Dititip Pelestarian Rumah Daswati, Mahfud MD: Jadi Catatan Utama Saya

Bakal beri perhatian pembangunan museum di tingkat daerah

Intinya Sih...

  • Mahfud MD dititipkan pesan memperjuangkan pelestarian bangunan saksi sejarah terbentuknya Provinsi Lampung, Rumah Daswati.
  • Mendapati pesan tersebut, Mahfud MD menjadikan curhatan tentang permasalahan Rumah Daswati sebagai catatan utamanya dalam acara diskusi Tabrak, Prof!
  • Penyelamatan rumah Daswati dan peninggalan bersejarah lainnya di daerah perlu mendapatkan perhatian lebih dengan pembangunan museum di tingkat daerah.

Bandar Lampung, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD dititipkan pesan memperjuangkan pelestarian bangunan saksi sejarah terbentuknya Provinsi Lampung, Rumah Daswati.

Rumah Daerah Swatantra Tingkat I Lampung (Daswati) terletak di Jalan Tulang Bawang Nomor 11, Kecamatan Enggal, Kota Bandar Lampung. Bangunan ini dahulu dijadikan sebagai alamat kantor koordinasi surat menyurat oleh Panitia Daswati.

"Maksud saya prof, ketika Prof Mahfud nanti menjadi Wakil Presiden prof, satu saja titipan saya prof. Tolong selamatkan rumah Daswati sebagai identitas masyarakat Lampung, sebagai ruang perjumpaan kultural masyarakat Lampung prof," ujar seorang penanya di acara Tabrak, Prof!, Jumat (26/1/2024).

Baca Juga: Soal Ketum Partai, Mahfud MD Klaim Tak Bisa Didikte Kelak jadi Wapres

1. Jelaskan kondisi Rumah Daswati terabaikan

Dititip Pelestarian Rumah Daswati, Mahfud MD: Jadi Catatan Utama SayaCawapres 03, Mahfud MD mengisi diskusi Tabrak, Prof! di kafe Bento Kopi, Bandar Lampung, Kamis (25/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mendapati pesan tersebut, Mahfud MD mengaku menjadikan curhatan tentang permasalahan Rumah Daswati ini menjadi catatan utamanya dalam acara diskusi Tabrak, Prof! berlangsung di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung kali ini.

"Oke ini menjadi salah satu catatan utama saya dari Tabrak di Lampung malam ini yaitu, Rumah Daswati yang terabaikan. Ini bukti sejarah berdirinya Provinsi Lampung," katanya menjawab pertanyaan tersebut.

2. Komitmen memperjuangkan peninggalan bersejarah

Dititip Pelestarian Rumah Daswati, Mahfud MD: Jadi Catatan Utama SayaPenampakan Rumah Daswati di Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mahfud MD mengatakan, bukan hanya Rumah Daswati, melainkan peninggalan bersejarah lainnya berada di daerah-daerah lainnya tak luput dari perhatian Ganjar-Mahfud. Pasalnya, sebagai bangunan bersejarah, itu semua harus dirawat dan dilestarikan dengan baik.

"Karena dari sejarah itu, kita bisa menggali warisan-warisan bernilai dari para pendahulu kita, apa yang diperjuangkan oleh mereka bisa dilihat dari peninggalan sejarahnya," ucapnya. 

3. Beri perhatian pembangunan museum di daerah

Dititip Pelestarian Rumah Daswati, Mahfud MD: Jadi Catatan Utama SayaMahfud MD mendapat gelar Batin Perkasa Saibani Niti Hukum dari Kerajaan Kepaksian Pernong Lampung (IDN Times/Istimewa)

Sebagai salah satu langkah kongkret, Mahfud MD mengatakan, peningkatan pembangunan museum-museum di tingkat daerah perlu mendapatkan perhatian lebih.

"Membangun museum-museum di tingkat daerah itu sangat penting, nantinya bagi kelangsungan bangsa ini untuk mempertahankan nilai-nilai budaya luhurnya," tandas Menko Polhukam tersebut.

Baca Juga: Mahfud MD Enggan Komentari Pertanyaan Desakan Mundur Menko Polhukam

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya