900 Kg Cabai Siap Dijual Murah di 3 Titik Operasi Pasar Bandar Lampung

Yuk dicek lokasinya dimana saja

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Operasi Pasar Murah komoditi cabai. Operasi digelar serentak di 3 pasar tradisional Kota Bandar Lampung meliputi Pasar Tugu, Pasar Kangkung, dan Pasar Pasir Gintung, Rabu (22/6/2022).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi mengatakan, kegiatan Operasi Pasar Murah ini bertujuan membantu meringankan kebutuhan masyarakat terhadap tingginya harga komoditi cabai dan bawang merah di sejumlah daerah, termasuk Provinsi Lampung.

"Untuk saat ini, kita fokuskan komoditi cabai dan bawang merah. Sementara minyak goreng sedang kami upayakan dan komunikasikan Mendag RI," ujarnya saat dimintai keterangan.

Baca Juga: Harga Cabai Bandar Lampung Makin Pedas, Cabai Caplak Tembus Rp90 Ribu

1. Operasi Pasar Murah jual cabai Rp70 ribu per kilogram

900 Kg Cabai Siap Dijual Murah di 3 Titik Operasi Pasar Bandar LampungOperasi Pasar Murah Pemprov Lampung di 3 pasar tradisional serentak Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam kegiatan ini, Kusnardi melanjutkan, pemerintah daerah menjual komoditi cabai seharga Rp70 ribu per kilogram (Kg). Itu di bawah harga pasaran rata-rata mencapai Rp80 ribu Kg.

Menurutnya, Operasi Pasar Murah tersebut merupakan bentuk kolaborasi bersama Tim Pengendalian Infalasi dan Pemerintah Kota Bandar Lampung dengan memanfaatkan hasil pertanian petani lokal dari Palas dan Ketapang di Kabupaten Lampung Selatan.

"Operasi Pasar Murah kali ini di Bandar Lampung, kegiatan serupa juga akan berlangsung di sejumlah daerah lainnya. Kami pastikan nanti akan menyusul," imbuh Kusnardi.

2. Pemkot Bandar Lampung akan segera menggelar OP

900 Kg Cabai Siap Dijual Murah di 3 Titik Operasi Pasar Bandar LampungPedagang cabai merah (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Bandar Lampung, Tole Dailami turut menghadiri kegiatan Operasi Pasar Murah tersebut mengatakan, kebijakan serupa akan sangat membantu masyarakat. Mengingat, harga kedua komoditi itu terbilang tengah melambung tertinggi.

Maka dari itu, Pemkot Bandar Lampung juga tidak menutup kemungkinan akan turut menggelar Operasi Pasar Murah untuk komoditi cabai dan bawang merah

”Tentu (menggelar OP), kami akan segera berkoordinasi bersama pemerintah provinsi terkait terkait pelaksanaannya,” kata Tole Dailami.

3. Masyarakat dibatasi membeli cabai 2 Kg per orang

900 Kg Cabai Siap Dijual Murah di 3 Titik Operasi Pasar Bandar LampungOperasi Pasar Murah Pemprov Lampung di 3 pasar tradisional serentak Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung, Elvira Umihani menambahkan, kegiatan Operasi Pasar Murah di 3 pasar tradisional tersebut akan kembali digelar Sabtu (25/6/2022).

"OP ini kami laksanakan 2 kali, harapannya bisa sedikit menstabilkan harga cabai merah yang saat ini terus mengalami peningkatan," katanya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya akan menyiapkan 300 Kg cabai di masing-masing titik operasi pasar. Meski demikian, masyarakat hanya diperbolehkan untuk membeli maksimal 2 kilogram dengan harga Rp70 ribu per Kg.

"Pembelian dibatasi, per orang 2 kilogram kami rasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sehingga kami imbau untuk membeli sebutuhnya saja," tandas dia.

Baca Juga: Konflik Ukraina-Rusia Ternyata Picu Harga Telur di Lampung Meroket

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya