Asyik Panen Buah Pala, Pasutri di Pesawaran Diserang Beruang Hutan

Korban alami luka cakar hingga dilarikan ke RS

Pesawaran, IDN Times - Pasangan suami istri (Pasutri) di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung diserang beruang hutan saat tengah memanen bual pala. Kejadian itu berlangsung di Hutan Kawasan Register 19, Dusun Rejo, Desa Wiyono, Kecamatan Gedung Tataan, Sabtu (26/3/2022) sekitar pukul 08.30 WIB.

Kedua korban dalam peristiwa ini masing-masing inisial NS (40) dan istrinya IN (36), warga Dusun Gunung Rejo Ponorogo, Desa Wiyono. Mereka mengalami luka-luka hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Usai peristiwa kemarin, kedua korban sudah kami langsung bawa ke Rumah Sakit Advent Kota Bandar Lampung, karena memang luka cakar diterima cukup dalam dan parah," ujar Kasihumas Polres Pesawaran Kompol, Aris Siregar, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Mekanik Asal Pesawaran Perkosa Anak di Bawah Umur Ditangkap

1. Sang istri mengalami luka cakar pada bagian wajah

Asyik Panen Buah Pala, Pasutri di Pesawaran Diserang Beruang Hutansciencemag.org

Lebih lanjut Arie menjelaskan, korban IN mengalami luka parah akibat cakaran beruang pada bagian wajah, sementara NS mengalami luka ringan dengan cakaran di baguan dada dan tangan.

Berdasarkan keterangan dihimpun kepolisian, Aris turut menyampaikan, kejadian dialami kedua warga Dusun Gunung Rejo Ponorogo itu diserang beruang liar bermula IN dan NS panen buah pala di kebun mereka.

"Mereka awalnya tidak sadar kalau ada 2 ekor beruang memasuki kebun mereka. Saat kejadian, NS ini sedang berada di atas pohon untuk memetik buah pala. Barulah dia pertama kali melihat dua beruang sedang berjalan menuju istrinya IN," terang dia

2. Suami mengusir beruang dengan menirukan suara kambing

Asyik Panen Buah Pala, Pasutri di Pesawaran Diserang Beruang HutanSerangan beruang terjadi di dalam hutan belantara ketika korban berkemah di yurt miliknya. Ilustrasi (Wikimedia.org/Diego Delso)

Aris melanjutkan, IN tengah fokus memungut buah pala di tanah tidak menyadari bahwa kedua ekor beruang sudah mendekati dirinya dan secara tiba-tiba salah seekor beruang diduga berjenis kelamin jantan langsung menyerang IN.

Melihat akan hal itu, sang suami dengan cepat turun dari atas pohon lalu berusaha mengusir beruang, itu dengan cara bersuara menirukan suara hewan kambing.

"Tak lama kemudian, kedua beruang itu langsung pergi ke arah atas gunung Kawasan Register 18. Lalu NS ini membalut luka di kepala istrinya dengan jaket dan langsung membawanya pulang," kata dia.

3. Beruang sering ke perkebunan warga

Asyik Panen Buah Pala, Pasutri di Pesawaran Diserang Beruang HutanIlustrasi masyarakat di kawasan hutan adat. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Atas peristiwa nahas menimpa pasutri tersebut, Aris menambahkan kepolisian setempat telah berkoodinasi dengan instansi terkait. Itu guna menindaklanjuti dan mengenai kemunculan beruang liar tersebut.

"Kalau dari keterangan masyarakat setempat, memang beruang yang ada di kawasan Register 19 sudah sering turun ke lokasi kebun warga," tandan Kasihumas Polres Pesawaran.

Baca Juga: Pesona Bukit Kendeng Pesawaran, Dishut Lampung Helat Kemah Bareng 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya