2 Juta Lebih Wisatawan Liburan Nataru di Lampung, Wisata Bahari Favorit

Wisatawan luar daerah dari Sumsel hingga Jabar

Intinya Sih...

  • Lebih dari 2 juta wisatawan kunjungi Lampung selama libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024, melebihi target awal.
  • Mayoritas wisatawan berasal dari luar Provinsi Lampung, terutama dari Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, dan Bandung.
  • Lampung mencatatkan capaian luar biasa dalam sektor pariwisata selama 2023 dengan jumlah pergerakan wisatawan nusantara mencapai 10.260.000 orang.

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 2 juta lebih wisatawan berkunjung ke Provinsi Lampung selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Kunjungan mayoritas menikmati destinasi wisata bahari Bumi Ruwa Jurai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung, Bobby Irawan mengatakan, capaian angka 2 juta lebih kunjungan itu telah melebihi target awal sebanyak 1-2 juta wisatawan berlibur di Lampung selama periode Nataru.

"Meski angka pastinya nanti baru dirilis BPS, tapi dengan melihat fakta di lapangan, sudah pasti terlampaui dari target kita. Artinya, ada 2 juta wisatawan lebih ke Lampung selama Nataru," ujarnya kepada IDN Times, Rabu (3/1/2023).

Baca Juga: Lebaran 2023, Bandara Radin Inten II Catat 54.5111 Penumpang

1. Wisatawan luar daerah dari Sumatera Selatan hingga Jawa Barat

2 Juta Lebih Wisatawan Liburan Nataru di Lampung, Wisata Bahari Favorit)epala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung, Bobby Irawan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dikatakan Bobby, para wisatawan itu dari datang dari dalam hingga luar Provinsi Lampung. Kunjungan paling dominan dari luar daerah kebanyakan wisatawan dari Provinsi Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, hingga Bandung Provinsi Jawa Barat.

Para wisatawan ini kebanyakan memilih menghabiskan waktu menikmati wisata bahari Lampung sekaligus wahana rekreasinya. Itu didukung dengan wisata kuliner amat diminati para pengunjung wisata.

"Selain wisata bahari, ada wisatawan alam seperti pegunungan dan lain-lainnya, termasuk kafe-kafe yang kita miliki sekarang sudah menjamur. Untuk di kota menjadi favorit ada Lembah Hijau, Puncak Mas dan sebagainya," kata dia.

2. Lampung urutan ke-3 tertinggi pergerakan wisatawan se-Sumatera

2 Juta Lebih Wisatawan Liburan Nataru di Lampung, Wisata Bahari Favoritilustrasi traveling (pexels.com/Oleksandr P)

Terlepas dari catatan selama Nataru, Bobby menjelaskan, Lampung mencatatkan capaian luar biasa dalam sektor pariwisata selama 2023. Merujuk data BPS dan Kemenparekraf RI, jumlah pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) di Lampung periode Januari-September 2023 mencapai 10.260.000 orang.

Menurutnya, capaian ini jauh melampaui target telah ditetapkan Pemprov Lampung pada 2023 sebesar 5.490.000 orang. Alhasil, pencapaian 10 juta orang itu terealisasi dua kali lipat dari target.

"Capaian ini menempatkan Lampung sebagai urutan ke-3 tertinggi pergerakan wisatawan nusantara di Pulau Sumatera. Sumatera Utara berada di urutan pertama dengan 20,53 juta wisatawan, diikuti Sumatera Barat dengan 11,31 juta wisatawan," ucapnya.

3. Kedepankan sinergitas dan kolaborasi

2 Juta Lebih Wisatawan Liburan Nataru di Lampung, Wisata Bahari FavoritPenampakan bawah laut Pulau Tanjung Putus. (Dok. Pemkab Pesawaran).

Bobby melanjutkan, keberhasilan capaian ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari berbagai pihak telah mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Lampung.

"Ini sesuai arahan pak Gubernur Arinal Djunaidi, pengembangan sektor kepariwisataan Lampung bisa optimal dilakukan dengan mengedepankan sinergi dan berkolaborasi," tandas dia.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Kalianda Lampung Selatan, Bikin Ngiler!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya