Comscore Tracker

Pilu! 150 Warga Bandar Lampung Cuma Punya Dua Toilet, YSC Buka Donasi 

Galang dana perbaikan toilet

Bandar Lampung, IDN Times - Tercatat 2,4 miliar orang di dunia tidak memiliki akses terhadap kamar mandi yang bersih dan aman. Di Indonesia, angka ini berarti satu dari tiga orang tidak memiliki akses ke toilet atau jamban dan sistem septik.

Padahal, toilet layak merupakan hak dan kebutuhan setiap manusia. Hal serupa juga terjadi di Bandar Lampung.

Kebutuhan akses toilet layak ini tidak didapat 150 warga RT 4, Gedung Pakuon, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung. Mereka tidak bisa terakses toilet pribadi dan terpaksa harus mengandalkan akses toilet MCK bersama.

Akses itu dipengaruhi faktor area lahan pemukiman, yang merupakan area tanah sewa. Pemilik lahan hanya mengizinkan untuk membangun MCK bersama sebagai satu-satunya akses toilet.

1. Kondisi toilet rusak parah

Pilu! 150 Warga Bandar Lampung Cuma Punya Dua Toilet, YSC Buka Donasi Proses pembangunan toilet, YSC bersama warga Gudang Agen (IDN Times,Istimewa)

Ketua Komunitas YSC yang bergerak di bidang sanitasi, Khorik Istiana mengatakan, kondisi MCK bersama dibangun sejak 2002, kini memprihatinkan. Awal mula bilik toilet berjumlah enam pintu. Kini hanya bisa digunakan dua pintu dan diakses oleh banyak pengguna dari RT lainnya juga.

"Warga kalau mau ke toilet itu sering antre. Terus pintunya sudah tidak bisa tertutup (harus diganjel). Pencahayaan juga gelap. Kalau gak diperbaiki, tangki septik penuh bisa mencemari lingkungan sekitar," jelas Khorik.

Meurutnya, perlu adanya perbaikan total untuk menyediakan akses toilet layak tersebut. seperti membangun tangki septik kedap kembali dan pengolahan limbah buangannya, perbaikan bangunan seperti pintu, keran, lampu dan lainnya.

2. Butuh dana sekitar Rp130 juta

Pilu! 150 Warga Bandar Lampung Cuma Punya Dua Toilet, YSC Buka Donasi Shutterstock

Menangani permasalahan tersebut, YSC menggalang dana untuk membantu menyediakan akses toilet layak yang bersih dan sehat untuk 150 warga Gedung Pakuon.

"Bantuan anda sangat berguna untuk kesejahteraan mereka. YSC akan mengurus hal pembangunan dan pendampingan hidup yang lebih sehat di masyarakat gedung pakuon," terangnya.

Khorik menambahkan, dana dibutuhkan untuk pembangunan toilet berkisar Rp130 juta. Sebab, akan dibangun tangki septik dan pengolahan limbah buangan airnya.

3. Begini cara donasinya

Pilu! 150 Warga Bandar Lampung Cuma Punya Dua Toilet, YSC Buka Donasi Kondisi toilet warga Gedung Pakuon, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung(IDN Times/Istimewa)

Jika kamu ingin berdonasi, klik link ini https://bakrieamanah.id/campaign/80/bantu-warga-gedong-pakuon-akses-toilet-layak. Kemudian ketik nominal donasi, nama lengkap atau anonim dan masukan nomor handphone.

Kamu juga bisa menambahkan komentar dan memilih metode pembayaran melalui
(BSI/BCA/MANDIRI/GOPAY/VA). Kemudian, klik donasikan, ikuti arahan selanjutnya sampai berhasil.

Baca Juga: Kamu Peduli Sanitasi? Yuk Daftar YSC Batch 2, Banyak Keuntungannya

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya