Bersiap! Rute Penerbangan Lampung-Batam Bakal Diaktifkan Kembali 

Maskapai Citilink segera merapat ke Bandara Radin Inten II

Intinya Sih...

  • Bandara Radin Inten II rencanakan reaktivasi rute Lampung - Batam dalam waktu dekat
  • Prioritas pembahasan bersama maskapai guna mereaktivasi rute lama yang ditutup karena pandemi
  • Bandara Radin Inten II berkomitmen mendukung pertumbuhan pariwisata di Lampung dengan membuka rute baru dan mengaktifkan kembali rute lama

Lampung Selatan, IDN Times - Kabar gembira datang dari moda transportasi udara di Provinsi Lampung. Bandara Radin Inten II berencana kembali mengaktifkan rute penerbangan Lampung - Batam dalam waktu dekat.

EGM Bandara Radin Inten II Untung Basuki mengatakan, rencana itu tengah menjadi prioritas pembahasan bersama para pihak maskapai, guna mereaktivasi rute lama sempat ditutup karena pandemik tersebut.

"Prioritas Batam - Lampung (reactive rute). Ini sedang dalam kajian, karena kalau Palembang ataupun Bengkulu itu saat ini terlalu dekat jaraknya, ditambah connectingnya bisa ke Medan sampai Singapura," ujarnya kepada IDN Times, Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga: Hore! Penerbangan Lampung-Yogyakarta Dibuka di Bandara Radin Inten

1. Komitmen dukung pertumbuhan pariwisata Lampung

Bersiap! Rute Penerbangan Lampung-Batam Bakal Diaktifkan Kembali Destinasi wisatawan Pantai Mutun di momen Tahun Baru Imlek 2024. (IDN Times/Istimewa).

Untung Basuki mengatakan, upaya reaktivasi rute lama pernah beroperasi sebelum pandemik COVID-19 hingga pembukaan rute baru dari dan ke Bandara Radin Inten II salah satu bentuk komitmen untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di Lampung.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi Lampung, sektor pariwisata di Lampung menempati urutan ketiga tertinggi pergerakan wisatawan Nusantara di Sumatera periode Januari - September 2023 mencapai 10,26 juta wisatawan.

"Lampung memiliki daya tarik wisata bagi wisatawan dan Bandara Radin Inten II akan terus berkomitmen mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah," jelasnya.

2. Optimis tembus target 1 juta penumpang di 2024

Bersiap! Rute Penerbangan Lampung-Batam Bakal Diaktifkan Kembali Bandara Raden Inten II Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sejak awal 2024, Untung Basuki menginginkan, Bandara Radin Inten II telah membuka berbagai rute penerbangan baru maupun mengaktifkan kembali rute penerbangan pernah ada yakni, rute Denpasar oleh AirAsia dan ke Yogyakarta oleh Lion Air pada Januari 2024.

"Kami sangat optimis target 1 juta pergerakan penumpang di 2024 akan bisa terealisasi. Tentu, diiringi dengan peningkatan pelayanan terhadap para penumpang," imbuh dia.

3. Maskapai Citilink bakal hadir di Bandara Radin Inten II

Bersiap! Rute Penerbangan Lampung-Batam Bakal Diaktifkan Kembali Armada pesawat Citilink saat terparkir di apron Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Faridanto)

Untuk Basuki menginformasikan, dalam waktu dekat akan ada satu maskapai baru bakal beroperasi di Bandara Radin Inten II yakni, Citilink bakal mengoperasikan rute Cengkareng - Lampung.

"Ini sedang diusahakan tapi pembahasannya sudah 99 persen dan sudah berproses izinnya ke kementerian," ucapnya.

Selain rute tersebut, kemungkinan maskapai Citilink juga akan mengangkut sejumlah rute penerbangan lainnya di Bandara Radin Inten II. "Ada juga rute lain tapi belum bisa kami publish, tapi untuk Cengkareng - Lampung dengan Citilink mudah-mudahan sudah terealisasi sebelum Lebaran," tandas dia.

Baca Juga: Kabar Gembira! Bandara Radin Inten II Buka Rute Tujuan Bali dan Jogja

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya