Bawaslu Lampung Telusuri Deklarasi Relawan Ganjar Libatkan Anak-anak

PDIP Lampung minta para kader hindari pelanggaran Pemilu

Bandar Lampung, IDN Times - Bawaslu Provinsi Lampung angkat bicara ihwal dugaan deklarasi relawan Ganjar Pranowo melibatkan anak-anak pada halaman sebuah sekolah berada di Kabupaten Lampung Selatan.

Acara bertajuk deklarasi bakal calon presiden Ganjar Pranowo itu diketahui berlangsung di halaman Sekolah Islam Terpadu Insan Taqwa berada di Dusun Bangun Rejo, Kecamatan Natar, Lampung Selatan pada akhir pekan kemarin.

"Benar, sudah masuk informasinya," ujar Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Lampung, Tamri saat dikonfirmasi, Senin (5/6/2023).

1. Penelusuran diteruskan ke Bawaslu Lampung Selatan

Bawaslu Lampung Telusuri Deklarasi Relawan Ganjar Libatkan Anak-anakPotret kegiatan deklarasi Relawan Ganjar libatkan anak-anak di Kabupaten Lampung Selatan. (Twitter/@PartaiSocmed).

Disampaikan Tamri, informasi menyangkut adanya dugaan pelibatan anak-anak pada acara deklarasi tersebut telah diteruskan ke Bawaslu Lampung Selatan, untuk dilakukan klarifikasi dan penelusuran lebih lanjut.

"Sesuai locus-nya, ada di Natar. Jadi informasi ini sudah kami teruskan ke Bawaslu Lampung Selatan untuk dilakukan penelusuran," imbuhnya.

Baca Juga: Kala Bandit Jalanan Lamteng Menangis dan Meronta Ditangkap Polisi

2. PDIP Lampung minta para kader hindari pelanggaran jelang Pemilu

Bawaslu Lampung Telusuri Deklarasi Relawan Ganjar Libatkan Anak-anakKegiatan bagi-bagi ratusan paket takjil DPD PDI Perjuangan Lampung, Jumat (14/4/2023). (Dok. DPD PDIP Lampung).

Terkait peristiwa tersebut, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Lampung, Sutono mengaku belum mengetahui informasi secara mendetail dan masih harus mendalami insiden viral tersebut.

"Saya belum tahu benar dan belum dapat laporannya, tapi mestinya kita semua sudah paham giat yang mengarah kampanye ada larangan untuk beberapa hal, termasuk di rumah ibadah," ucapnya.

Selain itu, DPD PDI Perjuangan Lampung menyatakan ke depan akan memberikan arahan kepada para kader, untuk tidak melakukan pelanggaran jelang Pemilu 2024. "Untuk ke depannya saat konsolidasi teman-teman (kader) akan diingatkan," tambahnya.

3. Disoroti akun Twitter @PartaiSocmed

Bawaslu Lampung Telusuri Deklarasi Relawan Ganjar Libatkan Anak-anakPotret kegiatan deklarasi Relawan Ganjar libatkan anak-anak di Kabupaten Lampung Selatan. (Twitter/@PartaiSocmed).

Dalam acara deklarasi Relawan Ganjar Pranowo di Lampung ini diketahui menimbulkan polemik di kalangan warganet. Salah satunya disoroti akun Twitter @PartaiSocmed menggunggah empat foto saat acara sedang berlangsung.

Pada keterangan cuitan diunggah Sabtu (3/6/2023) itu, akun @PartaiSocmed menulis jika sepatutnya acara pendukungan calon presiden tidak melibatkan anak-anak maupun lingkungan pendidikan.

"Tolong, urusan dukung mendukung copras-capres jangan melibatkan sekolah dan anak-anak SD. Sudah gitu guru-gurunya dipaksa jadi panitia tanpa diberi makan dan minum sama sekali pula," tulis akun itu.

4. Bawaslu RI bakal tindaklanjuti temuan pelanggaran

Bawaslu Lampung Telusuri Deklarasi Relawan Ganjar Libatkan Anak-anakLogo Bawaslu (bawaslu.go.id)

Masih dalam cuitan itu juga terlihat ditanggapi oleh akun @bawaslu_RI yang menyebut akan menindaklanjuti temuan itu.

"Terima kasih informasinya sahabat @PartaiSocmed. Boleh di info lokasinya di mana? Kami akan koordinasikan lebih lanjut dengan pihak/lembaga yang fokus di isu anak. Terima kasih telah ikut mengawasi bersama," tulis akun @bawaslu_RI.

Baca Juga: Ayah di Way Kanan Perkosa Anak Tiri, Ancam Sebar Foto Bugil Korban! 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya