah. Alhamdulillah pokoknya senang banget bisa sekolah di sini," katanya.

3. Tetap terapkan prokes

Hari Pertama Masa Pengenalan Sekolah di Lampung, Pelajar: Deg-deganHumas SMPN 4 Kota Bandar Lampung, Sahala Sitompul. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Humas SMPN 4 Kota Bandar Lampung, Sahala Sitompul menambahkan, kegiatan MPLS per hari ini belum melibatkan pelajar dalam KBM, melainkan masih sebatas perkenalkan lingkungan persekolahan kepada siswa-siswi baru.

Dalam pelaksanaannya, ia pun menjamin pihak sekolah beralamatkan di Jalan HOA Cokroaminoto, Engal, Bandar Lampung tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 di dalam maupun luas sekolah.

"Sebelum anak-anak masuk sekolah, di depan tadi kita terapkan pengecekan suhu badan, mencuci tangan, dan mewajibkan mereka tetap memakai masker di lingkungan sekolah," imbuh dia.

4. SMPN 4 Bandar Lampung terima 256 peserta didik

Hari Pertama Masa Pengenalan Sekolah di Lampung, Pelajar: Deg-deganHumas SMPN 4 Kota Bandar Lampung, Sahala Sitompul

Lebih lanjut Sahala menyampaikan, kehadiran para siswa siswi mengikuti KBM tatap muka akan berlangsung secara 100 persen. Namun itu masih harus dibatasi, dengan pembagian jam pembelajaran sesuai ketentuan Disdikbud Kota Bandar Lampung.

Selain itu, ia pun menginformasikan sekolah setempat tahun ini hanya menerima siswa-siswi tahun ajaran baru 2022 sebanyak 256 peserta didik. Catatan itu lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini sedikit menurun. Alasannya memang karena guru kita masih kurang, sebab sebagian banyak yang akan memasukinya masa pensiun," tandas dia.

Baca Juga: Harnojoyo, Sekolah hingga jadi Sopir di Lampung, Kini Walikota Palembang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya